Tiga jenis burung brinji-emas dan suara kicauannya

Brinji-emas merupakan kelompok burung dari keluarga cucak-cucakan (Pycnonotidae), atau masih punya hubungan kekerabatan dengan cucakrowo, trucukan, dan kutilang. Disebut kelompok burung, karena mereka bukanlah spesies tunggal, namun terdiri atas beberapa spesies / jenis.

Burung brinji-emas yang sebelumnya terdiri dari 9 sub-spesies kini menjadi 3 jenis burung
Burung brinji-emas kini bukan lagi spesies tunggal, tapi terdiri atas tiga jenis.

Dahulu, burung brinji-emas / golden bulbul merupakan spesies tunggal dengan nama latin (Thapsinillas affinis), sebagaimana disebut pula dalam buku Daftar Burung Indonesia No 2 (Sukmantoro W dkk; Indonesian Ornithologist Union; Bogor, 2007). Spesies ini terdiri atas sembilan subspesies /ras, dengan wilayah persebaran meliputi Sulawesi, Kepulauan Sula, dan Maluku.

Namun sekarang, para ornitholog (ahli burung) menyepakati taksonomi baru mengenai burung brinji-emas sehingga saat ini ada tiga spesies, yaitu:

  • Brinji-emas seram / seram golden bulbul (Thapsinillas affinis)
  • Brinji-emas buru /buru golden bulbul (Thapsinillas mysticalis)
  • Brinji-emas utara / northern golden bulbul (Thapsinillas longirostris)

Meski demikian, sebagian ornitholog tak menempatkannya dalam genus Thapsinillas, melainkan Alophoixus, seperti data yang diekspose wikipedia. Kasusnya sama seperti burung cucak jenggot / empuloh janggut (Criniger bres) yang sering ditulis dengan nama ilmiah Alophoixus bres.

Secara umum, brinji-emas memiliki panjang tubuh 21 – 26 cm.  Bulu-bulunya didominasi warna zaitu kekuningan. Mereka biasa ditemukan di semua habitat dengan pepohonan yang rapat seperti hutan, semak-belukar, dan lahan budidaya.

Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut ini deskripsi singkat tiga jenis burung brinji-emas dan suara kicauannya. Silakan klik tautan-tautan di bawah ini:

Brinji-emas seram | Brinji-emas buru | Brinji-emas utara

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.