Beberapa mainan untuk mengurangi stres pada burung kenari saat mabung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung yang sedang mabung (moulting) sangat rentan mengalami stres yang dapat menghambat proses pergantian bulu tersebut. Hal ini pun dialami kenari. Saat mabung, kenari memerlukan pakan berprotein tinggi, terutama untuk meluruhkan bulu-bulu lama serta membantu pertumbuhan bulu baru. Untuk mengurangi stres pada burung kenari, Anda bisa memanfaatkan beberapa mainan. Apa sajakah itu?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kenari yang sedang mabung
Burung kenari ketika sedang memasuki masa mabung.

Seperti burung paruh bengkok, kenari pun sering menghabiskan banyak waktunya untuk bermain dengan benda-benda atau pakan yang ada dalam sangkarnya. Selain merangsang burung menjadi lebih aktif, perilaku tersebut juga dapat membantu mengurangi stres pada kenari. Berikut ini beberapa mainan yang bisa Anda berikan kepada kenari saat mabung.

1. Tulang sotong

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Selain bermanfaat sebagai sumber mineral (terutama kalsium dan fosfor), tulang sotong ternyata juga bisa menjadi mainan yang menghibur kenari saat mabung. Biasanya kenari akan menggigit bagian tepi tulang sotong yang keras, sambil menggoyang-goyangkannya. Anca cukup menggantung tulang sotong pada bagian tengah / pinggir sangkar.

2. Potongan kertas koran

Letakkan potongan kertas koran di dasar sangkar. Potongan kertas koran akan digunakan kenari sebagai mainan. Namun cara ini akan membuat sangkar menjadi lebih cepat kotor, sehingga Anda harus rajin membersihkannya.

3. Bahan sarang

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bahan-bahan sarang seperti sabut kelapa, serat nilon, atau rumput kering tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan burung ketika hendak bertelur.

Kenari yang sedang mabung pun senang bermain-main dengan bahan sarang ini, dan dapat membantu mengurangi stres serta membuatnya tetap aktif. Caranya, tebarkan saja sedikit bahan-bahan sarang tersebut di dasar sangkar. Lihat saja, nanti bahan sarang akan dimain-mainkankan si kenari.

4. Tali / sumbu kompor

Tali / sumbu kompor pun bisa dimanfaatkan untuk mengurangi stres pada kenari saat mabung. Caranya, silakan potong tali dengan panjang sekitar 10 – 20 cm. Selanjutnya, tali digantungkan pada jeruji sangkar.

Biasanya setelah melihat tali, kenari akan langsung bermain-main dengan menarik helai demi helai tali tersebut. Hal yang sepele tersebut mampu membantu burung tetap aktif dan tidak mudah stres, kendati sedang menjalani masa mabungnya.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak video berikut ini:

Menyediakan tali sumbu di dalam sangkar cukup efektif mengurangi stres pada kenari ketika mabung, serta tidak terlalu mengotori sangkarnya. Kenari pun pada umumnya sangat menyukainya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.