Mengenal lima ras pleci laut dan suaranya untuk masteran atau memancing bunyi

Burung kacamata laut atau pleci laut / lemon-bellied white-eye(Zosterops chloris) merupakan spesies endemik di Indonesia. Sebagian plecimania sudah mengenalnya, tetapi banyak di antara mereka yang kesulitan membedakan antara subspesies / ras yang satu dan lainnya. Apalagi wilayah persebarannya berbeda-beda, demikian pula dengan nama lokalnya. Beriikut ini lima ras pleci laut dan suaranya untuk masteran atau memancing bunyi.

Pleci laut yang memiliki suara kicauan cukup lantang (Oriental Bird Images)
Pleci laut memiliki suara kicauan cukup lantang (Foto: Oriental Bird Images)

Secara umum, penampilan fisik kelima ras burung pleci laut itu hampir sama. Panjang tubuhnya sekitar 11 cm, bulubulu pada bagian perut berwarna kuning, tubuh bagian atas kuning-zaitun, dan tubuh bagian bawah kuning-lemon-pucat. Adapun iris cokelat, serta kaki dan paruhnya hitam.

Spesies ini hanya dapat dijumpai di Indonesia, sehingga disebut burung endemik Indonesia, atau plasma nutfah asli Nusantara. Wilayah persebarannya mulai dari pulau-pulau kecil di Laut Jawa, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, hingga pulau-pulau di wilayah barat Papua.

Yuk, kita kupas satu-persatu ras pleci laut yang memiliki wilayah persebaran berbeda-beda:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Zosterops chloris chloris

Zosterops chloris chloris
Zosterops chloris chloris (Foto: OBI)

Burung pleci laut ras chloris ini tersebar di Pulau Mayu (antara Sulawesi dan Halmahera), Kepulauan Schildpad (sebelah utara Misool), Tujuh (ujung utara Seram), Banda, Manuk, Seram Laut, Tayandu, Kai, Taam (Ujung Kai), dan pulau-pulau di Kepulauan Aru (Babi, Karang, Enu).

Salah satu ciri pembeda ras ini adalah bulu-bulu pada tubuh bagian bawahnya berwarna kuning tua.

2. Zosterops chloris mentoris

zosterops-chloris-mentoris
Zosterops-chloris mentoris (Foto: OBI)

Burung pleci laut ras mentoris hanya bisa dijumpai di bagian tengah dan utara Pulau Sulawesi. Sekilas mempunyai kemiripan dengan ras chloris, hanya saja bentuk paruhnya lebih kecil.

3. Zosterops chloris flavissimus 

Zosterops chloris flavissimus
Zosterops chloris flavissimus (Foto: OBI)

Burung pleci laut ras flavissimus memiliki wilayah persebaran terbatas di Kepulauan Tukangbesi, ujung tenggara Sulawesi. Warna kekangnya lebih terang dan lebih kuning, tunggir juga kekuningan.

Sepintas, penampilannya mirip pleci jawa / javan white-eye (Zosterops flavus), tetapi ukuran tubuhnya lebih besar. Selain itu, warna kuningnya juga lebih terang, serta paruh atas dan bawah berwarna hitam.

4. Zosterops chloris maxi 

Zosterops chloris maxi
Zosterops chloris maxi ( Foto: OBI)

Burung pleci laut ras maxi memiliki wilayah persebaran cukup luas, mulai dari Kepulauan Karimata (ujung barat Kalimantan), pulau-pulau kecil di sebelah selatan dan timur Belitung, Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Kepulauan Karimunjawa (Jepara), Gili (ujung Pulau Bawean), Kepulauan Laut Kecil, Kepulauan Kangean, Menjangan (ujung barat laut Pulau Bali), Nusa Penida, dan Lombok.

Ciri pembeda ras maxi adalah warna bulu pada tubuh bagian bawah lebih pucat. Adapun bulu di bagian atas lebih kusam dan berwarna lebih kehijauan.

5. Zosterops chloris intermedius

Zosterops chloris intermedius
Zosterops chloris intermedius (foto: OBI)

Burung pleci laut ras intermedius juga memiliki wilayah persebaran cukup luas, yaitu di bagian timur dan selatan Sulawesi, Pulau Dodepo, Kabaena, Muna, Butung, pulau-pulau kecil di Laut Flores (misalnya Tanakeke, Salayar, Tanahjampea, Kalao, Bonerate, Kalaotoa, Madu), dan bagian tengah Sunda Kecil (Sumbawa, Komodo, Rinca, Flores, Palu, Besar, Sabolan Besar).

Sebagaimana jenis burung kacamata lainnya, pleci laut bergerak cukup aktif dalam kelompoknya, seperti tidak kenal lelah. Burung ini cukup lincah, terbang bersama kelompoknya di antara pepohonan dan semak-semak pada semua bagian pohon, terutama yang berada di kawasan hutan semak pantai.

Suara panggilan (call) pleci laut sangat berbeda dari suara panggilan jenis pleci lainnya. Suaranya terdengar sangat parau dan penuh getaran. Meski begitu, suara kicauannya justru lebih lantang dan bervariasi. Berikut ini suara call dan song (kicauan) pleci laut yang bisa dimanfaatkan untuk masteran atau untuk memancing bunyi.

  • Suara panggilan / call burung pleci laut | DOWNLOAD
  • Suara kicauan / song burung pleci laut | DOWNLOAD

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.