Aneka pakan olahan berbahan nasi untuk burung peliharaan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Nasi merupakan makanan pokok sebagian masyarakat di Asia, termasuk Indonesia. Bahan pangan ini mengandung karbohidrat sebagai sumber energi. Di mancanegara, ternyata nasi juga digunakan sebagai pakan burung. Biasanya nasi diberikan dengan cara dicampur bersama bahan pakan lainnya. Berikut ini aneka pakan olahan berbahan nasi untuk burung peliharaan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung peliharaan yang sedang menyantap nasi
Burung peliharaan sedang menyantap nasi.

Kicaumania di Indonesia tentu sudah terbiasa memberikan nasi kepada burung peliharaannya. Memanfaatkan nasi sebagai pakan burung sudah lama dilakukan, terutama untuk burung jalak-jalakan dan beo.

Ada anggapan, burung jalak dan beo yang biasa makan nasi akan lebih pandai bicara atau meniru suara manusia. Nasi juga sering diberikan kepada burung serindit.

Bukan hanya di Indonesia, penggemar burung di mancanegara juga sudah lama memberikan nasi kepada burung kesayangannya.

Untuk menambah manfaat bagi burung, nasi biasanya disajikan dalam bentuk pakan olahan yang dicampur bersama bahan pakan lainnya seperti telur rebus, biji-bijian, dan sayuran. Selain dapat meningkatkan stamina, nasi juga bisa menjaga kondisi burung, terutama pada musim dingin / hujan.

Berikut ini beberapa pakan olahan yang berbahan nasi untuk burung peliharaan:

1. Olahan nasi untuk burung parkit, cockatiel, dan lovebird

Untuk menjaga kondisi burung paruh bengkok seperti parkit, cockatiel, dan lovebird, kicaumania di mancanegara memberikan nasi yang dicampur dengan telur rebus. Cara pembuatannya sebagai berikut:

  • Siapkan nasi matang (1 mangkuk kecil) dalam kondisi sudah tidak panas.
  • Rebus 2 butir telur. Setelah matang, buang cangkangnya. Telur dicacah menggunakan sendok sampai menjadi butiran kecil.
  • Campurkan cacahan telur dengan nasi, kemudian aduk hingga merata.
  • Setelah siap, pakan nasi telur dapat diberikan langsung pada burung.

Perlu diperhatikan, pakan harus segera dicabut setelah melewati batas waktu 3-4 jam untuk menghindari basi dan terinfeksi bakteri / jamur.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Salah satu pakan olahan yang menggunakan nasi sebagai bahan utamanya
Salah satu pakan olahan dengan bahan baku utama berupa nasi.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

 

2. Olahan nasi untuk burung kenari

Untuk burung kenari, nasi umumnya diberikan dengan cara dicampur bersama pakan bijian dan sayuran. Adapun cara paling popular adalah mencampur nasi ke dalam pakan racikan egg food yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Olahan voer dan nasi untuk burung jalak

Nasi juga dapat diberikan dengan cara dicampur bersama voer, baik yang kasar maupun halus. Masukkan nasi ke dalam cepuk pakan, lalu dicampur dengan pakan voer. Setelah itu kedua bahan diaduk menggunakan sendok sampai bercampur rata.

Jenis burung yang gemar menyantap olahan voer dan nasi adalah keluarga jalak-jalakan seperti jalak kerbau, jalak nias, beo, dan jalak rio-rio. Bahkan tak jarang pula nasi diberikan secara utuh tampa dicampur voer. Selain burung jalak, nasi utuh juga dapat diberikan pada hampir semua jenis burung paruh bengkok.

Itulah aneka pakan olahan nasi yang bisa diberikan kepada burung peliharaan, semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.