Metode “gut load” agar jangkrik lebih berkhasiat untuk burung kicauan

Bagi kicaumania di Indonesia, jangkrik menjadi salah satu extra fooding (EF) utama bagi burung kicauan pemakan serangga. Hal ini karena serangga tersebut relatif mudah dijumpai di sekitar rumah, bahkan sudah banyak pula yang membudidayakannya khusus untuk pakan burung.

Jangkrik yang cukup umum diberikan sebagai pakan burung

Sebagai salah satu pakan tambahan, jangkrik sangat bermanfaat untuk membuat burung selalu rajin berbunyi. Tak hanya jangkrik, binatang reptil pun sangat menyukai jangkrik.

Jangkrik termasuk hewan omnivora, artinya mau memakan apa saja, termasuk buah, sayuran, serta serangga kecil lainnya. Bahkan dalam satu koloni, jangkrik bisa berubah menjadi kanibal dengan memangsa sesama jangkrik yang lainnya ketika ia tidak mendapatkan pakan yang memadai.

Ketika Anda membeli jangkrik di pasar / kios burung, terkadang penjual menyertakan daun kering yang menjadi makanannya selama di lapak pedagang. Karena itu, kita pun kerap memberikan makanan kepada jangkrik di rumah hanya berupa daun-daun kering.

Padahal pemberian pakan yang tak sesuai akan membuat jangkrik mengalami kekurangan nutrisi dan bisa memicu sifat kanibalnya. Apabila pedagang di pasar / kios burung hanya memberi pakan daun kering, itu dapat dimaklumi sebagai upaya menekan biaya perawatan sampai dagangannya terjual.

Namun Anda sebagai kicaumania tidak boleh menerapkan hal yang sama, karena jangkrik bakal diberikan kepada burung kesayangan di rumah. Sebab burung yang mengkonsumsi jangkrik dengan perawatan seadanya tidak akan mendapatkan banyak manfaat.

Karena itu, sebelum diberikan kepada burung, jangkrik harus memperoleh pakan yang bergizi pula, supaya burung bisa merasakan manfaatnya secara langsung. Misalnya, jangkrik diberi dulu sayuran, buah, dan jenis pakan lainnya, termasuk bahan rempah. Setelah itu, barulah jangkrik diberikan kepada burung.

Nah, belakangan ini banyak kicaumania yang menerapkan metode gut load, agar manfaat jangkrik bisa dirasakan langsung oleh burung yang mengkonsumsinya. Apa itu gut load?

Intinya sama seperti penjelasan di atas, di mana jangkrik mendapat perlakuan tertentu sebelum diberikan kepada burung. Hanya saja, perlu pengaturan waktu yang tepat antara pemberian pakan kepada jangkrik sampai jangkrik diberikan kepada burung. Prosesnya disebut gut loading, sedangkan metodenya disebut gut load.

Bahan baku yang diperlukan:

Beberapa jenis makanan yang dapat diberikan kepada jangkrik adalah sebagai berikut:

  • Buah-buahan, misalnya jeruk, pir, dan apel yang telah diiris tipis agar dapat langsung dimakan jangkrik.
  • Sayur-sayuran seperti parutan jagung muda, wortel, kentang, atau campuran potongan dedaunan seperti kol, sawi dan sebagainya.
  • Tanaman obat / herbal seperti jahe, kunyit, bawang putih, ginseng, dan sebagainya.
  • Roti, sereal, atau biskuit bayi.
  • Telur puyuh rebus.
  • Ikan-ikan kecil.

Untuk khasiat jangkrik makin joss pada burung, Anda bisa mencampurkan multivitamin seperti BirdVit ke dalam campuran pakan tersebut. Apabila jangkrik sudah cukup mengkonsumsi makanan tersebut, segera berikan jangkrik kepada burung kesayangan Anda dalam jumlah yang disesuaikan dengan kebiasaan / setingan rawatan hariannya.

Perlu diperhatikan, proses gut loading idealnya berlangsung sekitar 10 – 20 menit. Dalam kurun waktu tersebut, bahan-bahan makanan yang dikonsumsi jangkrik akan bercampur di bagian usus, tetapi belum sempat dicerna dan sari-sarinya belum sempat terdistribusi ke jaringan tubuh lainnya.

Dengan alasan itulah, kita perlu membatasi jarak waktu antara jangkrik mengkonsumsi makanan dan jangkrik saat harus diberikan kepada burung, agar sari-sari makanan yang ada di dalam usus jangkrik akan termakan pula oleh burung.

Itulah sekelumit penjelasan mengenai metode gut load yang sudah lama diterapkan para kicaumania dan breeder di mancanegara. Oh ya, metode ini juga bisa diterapkan pada ulat hongkong dan pakan hidup lainnya, sebelum menjadi santapan bagi burung kesayangan Anda.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.