Tiga jenis burung brinji-emas dan suara kicauannya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Brinji-emas merupakan kelompok burung dari keluarga cucak-cucakan (Pycnonotidae), atau masih punya hubungan kekerabatan dengan cucakrowo, trucukan, dan kutilang. Disebut kelompok burung, karena mereka bukanlah spesies tunggal, namun terdiri atas beberapa spesies / jenis.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung brinji-emas yang sebelumnya terdiri dari 9 sub-spesies kini menjadi 3 jenis burung
Burung brinji-emas kini bukan lagi spesies tunggal, tapi terdiri atas tiga jenis.

Dahulu, burung brinji-emas / golden bulbul merupakan spesies tunggal dengan nama latin (Thapsinillas affinis), sebagaimana disebut pula dalam buku Daftar Burung Indonesia No 2 (Sukmantoro W dkk; Indonesian Ornithologist Union; Bogor, 2007). Spesies ini terdiri atas sembilan subspesies /ras, dengan wilayah persebaran meliputi Sulawesi, Kepulauan Sula, dan Maluku.

Namun sekarang, para ornitholog (ahli burung) menyepakati taksonomi baru mengenai burung brinji-emas sehingga saat ini ada tiga spesies, yaitu:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  • Brinji-emas seram / seram golden bulbul (Thapsinillas affinis)
  • Brinji-emas buru /buru golden bulbul (Thapsinillas mysticalis)
  • Brinji-emas utara / northern golden bulbul (Thapsinillas longirostris)

Meski demikian, sebagian ornitholog tak menempatkannya dalam genus Thapsinillas, melainkan Alophoixus, seperti data yang diekspose wikipedia. Kasusnya sama seperti burung cucak jenggot / empuloh janggut (Criniger bres) yang sering ditulis dengan nama ilmiah Alophoixus bres.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Secara umum, brinji-emas memiliki panjang tubuh 21 – 26 cm.  Bulu-bulunya didominasi warna zaitu kekuningan. Mereka biasa ditemukan di semua habitat dengan pepohonan yang rapat seperti hutan, semak-belukar, dan lahan budidaya.

Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut ini deskripsi singkat tiga jenis burung brinji-emas dan suara kicauannya. Silakan klik tautan-tautan di bawah ini:

Brinji-emas seram | Brinji-emas buru | Brinji-emas utara

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.