Tips sederhana “menyulap” sangkar kusam menjadi kinclong

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sangkar yang sudah lama digunakan pasti akan terlihat lebih kusam. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain terkena kotoran (feses) yang menempel, jamur, atau pemudaran warna oleh panas matahari. Meski sangkar kusam tidak mempengaruhi kinerja burung yang menghuninya, namun tidak sedap dipandang mata. Untuk mengatasinya, berikut ini tips sederhana “menyulap” sangkar kusam menjadi kinclong kembali.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tips sederhana mengilapkan sangkar yang sudah kusam
Tips sederhana “menyulap” sangkar kusam menjadi kinclong kembali.

Sebagian besar kicaumania lebih suka membeli sangkar siap pakai yang sudah dilapisi dengan cat / politur. Selama beberapa bulan pertama, sangkar terlihat berkilau dengan pelituran yang masih mengkilap. Tetapi lama-lama, cat atau pelituran sangkar akan terlihat kusam, bahkan terkadang disertai bercak putih bekas cipratan air hujan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, para kicaumania harus melakukan pengecatan ulang atau sekadar membeli zat pengkilap kayu. Tapi tahukah Anda, ada beberapa cara praktis dan hemat biaya untuk mengatasi sangkar kusam? Nah, jika tertarik, silakan simak cara-cara berikut ini:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

1. Memanfaatkan air teh

Air teh bisa dimanfaatkan untuk mengkilapkan kembali cat atau pelituran sangkar yang telah kusam. Caranya pun mudah. Celupkan kain / lap bersih ke dalam air teh kental, kemudian dioleskan di permukaan sangkar yang kusam tersebut.

2. Campuran minyak sayur dan jeruk nipis

Siapkan 1/2 gelas air bersih, lalu campurkan 2 sendok minyak sayur dan perasan jeruk nipis ke dalam gelas. Setelah itu, gosokkan ke seluruh permukaan sangkar dengan menggunakan kain bersih yang sudah dicelup ke dalam larutan tersebut. Ulangi hingga 2-3 kali sampai sangkar kembali mengkilap.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

3. Campuran minyak sayur dan kayu putih

Minyak sayur dan minyak kayu putih pun bisa digunakan untuk mengkilapkan sangkar yang telah kusam. Caranya, campurkan minyak sayur dan kayu putih ke dalam mangkuk (perbandingan 4 : 2). Setelah itu oleskan pada bagian-bagian sangkar yang akan dibuat mengkilap.

Ketiga cara di atas bisa Anda coba untuk mengkilapkan kembali sangkar yang sudah kusam. Tapi untuk mengatasi masalah jamur atau bercak putih akibat cipratan air hujan / air asam, ada cara terendiri, yaitu:

Cara pertama:

Bakarlah biji kemiri sampai keluar minyaknya, lalu bungkus dengan menggunakan kain yang dapat menyerap air seperti kain kassa / kaos. Setelah itu, gosokkan pada permukaan sangkar secara merata.

Cara seperti ini sudah lama diterapkan nenek-moyang kita untuk mengkilapkan dan membersihkan mebel ukir kayu jati.

Cara kedua:

Biji kemiri ditumbuk / dihancurkan, kemudian dibungkus dengan menggunakan kain kassa / kaos. Setelah itu, gosokkan pada permukaan sangkar secara merata.

Demikian tips mengkilapkan kembali sangkar yang sudah kusam. Dengan begitu sangkar akan jadi terlihat seperti baru dan Anda pun makin pede untuk menggantang burung di teras rumah.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.