Lovebird Ababil dan Kraken merajai Latber Jaratan BC Tegal: Juara Kelas Paud didiskualifikasi!

Tak sia-sia Om Arief Evo (Azira SF) ngeluruk dari Brebes ke Gantangan Jaratan BC di Jalan Mantra RT 05 / RW 04, Desa Kemantran, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Gaco orbitannya, lovebird Ababil, sukses meraih double winner dalam latber burung berkicau di gantangan tersebut, Sabtu (15/10).

Latber Jaratan BC Tegal
Suasana kelas lovebird dalam Latber Jaratan BC di Tegal, Sabtu (15/10).

Karena sukses menjuarai dua kelas, Om Arief Evo pun mendapat bonus dari panitia penyelenggara, berupa uang pembinaan sebesar Rp 150.000.

Lovebird Ababil mengawali kemenangannya dengan meraih koncer mutlak di Kelas Mega Bintang. Juara 2 dan 3 diraih lovebird Fortuner besutan Om Apriliyanto (Suradadi) dan Tiwy milik Om Yhonie (DMT Tegal).

Gelar kedua diraih Ababil di Kelas Bintang, mengungguli lovebird Charox besutan Mr King (DKT Team) serta Mega Putri milik Om Teddy (Kepandean Dukuhturi).

Lovebird Ababil
Lovebird Ababil dua kali juara 1.

Pada kedua kelas tersebut, LB Ababil tampil sangat gacor, dengan durasi ngekek 30-35 detik sebanyak 8 kali di setiap sesinya. Saat ngekek, Ababil selalu menggigit jeruji sangkar. “Gaya khas Ababil memang seperti itu. Jika ngekek tidak menggigit jeruji sangkar, bunyinya akan pendek,” kata Om Arief Evo.

Satu kelas lagi, Favorit, dimenangi lovebird Chelsea koleksi Om Supri (Maribaya) yang mengungguli Nok Ipeh kepunyaan Om Ary (Jakwir Team).

Selain membuka tiga kelas lovebird dewasa, panitia juga membuka dua kelas lovebird baby / balibu (bawah lima bulan). Panitia Jaratan BC menyebutnya Kelas Lovebird Paud, mengacu pada pendidikan anak usia dini.

“Kelas Paud baru kita buka hari ini, bahkan dua sesi, mengingat animo lovebird mania sangat tinggi,” ungkap Om Arif, ketua Jaratan BC.

Lovebird Kraken orbitan Om Zikin (Jakwir Team) tampil sebagai juara Kelas Paud Mega Bintang, unggul atas Kimos milik Om D-yan (Sunda SF). Gaco belia ini juga moncer di Kelas Bintang, meski bertengger di peringkat ketiga. Juara 1 dan 2 diraih lovebird Pluru koleksi Om Mantri Setiawan (Babakan) dan Merlyn milik Om Dede Lesmana (Kemantran).

Om Zikin dan lovebird Kraken
Om Zikin: Lovebird Kraken juara 1 dan 3 di Kelas Paud.

Namun kemenangan Pluru “digugat” para peserta Kelas Paud lainnya. Sebab, umur lovebird ini diduga lebih dari 5 bulan. Panitia kemudian meminta Om Mantri Setiawan, pemilik LB Pluru, untuk menghadirkan burung tersebut di hadapan tim Juri dan para peserta lainnya.

Tim Juri yang diwakili Om Bambang Koco berkesimpulan, lovebird Pluru berumur lebih dari 5 bulan, terlihat dari bentuk paruh dan ketebalan alis yang melingkari kelopak mata. Om Ardian (ketua pelaksana) kemudian memutuskan mendiskualifikasi kemenangan LB Pluru. Namun Om Mantri menolak keputusan ini.

“Ya, kami diskualifikasi kemenangan Pluru, karena umurnya melampaui ketentuan. Tapi daripada ribut-ribut dengan pemilik, akhirnya kami mengalah. Peserta lain pun memakluminya,” ungkap Om Ardian.

Burung lain yang tampil menawan adalah cucak ijo Golem milik Om Kasnawi (KNTB Tegal). Burung ini terbaik di Kelas Bintang, dan juara 2 Kelas Mega Bintang. Peringkat pertama dan ketiga pada kelas ini ditempati Raja Gedang milik Om Ari (Karang Mulya) dan CAA 35 milik Om Sasmito (Tegal).

Cucak ijo Golem
Cucak ijo Golem juara 1 dan 2.

Om Kasnawi sejatinya pemain konin. Tapi karena tidak ada kelas konin, dia datang ke Jaratan BC membawa cucak ijo Golem. “Kami sengaja datang untuk bersilaturahmi dengan teman-teman di Jaratan BC, sekaligus survei lokasi kalau-kalau teman-teman koninmania ingin meramaikan gantangan ini,” kata Om Kasnawi.

Om Kasnawi, pemilik cucak ijo Golem
Om Kasnawi, pemilik cucak ijo Golem.

Kacer Komeng dan Insulin harus berbagi gelar juara. Komeng, gaco milik Om Rehendi (Larangan), menjuarai Kelas Mega Bintang. Adapun kacer Insulin besutan Om Agus (Kemantran) terbaik di Kelas Bintang.

Kacer Komeng
Kacer Komeng terbaik di Kelas Mega Bintang.

Sayangnya, kelas murai batu dan pleci hari itu tidak bisa dimainkan, karena jumlah peserta kurang dari tiga ekor burung. Adapun kenari dimainkan sekali, dan dimenangi Hanken andalan Om Tahrul Umar (Maribaya), disusul kenari Bung Rasta milik Om Arief Evo dan Bilqis kepunyaan Om Fani (Larangan). (Julis Nur Hussein)

juara 1 kenari
Juara pertama di kelas kenari.
Kenari Bung Rasta
Kenari Bung Rasta juara 2.

Hasil Latber Jaratan BC Kramat (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.