Kacer Pangeran Lampung, kenari Metallica dan Twister double winner di Bupati Cup II Lampung Utara

Suasana di halaman Stadion Sukung, Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Minggu (20/11) lalu, terlihat berbeda dari biasanya. Ada keramaian di sana, baik oleh suara kicauan burung maupun canda tawa dan keakraban di antara para kicaumania.

Lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara
Suasana lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara di Kotabumi, Minggu (20/11).

Ya, hari itu berlangsung lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara. Gelaran ini berjalan meriah dan diikuti 820 peserta dari berbagai daerah di Provinsi Lampung maupun provinsi lain seperti Sumatera Selatan.

Lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara
Antusias para penonton dan peserta dalam lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara.

Even ini digarap apik oleh Om Bowo Moulan, Om Chery Caramon, serta Doni Amindo. Tim Juri Radjawali Indonesia Pusat mampu menjalankan tugasnya dengan baik, didukung oleh para penonton yang berlaku tertib sehingga suasana lomba benar-benar bisa dinikmati.

Lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara
Pembukaan lomba oleh Kepala Badan Kesbangpol Lampung Utara, Bapak Firman SPd.

Lomba dibuka Bapak Firman SPd, kepala Badan Kesbangpol Pemkab Lampung Utara, mewakili Bupati H Agung Ilmu Mangkunegara SSTP MH yang berhalangan hadir karena ada tugas yang tak dapat ditinggal. Hadir pula Ketua Radjawali Indonesia (RI) DPW 1 Sumatera, H Herman Bejo.

Sesi pembuka adalah Kelas Kacer Wakil Bupati yang dimenangi kacer Mandiri milik Om Adi / Juli (Paruh BC). Melalui pertarungan ketat, Mandiri mengungguli kacer Mimpi orbitan AKP Bagus AS (Kaza SF Palembang) dan Mesin Pembunuh besutan Icha Perwantes (Bandarlampung).

Lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara
Suasana penjurian di kelas kacer.

Kelas utama Bupati yang berhadiah sepeda motor dimenangi kacer Popeye milik Om Khadafi (KDVBF). Posisi kedua diraih kacer Raja Rimba, juga milik Om Khadafi, eks jawara nasional yang kini sudah menjadi materi indukan di kandang penangkaran KDV Bird Farm Lampung. Kacer bertengger di urutan ketiga.

Lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara
Para juara kacer Kelas Wakil Bupati bersama Ketua RI DPW I Sumatea H Herman Bajo dan Bapak Firman SPd.

Tiga kelas lainnya didominasi kacer Pangeran Lampung. Gaco andalan Om Suryono dari Wakwaw BC ini meraih double winnner (Kelas Sekda dan Radjawali Indonesia), serta runner-up Kelas Kotabumi Team.

Di Kelas Sekda, Pangeran Lampung mengalahkan kacer Tiger koleksi H Adzan (Dian SF Metro) dan Mesin Pembunuh. Kemudian di Kelas Radjawali Indonesia, Pangeran Lampung mengungguli kacer Mimpi serta Mesin Pembunuh yang juga tampil sangat stabil.

Bahkan kacer Mesin Pembunuh mampu melakukan revans terhadap Pangeran Lampung, ketika bertemu di Kelas Kotabumi Team. Keduanya meraih juara 1 dan 2, disusul kacer Pendekar PB milik Om Agung dari MMBC.

Om Bagus AS merasa puas melihat prestasi kacer Mimpi yang dalam even kali ini meraih juara 2, 2, dan 3. Apalagi lawan-lawan yang dihadapi dikenal tangguh-tangguh. “Sebelumnya, kacer Mimpi juga sukses menjuarai even akbar Bank Sumsel Babel Cup di Palembang, 6 November lalu,” ujarnya.

Om Bagus AS bersama kacer Mimpi andalannya.
Om Bagus AS bersama kacer Mimpi andalannya.

Selain moncer bersama kacer Mimpi, Om Bagus (Kaza SF Palembang) juga unggul bersama kapas tembak Meteor. Burung ini tampil sebagai juara 1, mengalahkan dua jagoan dari Baradatu  BC, yakni Luna Maya milik Om Jojo dan Pelor Mas kepunyaan Om Dicky. Kapas tembak Meteor juga pernah menjuarai Bank Sumsel Babel Cup.

