FIA luncurkan kandang aviary berukuran separo lapangan futsal

Para penggemar burung di perkotaan kerap terkendala lahan terbatas, baik untuk sekadar memelihara maupun beternak. Biasanya mereka hanya bisa memanfaatkan bagian atas rumah dengan membangun lantai dua atau tiga, kemudian menempatkan kandang untuk memelihara atau beternak burung.

Kandang aviary produksi FIA
Kandang aviary seukuran separo lapangan futsal ini terlihat rapi dan kokoh.

Untuk menciptakan suasana menyerupai habitat aslinya, sebagian kicaumania lebih menyukai kandang aviary, terutama untuk burung-burung yang biasa hidup berkelompok (koloni) seperti lovebird, parkit, gelatik wingko, gould amadine, dan berbagai jenis burung finch.

Ukuran kandang aviary memang beragam, ada yang kecil, sedang, bahkan luas sampai seukuran separo lapangan futsal. Seperti diketahui, lapangan futsal standar nasional memiliki ukuran panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 cm. Adapun standar internasional memiliki panjang 38-42 meter dan lebar 18-25 meter.

Nah, belum lama ini Fajar Indah Alumunium (FIA) merampungkan pembuatan dua unit kandang aviary yang berukuran separo lapangan futsal di kawasan perumahan mewah Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara.

“Setiap unitnya memiliki panjang 11 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 4 meter. Kedua unit kandang aviary ini dibangun kokoh pada lantai dua / dak rumah pemesan,” ujar Om Wahid, pemilik FIA yang dikenal sebagai produsen kandang burung, kandang breeding burung, dan kandang umbaran berbahan baku alumunium dan kawat ram stainless.

Kandang aviary produksi FIA
Salah satu dari 2 unit kandang aviary yang dikerjakan FIA di kawasan PIK Jakarta Utara.

Kandang aviary raksasa itu menggunakan rangka baja ringan yang kokoh. Bagian depan, belakang, serta sisi kiri dan kanan terbuat dari kawat ram antikarat. Dengan demikian, kita bisa melihat semua aktivitas burung dari luar kandang.

Adapun atap kandangnya didesain semi-terbuka. Artinya, sebagian atap bersifat terbuka, hanya tertutup kawat strimin berlapis paranet di bagian paling atas, agar panas matahari maupun guyuran hujan tak terlalu mengganggu. Burung pun bisa memperoleh sinar matahari secara langsung secara alami, tak beda jauh dari suasana di alam liar.

Agar suasana di dalam kandang bisa menyerupai habitat aslinya, Om Wahid dan kru FIA melengkapinya dengan beragam pepohonan yang ditempatkan dalam pot besar. Cuaca panas pun bisa diredam dengan keasrian dan kesejukan pohon-pohon tersebut.

“Burung-burung di dalam kandang juga bisa bergerak leluasa, terbang dari pohon yang satu ke pohon lainnya. Ada juga kolam kecil sebagai sarana mandi bagi burung,” tambah Om Wahid.

Kandang aviary produksi FIA
Beberapa pohon dalam pot besar ditempatkan di dalam kandang aviary.

Bahkan untuk berjaga-jaga kalau ada burung betina yang mau bertelur, kandang aviary juga dilengkapi beberapa gelodok sebagai tempat sarangnya. Jika sejak awal pemesan memang ingin beternak, jumlah gelodok akan disesuaikan dengan jumlah indukan yang dipelihara.

Kandang aviary yang menyerupai habitat asli ini memang bisa menjadi solusi alternatif bagi penggemar burung yang tinggal di perkotaan. Kepenatan kerja bisa cair dengan melihat tingkah-polah burung yang ada di kandang tersebut.

Kandang aviary produksi FIA
Kandang aviary dilengkapi gelodok sebagai tempat sarang bagi burung yang mau bertelur.

Dari pengalaman itulah, FIA kini siap menerima order serupa, dengan ukuran bisa lebih besar lagi atau lebih kecil, sesuai dengan permintaan pemesan. Model atau desain kandang bisa didiskusikan bersama.

Soal harga tergantung kualitas bahan baku. Para pelanggan FIA umumnya memang para penghobi rumahan kelas menengah ke atas. Biasanya mereka tak mempermasalahkan harga, yang penting mutu, keindahan, dan daya tahan / kekuatan kandang.

Kandang umbaran khusus kenari

Selain kandang aviary, belum lama ini FIA juga meluncurkan kandang umbaran (polier) edisi spesial buat para penggemar kenari. Kandang umbaran khusus kenari ini memiliki panjang 150 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 80 cm.

“Bahan utamanya alumunium dan kawat halus antikarat, dengan desian yang rapi. Bagian bawahnya dilengkapi roda, sehingga mudah digeser jika kita ingin memindahkan kandang atau menempatkannya ke lokasi tertentu,” jelas Om Wahid.

Kandang aviary produksi FIA
Kandang umbaran khusus kenari, produk terbaru FIA.

FIA tak hanya melayani pesanan kandang burung maupun kandang ternak burung kicauan, tetapi juga burung piaraan lainnya seperti merpati, perkutut, derkuku, maupun jenis unggas lainnya.

Gambar di bawah ini adalah kandang merpati yang baru saja dikerjakan kru FIA di rumah salah seorang pelanggan. Kandang berbentuk gazebo dengan panjang 2,5 m, lebar 2,5 m, dan tinggi 3,5 m (termasuk bagian kaki) itu ditempatkan di pekarangan / taman, sehingga makin memperindah suasana outdoor. (d’one)

Kandang aviary produksi FIA
Kandang merpati model gazebo karya FIA.

Om Wahid Ryadin / Fajar Indah Alumunium

Kontak: 021-7864595 | HP / WA 0813 9820 2525 / 0817 681 3328

Showroom:

Jakarta: Jl Desa Putra No 1 (depan Sekolah Desa Putra), Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Depok:  Jalan Raya Pengasinan RT 09 / RW 01, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.