Tips alternatif mengatasi mabung tidak tuntas pada burung kenari

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ketika burung kenari mengalami mabung sebelum waktunya, namun tidak tuntas dalam rentang waktu 4-6 minggu, maka kemungkinan besar mengalami macet mabung (stuck in the moult). Kondisi ini dapat terjadi pada semua jenis burung peliharaan, tidak terkecuali kenari, baik jenis lokal maupun impor. Bagaimana cara menanganinya. Berikut ini tips alternatif mengatasi mabung tidak tuntas pada burung kenari.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung kenari dapat mengalami masalah mabung sebelum waktunya
Burung kenari dapat mengalami masalah mabung sebelum waktunya [ foto: youtube ]
Kenari yang mengalami masalah mabung tidak tuntas / macet mabung umumnya akan terlihat seperti burung yang sedang sakit. Penampilan bulunya selalu terlihat acak-acakan, karena bulu baru yang tumbuh itu akan mudah sekali rapuh dan kusam. Selain itu, burung akan mengalami masalah lain seperti macet bunyi alias berhenti berkicau.

Penyebab utama mabung tidak tuntas adalah rendahnya asupan pakan bernutrisi, terutama lantaran burung hanua menerima 1-2 jenis pakan saja setiap harinya alias tidak bervariasi. Selain itu, ada juga beberapa faktor pemicu yang lainnya, misalnya:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  • Terlalu sering menggantung sangkar burung di dekat sumber udara panas / dingin seperti AC, lubang angin, blower, kipas angin, dan sebagainya.
  • Burung berada dalam kondisi cuaca ekstrem, di mana suhu / cuaca selalu berubah-ubah sehingga bisa memicu mabung palsu / false moult atau mabung sebelum waktunya.

Penanganan terbaik yang dapat dilakukan kicaumania untuk mengatasi mabung sebelum waktunya maupun burung yang mabung tak tuntas adalah harus lebih teratur memberikan pakan sayuran, khususnya daun bayam, dandelion, kubis, daun sawi, dan jagung muda. Pakan sayuran itu jika rutin diberikan setiap hari dapat membantu memulihkan kondisinya.

Adapun untuk pakan bijian yang harus diberikan pada kenari yang sedang bermasalah itu sebaiknya biji-bijian yang berminyak, seperti biji rape (rape seed), biji rami (linseed), dan maw seed /poppy seed. Pakan bijian tersebut dapat membantu meningkatkan kondisi burung sehingga proses mabung yang sempat terhenti itu akan kembali berjalan secara sempurna.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk mendukung perawatan dan pemulihan kenari yang mabung tidak tuntas maupun mabung sebelum waktunya adalah melengkapi diet / pola makan dengan multimineral yang dilarutkan dalam air minumnya. Salah satu produk multimineral yang banyak digunakan kicaumania di Indonesia adalah BirdMineral (produk Om Kicau). BirdMineral (BMN) berisi multi mineral antara lain Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin, Kalium, Vit B12, Vit D3.

Itu dari sisi nutrisi ayau mineral umum, sementara untuk memberi tumbuh kembang yang bagus untuk bulu perlu dilakukan pemberian BirdMoltPre. BirdMoltPre/BMT Pre mengandung protein penumbuh bulu dan memang diracik khusus untuk mendorong pelepasan bulu lama dengan cara menumbuhkan bulu baru, mencegah bulu baru pecah-pecah, kusam dan tumbuh tidak rata.

Selain pemberian pakan utama dan pakan tambahan, pola perawatan lainnya adalah melakukan penjemuran burung di bawah sinar matahari langsung secara teratur. Hal itu dapat membantu proses pemulihan secara lebih cepat. Juga mandi rutin bisa membantu burung meluruhkan bulu-bulu yang sudah tua / rusak.

Demikian tips alternatif untuk mengatasi mabung tidak tuntas pada burung kenari. Tulisan ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang dapat Anda simak di sini:

Mengatasi burung kenari dan finch yang macet mabung

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.