Manfaat vitamin E untuk burung indukan di kandang penangkaran

Burung indukan di kandang penangkaran membutuhkan beberapa jenis mineral dan vitamin lebih banyak daripada burung yang tidak sedang dikembangbiakkan. Mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan burung indukan antara lain kalsium (Ca), fosfor (P), dan vitamin E.

Burung yang sedang diternak
Burung-burung indukan di kandang penangkaran sangat membutuhkan vitamin E.

Vitamin E diketahui mudah larut dalam lemak serta memiliki banyak manfaat untuk burung yang sedang diternak, terutama dalam proses penjodohan. vitamin E juga bertindak sebagai antioksidan yang melindungi vitamin lain dan membantu meningkatkan sistem pernafasan serta jaringan otot pada burung.

Karena memiliki banyak manfaat, vitamin E menjadi salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh semua jenis burung peliharaan. Defisiensi vitamin E bisa menyebabkan burung menjadi kurang aktif, bahkan rentan mengalami masalah pada sistem syarafnya.

Pada burung indukan, kekurangan vitamin E dapat menurunkan tingkat kesuburan (fertilitas) yang menyebabkan telur gagal menetas akibat infertil, serta sulit berjodoh.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, para penangkar burung di mancanegaa umumnya akan mencampur minyak biji gandum / white germ oil ke dalam pakan biji-bijiannya. Namun berapa jumlah takaran yang tepat, belum ada yang bisa memastikannya. Alhasil banyak peternak yang melakukannya dengan hanya mengira-ngira saja.

Agar proses penangkaran dapat berjalan dengan hasil lebih memuaskan, pemberian vitamin E dapat dikombinasikan dengan selenium. Hasil kombinasi tersebut akan menghasilkan enzim glutation peroxidase yang dapat bermanfaat untuk pertumbuhan burung muda dan membantu mengatasi masalah kesuburan pada burung indukan.

Vitamin E dan selenium biasanya terdapat pada beberapa bahan pakan seperti telur rebus, gandum, sereal, kuaci / biji bunga matahari, serta sayur-sayuran hijau terutama bayam, brokoli, dan umbi jalar.

Kalau tidak mau repot dan memperoleh kepastian adanya vitamin E, Anda bisa menggunakan suplemen tambahan seperti BirdMature. Suplemen khusus burung indukan di kandang penangkaran ini merupakan salah satu metode paling efektif, sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas penangkaran.

Semoga bermanfat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.