Beberapa ramuan untuk memandikan burung ala kicaumania

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Mandi termasuk salah satu bentuk perawatan yang rutin dilakukan para kicaumania untuk menjaga kondisi serta kebersihan burung piaraannya. Banyak cara yang dilakukan kicaumania dalam memenuhi kebutuhan mandi untuk burung kesayangannya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

kacer Dewa Serayu mandi
Mandi termasuk bagian terpenting dalam perawatan harian burung kicauan.

Ada yang memandikan burung dengan cara disemprot, menggunakan karamba mandi, hingga menggunakan cepuk berisi air yang diletakkan di dalam sangkar.

Yang perlu diingat, hindari penggunaan air hangat untuk mandi burung. Sebab air hangat dapat membuang lapisan minyak pada bulu, sehingga membuat bulu-bulunya cepat kering dan kusam, bahkan dapat memicu rasa gatal dan munculnya perilaku mencabuti bulu. Disarankan menggunakan air biasa (suhu ruangan), atau bisa juga air dengan suhu lebih dingin.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Beberapa jenis burung lebih senang mandi dengan cara disemprot (menggunakan hand sprayer), tetapi beberapa jenis burung lainnya lebih senang mandi dalam karamba atau pada cepuk berisi air.

Apapun peralatan mandinya, yang pasti burung yang rajin mandi akan memperoleh beberapa manfaat berikut ini:

  • Bulu-bulu burung relatif terjaga kebersihan dan kesehatannya.
  • Rutin memandikan burung dapat menghaluskan kotoran yang menempel pada kulit dan bulunya, sehingga dapat merangsang burung untuk merapikan bulu (didis). Dengan demikian, bulu akan menjadi lebih kuat dan lebih tahan air.
  • Mandi dapat memberi kelembaban sehingga mencegah munculnya perilaku cabut bulu yang disebabkan rasa gatal / iritasi akibat bulu dan kulit kering lantaran jarang dimandikan.
  • Mandi juga bisa membantu mengatasi rasa gatal, sekaligus membuat burung lebih nyaman, terutama pada masa pertumbuhan bulu baru / bulu jarum setelah masa melewati masa mabungnya.
  • Memandikan burung secara rutin juga bermanfaat pada pernafasannya terutama untuk spesies burung dari daerah tropis.
  • Mandi juga sangat penting untuk burung dalam kandang penangkaran, karena membantu mengatur tingkat kelembaban dalam sarang yang sangat penting bagi perkembangan telur dan anak-anaknya.

Memandikan burung dengan cara disemprot sebaiknya dilakukan dengan penuh perhatian, terutama untuk burung paruh bengkok seperti lovebird, parkit, atau nuri. Jangan menyemprot langsung dari arah depan, karena air dapat langsung masuk ke dalam rongga hidung.

Sebaiknya burung dimandikan dengan cara disemprot halus dari arah atas (metode hujan gerimis). Cara ini dianggap lebih aman dan sangat disukai burung, karena mensimulasikan mandi air hujan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Air yang digunakan untuk mandi

Air yang digunakan untuk mandi pun beragam. Ada yang hanya air biasa, namun ada juga yang diberi bahan-bahan lain seperti shampo maupun bahan alami. Berikut ini beberapa ramuan untuk memandikan burung yang biasa dilakukan para kicaumania.

  • Beberapa kicaumania rutin memandikan burungnya menggunakan air rebusan daun pandan. Mereka percaya bahwa rebusan daun pandan dapat memberi kesegaran pada burung karena aroma wangi pada bulu-bulunya.
  • Beberapa kicaumania senang menggunakan air rebusan daun sirih, karena bisa membunuh / menghilangkan kutu yang selama ini menginfeksi burung peliharaan.
    Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih. Setelah dingin, air rebusan diperas dan digunakan untuk mandi burung. Namun cara ini harus dilakukan dengan sesering mungkin.
  • Beberapa kicaumania memandikan burung menggunakan air bekas cucian beras. Air ini dipercaya membantu menghilangkan kutu yang menempel pada bulu-bulunya.
    Namun penggunaan air bekas cucian beras tidak semerta-merta dapat langsung menghilangkan kutu, karena sifat air beras hanya melepaskan cengkeraman kutu dari lapisan bulu / kulit. Jika tidak segera dibantu dengan merapikan bulu (didis), maka kutu-kutu itu dapat kembali menempel pada kulit maupun bulunya.
  • Beberapa kicaumania memandikan burung dengan memanfaatkan daun lidah buaya, terutama apabila burung kerap berperilaku kanibal atau mencabuti bulu-bulunya sendiri. Gel / lendir pada daun lidah buaya dipecaya dapat memberi rasa nyaman pada kulit burung yang mengalami iritasi atau gatal, sehingga burung pun akan menghentikan perilaku buruknya tersebut. Manfaat lain dari daun lidah buaya bisa disimak dalam artikel di sini.
  • Cara memandikan burung yang dianggap paling ampuh dalam mengatasi rasa gatal dan infeksi kutu / tungau adalah menggunakan FreshAves. Sesuai dengan namanya, FreshAves ditujukan untuk membuat burung lebih fresh atau segar, karena terbebas dari semua jenis hewan penggangu seperti kutu caplak, tungau, gurem, semut, dan parasit pengganggu lainnya.

Itulah beberapa ramuan yang biasa digunakan para kicaumania di sejumlah daerah saat memandikan burungnya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. Om,apa air rebusan daun sirih bisa digunakan untuk burung yang biasa mandi dlam keramba(tanpa harus menggunakan sprayer atau ditangkap)?maksud saya mandi sendiri,karena burung saya(kacer) bukan burung yang jinak,tetapi jinak lalat,dihawatirkan kalau saya menggunakan sprayer atau memandikan burung dngan cara di pegang dengan tangan untuk tujuan menghilangkan kutu/parasit malah akan membuat burung trauma dan kembali menjadi giras walaupun dengan cara memegang burung yang benar,sudah berkali kali menggunakan shampo J**I J***R(maaf menyebutkan merek)tapi tidak menunjukkan hasil yg memuaskan,kacer saya masih sering garuk2,dan itu menybabkan perform nya menjadi berkurang karna rasa gatal,mental bagus materi bagus volume oke,cuma kekurangannya hanya pada pemilik sebelumnya kurang di rawat,sehingga kutuan,maaf jika pertanyaan saya terlallu menditail,krna saya butuh pencerahan untuk memaksimalkan perform kacer saya,karena burung ini sejatinya burung lomba(take over).bagaimna solusi terbaiknya om aries.mohon pencerahannya.

    • Kalau burung sudah terinfeksi kutu tentu dapat mengganggu penampilannya om, untuk mandi karamba/diemprot bisa juga menggunakan rebusan daun sirih tapi untuk membasmi kutu yang membandel hanya bisa dilakukan dengan obat-obatan khusus. Untuk cara amannya dalam pemakaian obat kutu, coba om buka lagi tulisannya di sini: //omkicau.com/2014/11/16/jangan-semprotkan-freshaves-ke-burung-ketika-cuaca-dingin-atau-mendung/

Komentar ditutup.