Tips perawatan cucak hijau yang mengalami nyulam terus-menerus

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Biasanya, masa nyulam pada burung cucak hijau berlangsung selama 2 – 3 bulan. Pada saat itu, bulu-bulu tua yang rontok akan segera diganti bulu baru. Namun, ada juga cucak hijau yang mengalami nyulam terus-menerus. Hal ini tentu akan mengganggu penampilannya, sekaligus menyusahkan pemiliknya. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, berikut ini tips perawatan cucak hijau yang mengalami nyulam terus-menerus.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tips mengatasi burung cucak hijau yang nyulam tanpa henti
Tips mengatasi burung cucak hijau yang mengalami nyulam terus-menerus.

Mabung nyulam merupakan hal alami yang biasa terjadi pada sebagian besar burung cucak hijau. Proses nyulam itu bisa berlangsung cukup singkat, tetapi bisa juga terjadi dalam waktu cukup lama, karena sangat bergantung pada perawatan yang diterapkan. Dan, selama itu pula, penampilan burung menjadi kurang maksimal sehingga tak layak untuk dilombakan.

Banyak permasalahan yang bisa terjadi ketika cucak hijau menjalani mabung nyulam, di antaranya nyulam secara terus-menerus dan gagal bulu atau pertumbuhan bulu baru tidak normal / terhambat. Kondisi tersebut tentu tidak hanya mengganggu penampilannya saja, tapi juga dapat membuat burung macet berbunyi.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Untuk mengatasi cucak hijau yang mengalami nyulam terus0menerus, diperlukan pola perawatan yang maksimal, termasuk melengkapi pakan harian secara lebih bervariasi. Beberapa tips berikut ini dapat membantu mengatasi masalah nyulam yang terjadi terus-menerus pada cucak hijau:

1. Rutin melakukan penjemuran

Burung cucak hijau yang mengalami mabung nyulam sebaiknya lebih sering dijemur selama kurang lebih 15 menit setiap hari. Waktu penjemuran yang tepat adalah pagi hari sebelum pukul 09.00. Setelah itu burung dianginkan di tempat sejuk, kemudian dimandikan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

2. Berikan buah-buahan secara bervariasi

Selama mengalami mabung nyulam, berikan pakan buah-buahan secara lebih bervariasi. Misalnya pepaya dan pisang kepok yang diberikan berselang-seling.

3. Kurangi pakan jangkrik

Untuk sementara waktu, pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti jangkrik dikurangi porsinya atau paling banyak 2 ekor jangkrik diberikan pada pagi dan sore harinya.

4. Berikan ulat bambu

Setiap beberapa hari sekali, cucak hijau diberi ulat bambu untuk membantu pemulihan kondisinya.

5. Tambahkan suplemen tertentu

Untuk membantu mengatasi masalah mabung nyulam yang seolah tiada henti itu, pemberian suplemen tertentu sangat diperlukan. Misalnya BirdMolt-Pre yang dapat diberikan untuk membantu agar proses nyulam berjalan sempurna dan tanpa hambatan.

Pada saat pertumbuhan bulu baru, pemberian suplemen bisa dilanjutkan dengan menggunakan BIrdMolt-Post untuk membantu mempercepat pertumbuhan bulu baru, sehingga burung bisa kembali tampil maksimal.

Demikian tips perawatan burung cucak hijau yang mengalami nyulam terus menerus.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.