Rufous-headed robin: Kerabat burung nightingale yang kicauannya mirip robin jepang

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Selama bertahun-tahun rufous-headed robin (Larvivora ruficeps) dianggap sebagai salah satu spesies burung paling langka di dunia. Namun dalam penelitian terbaru yang dilakukan para ilmuwan Chinese Academy of Sciences di Beijing dan Universitas Uppsala (Swedia), ternyata spesies ini tak selangka yang diperkirakan para ahli selama ini.

Burung rufous-headed robin jantan di Provinsi Sichuan, China
Burung rufous-headed robin jantan di Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Sejak ditemukan pertama kali di Provinsi Shaanxi, Tiongkok, tahun 1905, sangat sedikit informasi mengenai spesies burung yang bernama rufous-headed robin ini. Perjumpaan selanjutnya terjadi pada tahun 1963 di Malaysia, lantas tahun 1985 di Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Karena minimnya informasi dan jarangnya perjumpaan, spesies burung ini kemudian dianggap sebagai salah satu jenis burung paling langka di dunia, bersama sejumlah burung lainnya termasuk tokhtor sumatera.

Professor Per Alstroem dari Departemen Ekologi dan Genetik pada Universitas Uppsala dan Pusat Informasi Swedia mengatakan, timnya telah memperkirakan potensi persebaran yang lebih luas dari yang sebelumnya diperkirakan. Persebarannya ini meliputi daerah-daerah yang belum pernah teramati sebelumnya, terutama di daerah-daerah pegunungan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Rufous-headed robin sebenarnya merupakan kerabat terdekat dari burung common nightingale (Luscinia megarhynchos) dan thrush nightingale (Luscinia luscinia). Seperti diketahui, kedua spesies nightingale ini memiliki suara kicauan lantang dan sangat merdu.

Namun berbeda dari nightingale, rufous-headed robin jantan dan betina bisa dibedakan dari penampilan dan warna bulunya. Coba lihat gambar di bawah ini:

Rofous-headed robin jantan (kiri) dan betina yang dapat dibedakan dari penampilannya
Rofous-headed robin jantan (kiri) dan betina dapat dibedakan dari penampilannya.

Sejauh ini belum diketahui mengapa rufous-headed robin menjadi sangat langka. Para ilmuwan yang melakukan penelitian DNA menemukan fakta bahwa rufous-headed robin justru lebih dekat dengan spesies rufous-tailed robin (Larvivora sibilans) yang berbiak di Siberia dan timur-laut Tiongkok daripada dua spesies nightingale asal Eropa.

Mereka juga meneliti secara rinci suara kicauan burung ini dan menemukan fakta bahwa suara kicauannya itu lebih mirip dengan suara ryukyu robin (Larvivora komadori) dari Jepang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kesamaan dalam lagu antara keduanya adalah hasil evolusi pararel, bukan karena kesamaan nenek moyang.

Berikut ini dua variasi suara kicauan burung rofous-headed robin:

  • Suara kicauan rufous-headed robin variasi 1 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan rofous-headed robin variasi 2 | DOWNLOAD

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.