Mengapa burung tak pernah tabrakan saat terbang? Ini dia jawabannya!

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sebagian dari kita tentu pernah bertanya, meski dalam hati, mengapa burung tak pernah saling tabrakan saat terbang, meski mereka terbang dalam kerumunan atau kelompok cukup banyak? Nah, pertanyaan itu baru terjawab ketika tim peneliti dari University of Queensland, Australia, mempublikasikan hasil risetnya di PLOS One.

kelompok-burung-terbang
Burung telah berevolusi selama jutaan tahun hingga bisa menguasai keterampilan dasar terbang untuk meminimalkan riesiko tabrakan di udara

Dalam peneliannya, para ilmuwan melepaskan beberapa ekor burung parkit dari dua ujung terowongan, kemudian merekamnya dengan kamera video berkecepatan tinggi untuk mengamati strategi burung-burung tersebut. Ada 10 burung yang telah melakukan 102 penerbangan, dan tim mencatat tidak ada satupun tabrakan terjadi.

“Burung pasti sudah mengalami tekanan evolusi yang kuat sehingga dapat menguasai keterampilan dasar terbang untuk mengurangi risiko tabrakan di udara,” kata Mandyam Srinivasan, guru besar dari Queensland Brain Institute (QBI) yang menjadi penulis utama hasil penelitian tersebut.

Salah satu rahasianya yang sekaligus menjadi keterampilan dasar saat terbang itu adalah burung selalu berbelok ke arah kanan. Wow! Begitu ya? Tak hanya itu, hasil penelitian juga menemukan fakta bahwa terkadang burung akan mengubah ketinggiannya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

“Burung-burung jarang terbang pada ketinggian yang sama. Ini menimbulkan pertanyaan, apakah masing-masing individu memiliki preferensi khusus untuk terbang lebih tinggi atau lebih rendah,” tambah Srinivasan.

Burung parkit yang tidak bertabrakan ketika terbang
Burung parkit tak bertabrakan ketika terbang.

Para peneliti menduga posisi individu dalam hirearki kelompok itu dapat menentukan ketinggian terbang burung. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.