Murai batu Jaka Tingkir (8 bulan) juara kelas utama Menuju Piala Brother SF di Mall Metropolis

Kendati baru berumur 8 bulan, murai batu Jaka Tingkir milik dr Robby mampu mengukir prestasi terbaik dalam even Menuju Piala Brother SF di Mall Metropolis Cikokol, Tangerang Kota, Sabtu (22/10). Burung ini sukses menjuarai kelas utama Metropolis.

Metropolis The Winner
Gantangan Metropolis The Winner di depan pintu masuk Mall Metropolis Tangerang Kota.

Lomba ini dikemas Metropolis The Winner binaan Om Tri Winner, bekerjasama dengan Ronggolawe Nusantara. Panitia membuka lima kelas dengan memainkan 22 sesi lomba. Murai batu dan lovebird masing-masing digelar empat dan lima sesi, dan sebagian di antaranya full peserta.

Kelas utama Metropolis (tiket Rp 120.000) hanya melombakan murai batu dan lovebird. Murai batu Jaka Tingkir tampil mengejutkan dengan meraih juara pertama, mengungguli Tragedi orbitan Om Wendy dari Binong Team dan Bianglala milik H Bambang (Depok).

Murai batu Jaka Tingkir
Murai batu Jaka Tingkir terbaik di kelas utama.

Disebut mengejutkan, karena MB Jaka Tingkir baru berumur delapan bulan, atau baru saja berganti dari bulu trotolan ke bulu dewasa. “Bahkan ini merupakan debut pertamanya sejak di tangan saja,” tutur dr Robby, pemilik Jaka Tingkir.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Meski masih belia, murai batu Jaka Tingkir memiliki lagu mewah, durasi kerja maksimal, dan volumenya pun tembus. Namun kalau melihat silsilahnya, wajar kalau Jaka Tingkir bisa memiliki kualitas sebagus itu. Burung ini merupakan hasil breeding Om Herry Anyer (HAD Bird Farm).

( lihat juga Penangkaran murai batu HAD BF Anyer )

Jaka Tingkir adalah anakan murai batu Terpesona milik dr Robby yang dititipkan kepada Om Herry Anyer untuk diternak. “Terpesona pernah berprestasi dalam even nasional Presiden Cup III (2014). Jaka Tingkir juga saya titipkan di Om Herry Anyer,” tambah dr Robby.

Dokter Robby dan murai batu Jaka Tingkir
Dokter Robby (kanan), pemilik murai batu Jaka Tingkir.

Kelas The Winner dimenangi murai batu Cokro Menggolo kepunyaan Om Mahfud (Kav Pemda I). Tregedi untuk kali kedua menjadi runner-up, disusul MB Selawe milik Om Harjo (Punawakan BC). Kelas Ebod Joss dijuarai MB Bintang besutan Om Wi Chen (Modernland).

Selain tiga kelas tersebut, panitia yang digawangi Om Yudi Yanuarso (ketua) dan Om Rusdi Bewok (ketua pelaksana) juga membuka satu kelas murai batu ekor hitam. Kelas ini dimenangi Leged, langganan juara milik Om Bud Santoso (Bolang SF), disusukl Black Ghost besutan Om Gouw / Robi (ABF Team / Aroma Team).

Persaingan seru terjadi pada lima kelas lovebird, dengan rincian tiga kelas dewasa dan dua kelas balibu (umur di bawah lima bulan). Beberapa jawara nasional turun di kelas dewasa, antara lain lovebird Fretty milik Om Barnas Saputra (Depok), Zuviter andalan Om Tata (Ciseeng SF), dan Kampret besutan Giva Gevi (Kembar SF).

Lovebird Fretty dan Zuviter
Lovebird Fretty (kiri) double winner, LB Zuviter juara kelas utama.

Lovebird Zuviter sukses menjuarai kelas utama Metropolis, mengalahkan Kampret dan Fretty yang harus puas di urutan kedua dan ketiga. Namun pada dua kelas lainnya, Fretty mampu membalas kekalahannya dari Zuviter.

Fretty tampil sebagai jawara Kelas The Winner. Posisi berikutnya ditempati Kampret dan Zuviter. Gelar kedua diraihnya di Kelas Ebod Joss, dan memaksa Zuviter di posisi kedua.

Om Barnas Saputra
Om Barnas Saputra (2 dari kiri) bersama kedua putranya dan perawat lovebird Fretty.

Penampilan Fretty mengundang kagum tim juri dan penonton. Dengan ngekek khasnya dan durasi kerja yang luar biasa, Fretty nyaris tak pernah gagal meraih juara pertama dalam setiap even yang diikutinya. Pekan lalu, Minggu (16/10), Fretty sukses mencetak quattrick dalam even Kapolres Cup Sukabumi Kota.

Om Tata dan lovebird Zuviter
Om Tata: Lovebird Zuviter juara 1, 2, dan 3.

Dua kelas lovebird balibu dimenangi burung berbeda, yakni Ratu Sejagad orbitan Om Febri (SKB SF) dan Amira kepunyaan Om Herry (ONC Jakbar). Posisi runner-up pada kedua sesi itu masing-masing ditempati LB Borjo koleksi J&H 29 (Modernland) dan Elvy besutan Om Abie / Ajang (CSF 29).

Selain Fretty, dalam even ini ada dua burung yang meraih double winner, yaitu cucak hijau Nirwana milik Om Cecep (Rangga SF) dan pleci Granat orbitan Om Ary (Jendral Muda Team).

Secara keseluruhan, even kemasan Metropolis The Winner ini berlangsung meriah (diikuti 700 peserta) dan lancar. Event organizer ini mengadakan latber setiap Rabu malam dan Sabtu siang di lapangan yang sama, dan satu bulan sekali diselingi latpres dengan kemasan hadiah lebih besar.

Om Tri Winner dan Om Yudi Yanuarso
Om Tri Winner (kiri) bersama Om Yudi Yanuarso, ketua panitia lomba.

Hampir setiap gelarannya, termasuk latber rutin, selalu dipenuhi kicaumania. Pasalnya, panitia acapkali melakukan berbagai inovasi, termasuk masalah trofi kejuaraan. Trofi latberan, misalnya, selalu memiliki desain yang berbeda antara pekan yang satu dan pekan lainnya.

“Desain trofi biasanya terinspirasi oleh ikon kota-kota terkenal di dunia seperti Menara Eiffel, patung Liberty, dan sebagainya. Kami juga sering menggunakan ikon-ikon wisata di Indonesia, misalnya Candi Borobudur,” ungkap Om Tri Winner, pembina Metropolis The Winner, yang juga ketua Ronggolawe Nusantara DPW Tangerang Raya.

Metropolis The Winner
Setiap latberan, desain trofi selalu berganti-ganti.

Selain itu, Gantangan Metropolis The Winner juga berbeda dari lapangan lainnya. Gantangan permanen dipasang di depan lobby, persisnya di pelataran pintu masuk Mall Metropolis. “Kami mendapat izin dari pihak manajemen Mall Metropolis untuk mendirikan lapangan di sini secara permanen,” tandas Om Tri. (d’one)

Om Tri Winner
Om Tri Winner (tengah), pembina Metropolis The Winner.

Hasil Lomba Metropolis The Winner-Menuju Piala Brother SF (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.