Kaza SF Palembang
AKP Bagus AS (kanan) bersama dua punggawa Kaza SF Palembang: Om Wanda ASMR dan Om Welly AR.

Empat kelas murai batu dimenangi burung-burung yang berbeda. Ganden, Bon Jovi, serta N Max hampir meraih double winner. Ganden, murai batu milik Om E Priyanto (Bintang Buah SF) terbaik di Kelas Wakil Bupati, serta juara 2 kelas utama Bupati.

Murai batu Bon Jovi milik Om Faisal dan N Max andalan Om Hendri (keduanya dari Wakwaw BC) saling mengalahkan di Kelas Sekda dan Radjawali Indonesia. Bon Jovi juara 1 Kelas Sekda, mengalahkan N Max yang berada di posisi kedua. Sebaliknya, Kelas Radjawali Indonesia dimenangi N Max, disusul Bon Jovi.

Lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara
Persaingan ketat di kelas murai batu.

Kelas Bupati dimenangi murai batu Si Kancil kepunyaan Om Aman (Baradatu BC), dan berhak mendapat 1 unit sepeda motor. Tampil menonjol, Si Kancil sejak awal digantang langsung ngedur terus. Burung ini punya variasi lagu yang kasar dan tembakan panjang-panjang, sehingga para juri member koncer mutlak sebagai juara pertama.

Kenari dimainkan empat sesi, masing-masing dua sesi kenari bebas dan dua sesi kenari kecil. Kelas bebas disapubersih kenari Metallica. Kelas kenari kecil juga disapubersih Twister. Hebatnya, kedua kenari milik pemain yang sama, yakni Om Ujang (Duta Jatimulyo SF).

Di Kelas Kenari Bebas Sekda, Metallica unggul atas Twister. Posisi ketiga ditempati Simatupang besutan Ndan Bro SF. Metallica meraih gelar kedua setelah memenangi Kelas Radjawali Indonesia, mengalahkan Simatupang dan Boboho milik Om Yudhstira (Brother Team Kotabumi).

Adapun Kelas Kenari Kecil Kotabumi Team A dan B dimenangi kenari Twister yang moncer juga di kelas bebas. Posisi kedua pada kedua kelas kenari kecil ini masing-masing diraih Telur Ceplok milik Om Tono (Sentral SF Bandar Jaya) dan Dewa Kayangan andalan Ndan Bro SF.

Lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara
Suasana lomba di kelas lovebird.

WKSF Metro mendulang kemenangan melalui lovebird Putri Junior milik Om Deddy Tatto. Kendati rehat cukup lama dari berbagai kejuaraan, karena sudah masuk kandang penangkaran, LB Putri Junior meraih koncer mutlak di Kelas Wakil Bupati, unggul atas Qilu milik Om Shuri (Baradatu BC) dan KakaTua orbitan BE 123 PI (Res Tuba SF).

Kelas Kotabumi Team dimenangi lovebird Yolanda milik Om Khadafi  (KDV*BF), disusul LB Nganu koleksi Om Afandi  (Nganu Kotabumi Team) dan Pinguin orbitan BE 123 PI  (Res Tuba SF).

Lovebird Pinguin yang memiliki tembakan panjang-panjang, dengan durasi rapat, juga moncer di posisi ketiga Kelas Sekda. Juara 1 dan 2 diraih lovebird Jojo milik Ndan Bro SF dan Amoy orbitan H Mursidi dari  Wakwaw BC.

Satu-satunya burung yang mampu mencetak kemenangan hattrick adalah pleci Sempak besutan Om Aris (Sabrina SF).

Lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara
Panitia yang digawangi Om Bowo Mulan, Om Chery Caramon, dan Om Doni Amindo bersama beberapa pejabat yang hadir.

Jatimulyo SF yang datang bersama skuad andalannya seperti kenari Metallica dan Twister, ciblek Bujang, dan murai batu Amburadul tampil sebagai juara umum single fighter dengan total poin 400. Juara umum bird club diraih Wakwaw BC yang juga meraih 400 poin.

Panitia yang diwakili Om Bowo Moulan, Om Chery, dan Om Doni mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam gelaran ini. “Salam Radjawali Indonesia,” kata Om Bowo. (Andre Bray RI)

Lomba burung berkicau Bupati Cup II Lampung Utara
Penonton dan peserta tertib, juri pun bisa bekerja maksimal.

Hasil Lomba Bupati Cup II Lampung Utara (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.