Cendet New Alexis dan pleci Lupus double winner di Festival Rawapening

Lomba burung berkicau bertajuk Festival Rawapening Ambarawa berlangsung sukses dan meriah di Lapangan Turangga Ceta Ambarawa (Pangsar), Sabtu (29/10), tepatnya di Patung Monumen Jenderal Sudirman.

Festival Rawapening Ambarawa 2016
Suasana lomba burung berkicau Festival Rawapening Ambarawa 2016.

Even yang terdiri atas empat kelas (24 sesi) ini diiikuti 933 peserta, atau setiap sesi rata-rata berisi 39 gantangan. Para peserta datang dari berbagai daerah, antara lain Salatiga, Semarang, Kendal, Kudus, Demak,  Boyolali, Solo, Magelang, Jogja, dan Ungaran.

Festival Rawapening Ambarawa 2016
Lomba digelar di Monumen Jenderal Sudirman, Lapangan Turangga Ceta Ambarawa.

Festival Rawapening Ambarawa tak hanya berisi lomba burung kicauan, melainkan juga menjadi ajang bertemunya sejumlah komunitas di Ambawara, mulai dari jalan sehat, klub motor, seni, hingga puisi. Untuk lomba burung, pihak panitia menggandeng Paguyuban Penggemar Burung Ambarawa (PPBA).

Kendati diwarnai hujan, para peserta dan penonton tetap antusias mengikuti lomba sampai selesai. Mereka melihat jalannya lomba sambil membawa payung, atau mengenakan jas hujan, bahkan ada yang nekat berbasah-ria.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Festival Rawapening Ambarawa 2016

Festival Rawapening Ambarawa 2016
Peserta dan penonton tetap antusias, meski lapangan sempat diguyur hujan.

Cendet New Alexis milik Om Robert (Buldozer SF) sukses meraih double winner. Pada Kelas Bintang, New Alexis mengungguli dua jagoan hebat lainnya, yakni Samohong milik Om Gunawan Santoso (Mr Loper) dan New Fantastic andalan Om Aries Ngesrep (Ngesrep SF).

Samohong dan New Fantastic harus puas menempati posisi ketiga dan keempat, adapun juara kedua diraih cendet Explosive milik Kappa SF. New Alexis juga terbaik di Kelas Sejati, unggul atas Skak Mat milik Om Hery Gazpoll (Ambarawa BC) dan Android milik Om Imam Mebel (Gemawang, Ambarawa).

Om Herry Gazpoll tak hanya moncer bersama cendet Skak Mat. Kacer Alteco miliknya sukses meraih juara 1 Kelas Bintang dan juara 2 Kelas Sejati. Pekan sebelumnya, Alteco juga moncer dalam gelaran Sekar Langit di Magelang (23/10).

Om Herry Gazpoll
Om Herry Gazpoll sukses bersama kacer Alteco dan cendet Skak Mat.

Alteco harus berbagi gelar juara dengan kacer Ceple Nr milik Om Aufal (Duta SBF Salatiga). Jagoan ini menjuarai Kelas Sejati dan juara 2 Kelas Bintang, atau saling tukar podium dengan kacer Alteco.

Festival Rawapening Ambarawa 2016
Suasana lomba di kelas kacer.

Penampilan gemilang dipertontonkan pleci Lupus besutan Om Aket  (Azizah SF) yang tak terkalahkan pada dua kelas yang diikutinya, yakni Kelas Favorit A dan B.

Pleci Lupus
Pleci Lupus milik Om Aket (Azizah SF) dua kali juara 1.

Hasil nyeri juga diraih murai batu New Tombo Ati milik Om Aliep Sage (Banaran SPG). Di kelas utama VIP, New Tombo Ati memang hanya menjadi juara 4. Kelas ini dijuarai Leak koleksi Batako SF, disusul Avante milik Om Vicho RB (Banyubiru) dan Belagat besutan Om Yono Plaza (Semarang).

Namun pada dua sesi berikutnya, New Tombo Ati tak terbendung lawan-lawannya. Burung ini sukses menjuarai Kelas Bintang, unggul atas MB Setan Kredit milik Om Aiyon (Banyubiru) dan Dewa Mabok orbitan Om Iwan 150 CP (Duta Dandim Cup).

Festival Rawapening Ambarawa 2016
Suasana lomba di kelas murai batu.

Gelar kedua diraih New Tombo Ati dengan memenangi Kelas Sejati. Juara kedua dan ketiga masing-masing diraih Leak dan Jaguar kepunyaan Kappa SF Semarang.

Panitia juga membuka dua kelas murai borneo. Kelas Sejati dimenangi Vesper andalan Om Rieff GDN (Bosgan Holic), sedangkan MB Gunug Payung milik Om Dwi Yudi Asianio (Blotongan) terbaik di Kelas Favorit.

Lovebird dimainkan lima sesi, dua di antaranya dimenangi lovebird Aimsya milik Kappa SF. Burung ini juga meraih juara 2 dan 4 pada dua sesi lainnya.

Saat turun di Kelas Bintang A, lovebird Aimsya menempati gantangan nomor 05 atau di pinggir. Pada Kelas D Favorit, Aimsya menempati gantangan 02 yang juga berada di pinggir. Para penonton justru bisa melihat langsung penampilan cantiknya dengan suara panjang dan rajin.

Ada selentingan, setelah turun gantangan, lovebird Aimsya langsung ditawar Rp 50 juta oleh seorang pemain yang enggan disebut namanya. Namun sangh pemilik tidak bersedia melepasnya.

Secara keseluruhan, even ini berjalan lancar dan tertib. “Namun kami akan membenahi kekurangan-kekurangan yang ada, sehingga even berikutnya bisa lebih baik daripada hari ini,” ungkap Om Yudho, ketua pelaksana.

Ucapan terimakasih juga disampaikan panitia kepada seluruh peserta dan penonton, dan rekan-rekan kicaumania di Ambarawa dan sekitarnya, khususnya Ambarawa BC. (v1rgoboy)

Festival Rawapening Ambarawa 2016
Om Haidar (topi merah): Kenari Blanxon Jagat terbaik di kelas kalitan.
Festival Rawapening Ambarawa 2016
Guyub rukun para plecimania.
Festival Rawapening Ambarawa 2016
Ketua Pelaksana Om Yudho (kanan) bersama Om Deni.

Hasil Festival Rawapening Ambarawa (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.