Beberapa penyebab serak pada kenari dan cara mengatasinya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Suara serak pada kenari tentu kurang enak didengar. Tak hanya itu, penampilannya pun akan terganggu. Masalah ini sering membuat risau para kenarimania, baik yang memeliharanya sebagai burung kelangenan maupun sebagai burung lomba. Berikut ini beberapa penyebab serak pada kenari dan cara mengatasinya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cara mengatasi kenari yang bersuara serak
Cara mengatasi serak pada burung kenari.

Dalam beberapa kasus, suara serak pada kenari dapat sembuh dengan sendirinya meski membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jika masalah ini disebabkan oleh infeksi atau gangguan kesehatan, maka harus segera ditangani sebelum burung menjadi bisu permanen.

Secara umum, penyebab utama serak pada burung kenari adalah:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  1. Perubahan suhu dan kelembaban udara. Misalnya, kenari terlalu lama dijemur. Hal ini dapat mengakibatkan pengeringan pada jalur suaranya (airways), sehingga burung tidak dapat berkicau dengan maksimal.
  2. Infeksi pada saluran pernafasan burung, terutama trakhea dan bronkus. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi tungau kantung udara (air sac mites); burung selalu terpapar asap terutama rokok, pembakaran sampah, masakan, dan asap kendaraan; serta sangkar dan lingkungan sekitarnya yang kotor / tak terawat.

Untuk menangani burung yang bersuara serak, tentu harus disesuaikan dengan sumber penyebabnya sehingga bisa dilakukan penanganan dan pengobatan secara tepat.

Berikut ini beberapa tips untuk mendeteksi penyebab suara serak pada kenari dan cara mengatasinya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Amati perilaku kenari ketika bernafas. Misalnya paruh selalu terbuka ketika bernafas, ekor naik turun, atau muncul suara tertentu ketika burung bernafas. Kondisi ini berarti burung mengalami gangguan infeksi pada saluran pernafasannya, sehingga harus diberi antibiotik dan obat khusus pernafasan seperti BirdTwitter atau BirdFresh.
  • Salah satu cara mendeteksi adanya infeksi air sac mites adalah menyimpan burung dalam ruangan yang gelap (misalnya di malam hari) dengan mematikan lampu ruangan. Jika mendengar suara “klik” yang keluar dari kenari, kemungkinan besar burung terinfeksi tungau kantung udara.

Mengobati kenari yang terinfeksi tungau kantung udara dapat dilakukan dengan menggunakan BirdFresh yang dioleskan pada bagian tengkuk dan leher secara teratur. Untuk mengetahui seperti apa tungau kantung udara dan akibatnya jika tidak ditangani, silakan buka lagi tulisan berikut ini:

Tungau KU bikin burung susah bernafas dan mogok bunyi

Adapun pola perawatan harian yang dapat diterapkan untuk memulihkan burung kenari yang bersuara serak yaitu:

  • Berikan air larutan sebagai pengganti air minumnya untuk sementara waktu.
  • Mandikan burung secara rutin, tetapi durasi penjemuran dikurangi atau bahkan dihentikan untuk sementara waktu, sampai kondisinya kembali pulih.
  • Jauhkan burung terinfeksi dari burung peliharaan lain.
  • Menggantang sangkarnya di tempat aman yang tidak terpapar asap atau embusan angin kencang.
  • Selalu mengerodong sangkarnya pada malam hari.
  • Rutin membersihkan sangkar dan lingkungan dii sekitar sangkar.
  • Melengkapi kebutuhan hariannya dengan menyediakan multivitamin dan multimineral tambahan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.