Meracik ubi jalar dan wortel sebagai pakan bermanfaat untuk kenari

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Salah satu cara untuk merawat dan menjaga agar warna bulu-bulu kenari tetap indah dan tak mudah kusam adalah memberikan pakan alami yang mengandung beta karotene, seperti ubi jalar dan wortel. Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini tips meracik ubi jalar dan wortel sebagai pakan bermanfaat untuk burung kenari.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ubi jalar dan wortel dapat diracik menjadi pakan kaya manfaat untuk burung kenari
Ubi jalar dan wortel dapat diracik menjadi pakan yang bermanfaat untuk burung kenari.

Karotenoid merupakan pigmen organik yang ditemukan dalam kloroplas dan kromoplas tumbuhan serta kelompok organisme lainnya. Zat ini pula yang berperan penting dalam pembentukan warna pada bulu-bulu burung kenari. Makin sering burung mengkonsumsi pakan yang mengandung zat tersebut, makin terjaga pula keindahan warna dan bulunya.

Beta karotene termasuk salah satu jenis karotenoid yang sangat bermanfaat untuk merawat / menjaga warna bulu-bulu kenari agar tetap cerah dan tidak mudah kusam. Zat ini banyak terkandung dalam ubi jalar dan wortel. Bahkan pemberian pakan tersebut secara teratur dapat membantu memulihkan kenari yang kurus / dada nyilet, maupun untuk mempercepat pemulihan burung yang stres.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tidak hanya diberikan dalam bentuk mentah saja, ubi jalar dan wortel juga dapat diracik menjadi pakan yang kaya nutrisi . Berikut ini tips meracik ubi jalar dan wortel sebagai pakan tambahan yang bermanfaat untuk kenari.

Bahan yang digunakan:

  • 1 buah ubi jalar. Pilihlah ubi yang berwarna oranye lebih tua, karena makin gelap warnanya, makin tinggi pula kandungan beta karotennya.
  • 1 buah wortel.
  • 24 butir kacang pistachio yang telah dikupas kulitnya.

Proses pembuatan:

  • Sebenarnya resep awal pakan racikan ini menggunakan ubi dan wortel mentah. Namun banyak kenari mania yang menganjurkan agar kedua bahan itu sebaiknya direbus dulu agar lebih mudah dicerna oleh burung.
  • Setelah direbus, ubi jalar dikupas kulitnya dan dipotong kecil-kecil.
  • Masukkan potongan ubi jalar dan wortel ke dalam mesin food processor atau blender.
  • Kacang ditumbuk hingga menjadi serbuk, kemudian dicampu bersama bahan-bahan lainnya.
  • Semua bahan diproses agar menjadi pakan yang siap saji.

Pakan racikan ini disajikan dalam cepuk terpisah. Apabila burung kenari teratur mengkonsumsinya setiap beberapa hari sekali, maka warna-warna bulunya menjadi lebih tegas, cerah, dan tidak mudah kusam.

Namun perlu diperhatikan, jangan memberikan pakan racikan ini secara berlebihan, karena bisa membuat burung rentan mengalami kegemukan. Tapi untuk terapi pemulihan kenari yang kurus atau berdada nyilet, pakan racikan ini bisa diberikan setiap hari.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.