Beberapa penyebab serak pada kenari dan cara mengatasinya

Suara serak pada kenari tentu kurang enak didengar. Tak hanya itu, penampilannya pun akan terganggu. Masalah ini sering membuat risau para kenarimania, baik yang memeliharanya sebagai burung kelangenan maupun sebagai burung lomba. Berikut ini beberapa penyebab serak pada kenari dan cara mengatasinya.

Cara mengatasi kenari yang bersuara serak
Cara mengatasi serak pada burung kenari.

Dalam beberapa kasus, suara serak pada kenari dapat sembuh dengan sendirinya meski membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jika masalah ini disebabkan oleh infeksi atau gangguan kesehatan, maka harus segera ditangani sebelum burung menjadi bisu permanen.

Secara umum, penyebab utama serak pada burung kenari adalah:

  1. Perubahan suhu dan kelembaban udara. Misalnya, kenari terlalu lama dijemur. Hal ini dapat mengakibatkan pengeringan pada jalur suaranya (airways), sehingga burung tidak dapat berkicau dengan maksimal.
  2. Infeksi pada saluran pernafasan burung, terutama trakhea dan bronkus. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi tungau kantung udara (air sac mites); burung selalu terpapar asap terutama rokok, pembakaran sampah, masakan, dan asap kendaraan; serta sangkar dan lingkungan sekitarnya yang kotor / tak terawat.

Untuk menangani burung yang bersuara serak, tentu harus disesuaikan dengan sumber penyebabnya sehingga bisa dilakukan penanganan dan pengobatan secara tepat.

Berikut ini beberapa tips untuk mendeteksi penyebab suara serak pada kenari dan cara mengatasinya.

  • Amati perilaku kenari ketika bernafas. Misalnya paruh selalu terbuka ketika bernafas, ekor naik turun, atau muncul suara tertentu ketika burung bernafas. Kondisi ini berarti burung mengalami gangguan infeksi pada saluran pernafasannya, sehingga harus diberi antibiotik dan obat khusus pernafasan seperti BirdTwitter atau BirdFresh.
  • Salah satu cara mendeteksi adanya infeksi air sac mites adalah menyimpan burung dalam ruangan yang gelap (misalnya di malam hari) dengan mematikan lampu ruangan. Jika mendengar suara “klik” yang keluar dari kenari, kemungkinan besar burung terinfeksi tungau kantung udara.

Mengobati kenari yang terinfeksi tungau kantung udara dapat dilakukan dengan menggunakan BirdFresh yang dioleskan pada bagian tengkuk dan leher secara teratur. Untuk mengetahui seperti apa tungau kantung udara dan akibatnya jika tidak ditangani, silakan buka lagi tulisan berikut ini:

Tungau KU bikin burung susah bernafas dan mogok bunyi

Adapun pola perawatan harian yang dapat diterapkan untuk memulihkan burung kenari yang bersuara serak yaitu:

  • Berikan air larutan sebagai pengganti air minumnya untuk sementara waktu.
  • Mandikan burung secara rutin, tetapi durasi penjemuran dikurangi atau bahkan dihentikan untuk sementara waktu, sampai kondisinya kembali pulih.
  • Jauhkan burung terinfeksi dari burung peliharaan lain.
  • Menggantang sangkarnya di tempat aman yang tidak terpapar asap atau embusan angin kencang.
  • Selalu mengerodong sangkarnya pada malam hari.
  • Rutin membersihkan sangkar dan lingkungan dii sekitar sangkar.
  • Melengkapi kebutuhan hariannya dengan menyediakan multivitamin dan multimineral tambahan.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.