Keunikan burung cikalang: Bisa tidur sambil terbang!

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cikalang merupakan burung laut yang umum ditemukan di sepanjang wilayah samudera tropis maupun subtropis. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan berusaha mencari tahu, mengapa burung cikalang mampu terbang hingga berhari-hari di atas samudera tanpa berhenti. Sebuah penelitian terbaru berhasil mengungkap sisi lain yang cukup unik, di mana burung cikalang bisa tidur sambil terbang.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung cikalang yang dapat tidur sambil terbang
Burung cikalang dapat tidur sambil terbang.

Burung cikalang memiliki kemampuan terbang yang mumpuni. Spesies ini sanggup terbang selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan, di atas lautan untuk berburu ikan tanpa mendarat di permukaan tanah. Kemampuan yang mengagumkan itu menjadi pertanyaan para ilmuwan dan ahli burung untuk melakukan penelitian terhadapnya.

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, tim peneliti dari Max Planck Institute for Ornithology di Jerman memasang perangkat pengukur gelombang otak (EEG) pada burung cikalang yang mereka tangkap.

Para ilmuwan kemudian melepas burung tersebut, dan segera melakukan perekaman data selama 10 hari. Dalam kurun waktu tersebut, burung cikalang melakukan penerbangan tanpa henti sejauh 3.000 km lebih!

Hasil temuan ini cukup mengejutkan. Selama siang hari, burung cikalang tampak aktif mencari pakan. Namun saat matahari terbenam, setengah belahan otak burung ini beralih ke dalam kondisi tidur, meski mereka tetap terbang di atas air.

Ketika setengah bagian otaknya tertidur, burung itu tidur dengan satu mata yang masih terbuka. Saat berada pada kondisi setengah tidur itu, cikalang akan terbang berputar mengikuti arus udara dan hanya membuka satu matanya yang menghadap ke arah tersebut. Mereka akan tetap buka mata untuk berjaga-jaga demi menghindari tabrakan dengan burung lainnya.

Pada suatu kesempatan langka, burung cikalang akan memasuki tahap tidur REM saat masih berada di udara. Hal itu tentu terdengar aneh, mengingat sebagian besar mamalia ketika dalam tahap tidur REM akan merelaksasi total semua ototnya.

Tetapi yang terjadi pada cikalang adalah tahap REM yang hanya berlangsung selama beberapa detik saja selama terbang. Adapun tanda-tanda relaksasi otot biasanya dapat terlihat dari kepalanya yang sedikit terkulai.

Pada waktu berada di atas permukaan tanah, dalam kondisi serupa, burung cikalang sanggup tidur sambil berdiri dengan satu kaki. Hal lain yang cukup mengejutkan adalah bahwa waktu tidur rata-rata burung ini hanya 42 menit saja.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung cikalang jantan yang memiliki kulit tenggorokan (gular) berwarna merah yang akan dikembungkan untuk menarik perhatian betina.
Burung cikalang jantan memiliki kulit tenggorokan (gular) berwarna merah yang akan dikembungkan untuk menarik perhatian burung betina.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Meski begitu, cikalang bukanlah satu-satunya spesies yang bisa tidur dengan setengah bagian otaknya tetap aktif. Penghuni laut seperti lumba-lumba pun melakukan hal serupa untuk mengontrol fungsi pernafasan dan agar dapat memantau sekelilingnya. Mata kirinya akan tertutup ketika otak bagian kanan tidur, begitu pula sebaliknya.

Dapat terbang hingga berbulan-bulan 

Kemampuan unik lainnya dari burung cikalang adalah mampu terbang hingga berbulan-bulan di atas samudera tanpa berhenti. Mereka biasanya memanfaatkan angin yang berembus kencang di atas lautan untuk menghemat energi.

Agar tetap berada di atas ketinggian dalam waktu sangat lama, cikalang menggunakan beberapa teknik yang sama seperti yang dilakukan para pilot glider. Mereka mengambil keuntungan dari udara yang bergerak naik ke atas di bawah awan cumulus tropis.

Untuk mendapatkan makanan, burung cikalang akan memangsa ikan-ikan yang muncul dan berlompatan di atas permukaan laut, lantaran dikejar oleh predator lautan seperti ikan tuna dan lumba-lumba.

Dari penelitian sebelumnya ditemukan bahwa burung cikalang dapat menempuh jarak hingga 260 mil dalam sehari, dan akan berada di angkasa selama 48 hari tanpa berhenti. Wow… super sekali !!!

Semoga menambah pengetahuan kita bersama.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.