Tips merawat burung cucak keling agar bersuara lantang

Cucak keling yang bertubuh hitam dengan sorot mata merah menyala termasuk salah satu burung masteran yang banyak dicari. Suara kicauannya terdengar cukup tajam, terkadang disertai suara tembakan khas cililin. Tapi tetap saja ada individu cucak keling yang hanya ngeriwik saja dan tak mampu bersuara kencang. Untuk mengatasinya, berikut ini tips merawat burung cucak keling agar bersuara lantang.

Burung cucak keling
Burung cucak keling punya suara lantang dan bagus untuk masteran.

Nama aslinya adalah burung perling kumbang / asian glossy starling (Aplonis panayensis), namun para kicaumania di Indonesia lebih familiar dengan sebutan cucak keling. Burung dari keluarga jalak-jalakan ini mempunyai wilayah persebaran mulai dari wilayah timur India hingga Asia Tenggara.

Cucak keling terdiri atas 14 subspesies / ras, 11 di antaranya bisa dijumpai di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, hingga Sulawesi. Burung ini memiliki suara kicauan yang cukup nyaring dan bisa meniru suara burung lainnya.

Karena kemampuannya itu, cucak keling banyak dipelihara sebagai masteran maupun untuk memancing bunyi. Di alam liar, cucak keling termasuk burung yang sangat cerewet, terutama ketika bersama koloninya. Karena itu, jika cucak keling hanya ngeriwik saja, tentu ada penyebabnya, antara lain:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Burung masih muda. Secara umum, penampilan burung muda sangat berbeda. Bulu-bulunya penuh coretan hitam, terutama tubuh bagian bawah. Pada kondisi tersebut, burung masih dalam tahap belajar berkicau.
  • Burung tidak memperoleh perawatan semestinya atau kurang mendapat perhatian terutama pakan tambahan / extra fooding (EF).
  • Kondisi lingkungan terlalu tenang, atau tidak ada burung lain yang dapat memancingnya untuk bersuara lebih lantang.
  • Terserang penyakit, terutama masalah kutu.
Cucak keling
Di alam liar, cucak keling dikenal sangat cerewet.

Untuk memancing burung cucak keling agar mau mengeluarkan suara lantangnya, berikut ini beberapa solusinya:

  • Melakukan pengembunan secara rutin, sambil memberikan kroto sebanyak 1 sendok teh.
  • Mandikan burung pada pagi hari, setelah itu dianginkan sambil diberikan jangkrik dan ulat hongkong sebanyak 3-5 ekor. Selanjutnya, burung dijemur seperti biasa.
  • Siang harinya, gantung sangkarnya dekat dengan burung peliharaan lain yang rajin bersuara / gacor. Apabila tidak memungkinkan, Anda bia memutarkan suara masteran atau suara burung sejenis (bisa download di sini) untuk memancingnya berkicau.
  • Agar burung lebih terpancing untuk berbunyi kencang, sebaiknya sangkar digantung di tempat cukup ramai sepanjang hari, sebagai salah satu bentuk terapi.
  • Sore harinya, burung kembali diberi jangkrik dan ulat hongkong sebanyak 3 ekor.
  • Sebelum dimasukkan ke dalam rumah untuk beristiharat, berikan kroto sebanyak 1 sendok teh.
  • Malam harinya, burung tidak perlu dikerodong dan digantung berdekatan dengan burung peliharaan lainnya.

Dengan melakukan perawatan secara teratur, maka cucak keling akan makin terpancing untuk mengeluarkan suara kicauannya yang lantang.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.