Murai batu Abimanyu milik Om Hany Faroko: Burung jinak yang tampil sangar di lapangan

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Siapa sebenarnya murai batu Abimanyu?

Murai batu Abimanyu
Murai batu Abimanyu milik Om Hany Faroko.

Om Hany Faroko mengawali kiprahnya sebagai pemain lomba di kelas lovebird. Beberapa jawara koleksinya saat itu antara lain lovebird Golden Boy dan Fernando.

Tak lama kemudian, Om Hany juga main di kelas murai batu. Banyak sekali murai batu miliknya yang moncer di lapangan, antara lain Kupra, Pattimura, Modus, Sultan, Cabik, Aligator, dan Leo. Sebagian murai jawara tersebut kini sudah berpindah tangan ke orang lain.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Setahun lalu, Om Hany meminang murai batu Abimanyu milik rekannya, Om Somad (Sohib SF) yang sama-sama berdomisili di Bekasi. Burung ini memiliki ring, tapi tanpa kode penangkarnya, sehingga tidak diketahui hasil breeding siapa.

Pengin download semua file suara burung di web ini tetapi tidak ada waktu? Tim Om Kicau siap membantu Anda. Silakan cek artikel bantuan ini.

Sebelum dibeli Om Somad dan Om Ulung, murai batu Abimanyu milik seorang kicaumania di Pasar Burung Narogong Bekasi. Prestasi perdananya diraih selepas bulu trotolannya rontok dan berganti menjadi bulu dewasa. “Jadi, burung ini sejak masih muda sudah sering juara,” kata Om Hany.

Karena prestasinya makin mencorong, Om Somad dan Om Ulung membeluinya seharga Rp 40 juta. Di tangan duet tersebut, Abimanyu makin berprestasi, sehingga menggoda Om Hany untuk meminangnya. Deal pun terjadi, dengan mahar sebesar Rp 150 juta.

Murai batu Abimanyu
Hormat juri, salah satu gaya murai batu Abimanyu.

“Setelah saya beli, murai batu Abimanyu sempat saya mainkan selama empat bulan. Setelah itu mabung. Begitu rampung mabung, penampilannya makin menawan, bahkan hampir selalu juara dalam even-even yang diikutinya,” tutur Om Hany Faroko.

Dalam even nasional Presiden Cup IV di Jakarta (2/10), murai batu Abimanyu meraih juara 4. Setelah itu menjuarai even Radjawali Indonesia di Bandung, juara  1 dalam gelaran Ronggolawe di Tasikmalaya, juara 1 dan 2 dalam Fauna Cup di Lapangan Banteng (20/11), dan juara 1 Kelas BOB dalam even Bupati Cup 3 di Tangerang (11/12).

Materi lagu dan durasi kerja murai batu Abimanyu memang luar biasa. Burung ini memiliki isian tembakan cililin, cucak jenggot, dan lovebird, serta lagu-lagu suara burung kecil seperti kenari, burung-madu (“kolibri”), serindit, dan lain-lain.

Meski selalu tampil garang di lapangan, kata Om Hany Faroko, murai batu Abimanyu termasuk burung jinak. Ya, penampilan Abimanyu jauh dari kesan murai jawara yang sangar.

“Karakternya memang cenderung jinak. Bahkan kalau digoda pakai tangan, bulu-bulunya kerap mengembung seperti burung tidak kondisi. Tapi lain halnya kalau sudah digantang di lapangan. Abimanyu akan tampil garang,” tandas Om Hany. (d’one)

Perawatan murai batu Abimanyu | Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

-- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini