Kacer Senpi dan murai batu Pandawa nyaris hattrick di Lapangan BPK Jambi

Kacer Senpi, gaco lawas milik Om Andre Sutanto, masih mampu menunjukkan kehebatannya. Senpi nyaris hattrick dalam latihan spesial di Lapangan BPK (Bintang  Putra Kasamba), Jl Pangeran Hidayat Km 7, Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Minggu (9/10).

Latihan Spesial BPK Jambi
Suasana Latihan Spesial Bintang Putra Kasamba di Lapangan BPK Jambi, Minggu (9/10).

Even yang digawangi Om Mamat, atau akrab disapa Pak Tua Jambi, ini berlangsung ramai dan lancar. Jumlah peserta sekitar 900 ekor burung. Padahal panitia hanya membuka tiga kelas (Bintang, Putra, dan Kasamba) yang melombakan 18 sesi. Itu berarti setiap sesi rata-rata diikuti 50 ekor burung.

Para kicaumana berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jambi, antara lain Sungai Lilin, Sarolangun, Muara Sabak, Kuala Tungkal, Muara Bulian, Merlung, Bangko, dan Kota Jambi.

“Even ini diselenggarakan dalam rangka HUT Ke-5 Bintang Putra Kasamba. Sistem penilaian kami percayakan kepada Team Juri Ronggolawe,” ujar Pak Tua Jambi.

Latihan spesial dimulai sekitar pukul 11.30, diawali dengan sambutan Om Juta selaku ketua Ronggolawe Jambi. Dia meminta semua kicaumania di Jambi tetap kompak dan terus berprestasi dalam lomba regional maupun nasional.

Kekompakan antarkicaumania memang terlihat di sini. Ini terbukti dari kehadiran Om Aan Lie (ketua BnR Cabang Jambi) dan Om Sabtiar (ketua Jambi Team).

Selanjutnya, Om Godek selaku kordinator lapangan (korlap) menjelaskan aturan lomba, seperti tidak boleh berteriak menyebut nomor gantangan, agar penilaiaan bisa maksimal.

Namun sejumlah peserta tetap berteriak menyoraki burung masing-masing. Meski demikian, situasi tetap kondusif, sehingga tim juri dapat menjalankan tugasnya dengan lancar.

Ada seorang peserta di kelas lovebird yang komplain dan masuk ke ruang juri. Tetapi dia melakukan protes secara santun. Setelah mendapat penjelasan dari juri, dia pun bisa menerima hasil lomba.

Kacer Senpi mendominasi tiga kelas lovebird. Jagoan milik Om Andre Sutanto yang sudah berprestasi sejak 2012 itu tetap stabil di jalur juara.

Kacer Senpi
Kacer Senpi tampil sebagai juara 1, 1, dan 2.

Di kelas utama Bintang, kacer Senpi tampil sebagai jawara dengan mengungguli Salju kepunyaan Om Bambang (Tangkit BC) dan Temon andalan Om Boni (ILF).

Ketiga kacer ini kembali bertemu di Kelas Putra. Senpi yang dikawal Om Tole meraih gelar keduanya, sedangkan Salju untuk kali kedua harus puas menjadi runner-up. Temon berada di posisi keempat di bawah kacer Panglima milik Om Adi (Tungkal Team).

Juara kacer Lapangan BPK
Juara 1, 2, dan 3 kacer di Kelas Bintang. Senpi dikawal Om Tole (kanan).

Kacer Senpi nyaris mencetak hattrick, namun digagalkan Jambul milik Uda Sula (KKMJ) yang berhasil menjuarai Kelas Kasamba. Senpi dan Temon masing-masing bertengger di urutan kedua dan ketiga.

Murai batu Pandawa milik Om Aan Lie (Ozone BC) juga nyaris hattrick. Penampilannya memang joss, dengan tipe ngerol-nembak dan punya mental bertempur yang hebat.

Murai batu Pandawa
Murai batu Pandawa nyaris hattrick.

Materi isiannya antara lain suara burung perenjak kepala yang dibawakannya berulang-ulang, lantas disambung dengan tembakan cililin, kapas tembak, dan lovebird.

Gaya bertarung murai batu Pandawa juga aduhai. Tak heran jika para juri kemudian menobatkannya sebagai juara 1 di Kelas Putra, mengungguli ATM koleksi Om Sabar Jarwo SF serta Ucok andalan Om Joni Huang (Hose SF).

Kemenangan ini sekaligus merupakan revans terhadap Ucok yang sukses memenangi Kelas Bintang. Pandawa di posisi kedua, disusul MB I Love You koleksi Ozone BC.

juara murai batu Lapangan BPK
Juara 1, 2, dan 3 murai batu Kelas Bintang.

Tidak puas dengan raihan trofi juara 1 dan 2, murai batu Pandawa kembali melejit di Kelas Kasamba. Sesi ini kembali dimenanginya, mengalahkan murai batu Den Jaka milik Om Nawi (Buana SF) dan MB Jaguar milik Om Esco (KLI).

Om Aan juga moncer bersama kapas tembak Petir yang memenangi Kelas Kasamba. Juara kedua dan ketiga diraih Doser milik Om Yus (KKMJ) dan Keket orbitan Om Sur (Netral SF). Kelas Putra dimenangi kapas tembak Pemulung koleksi Jangkar SF.

Om Aan Lie
Om Aan Lie juara di kelas murai batu dan kapas tembak.
Juara kapas tembak Lapangan BPK
Juara 1, 2, dan 3 kapas tembak Kelas Putra.

Lovebird Silvia andalan Om Rusdy terbaik di Kelas Putra. Burung ini mengungguli Electra orbitan Om Dani (ILF) dan Sakura milik Om Gondrong (O2 BC).

juara lovebird Lapangan BPK
Juara 1, 2, dan 3 lovebird Kelas Bintang.

Persaingan seru terjadi pada dua kelas kenari, terutama antara Goyang Dumang andalan Om Hendi (Hose BF) dan Siliwangi besutan Om Aryo Pakar (Buana SF). Keduanya saling mengalahkan dan sama-sama meraih juara 1 dan 2.

juara kenari Lapangan BPK
Juara 1, 2, dan 3 kenari Kelas Putra.

Dalam even ini, Ozone BC mengumpulkan poin terbanyak (600) dan tampil sebagai juara umum bird club. Juara umum single fighter diraih Buana SF (225 poin), sedangkan koboi yang merajai kelas pleci dinobatkan sebagai juara komunitas.

Ozone BC
Ozone BC juara umum bird club.

Pada hari yang sama, Ozone BC juga menjadi juara umum dalam Launching Radjawali Indonesia DPC Jambi di Lapangan Jeramba Bolong. Trofi diterima langsung oleh Ketua Ozone BC Om Agus Arizon.

Buana SF juara umum SF
Om Ipung (kiri) menyerahkan trofi juara kepada Buana SF, diwakili Om Teguh.
Om Emon (Koboi)
Om Emon (Koboi) menerima trofi juara komunitas.

Mewakili seluruh kru panitia dan tim juri, Om Mamat mengucapkan terimakasih atas kehadiran para kicaumania. “Semoga ke depannya kami makin baik lagi,” tandasnya. (Kelana Lana)

Om Mamat alias Pak Tua Jambi
Om Mamat, pimpinan Bintang Putra Kasamba.
Panitia Bintang Putra Kasamba
Panitia Bintang Putra Kasamba bersama Team Juri Ronggolawe.

Hasil Latihan Spesial Bintang Putra Kasamba (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.