Lovebird Sarap, Khen-Khen, dan murai batu Mutiara Hitam nyeri di Elite-Jagger Jakarta

Lovebird Sarap dan Khen-Khen, serta murai batu Mutiara Hitam, sama-sama nyeri juara 1 dalam Latpres Elite-Jagger Enterprise di Jalan Jagakarsa I, Jakarta Selatan, Rabu (28/12). Cucak hijau Bejo nyaris mengikuti jejak mereka, meski akhirnya harus puas meraih juara 1 dan 2.

Latpres Elite-Jagger Jakarta
Suasana penjurian cucak hijau dalam Latpres Elite-Jagger di Jakarta, Rabu (28/12).

Even yang digawangi duet Om Ubye dan Om Agus Dombret, serta disponsori Elite Indonesia (produsen sangkar Elite) ini berlangsung lancar dan mulus. Panitia membuka 16 sesi yang diikuti sekitar 600 peserta, atau setiap sesi rata-rata diikuti 37-38 ekor burung.

Sebagaimana gelaran di Jabodetabek, tiga kelas selalu diwarnai persaingan ketat, yakni lovebird, cucak hijau, dan murai batu. Bahkan ketiga kelas ini diluberi peserta.

Lovebird dibuka delapan sesi, tiga di antaranya khusus lovebird baby. Pada kelas baby, lovebird Khen-Khen menjadi bintang lapangan dengan menjuarai dua kelas. Gaco milik Om Tile (Holiday Team) ini terbaik di Kelas A, mengungguli Natuna besutan Om Adhe Viscara (Asbac WK) dan Krakatau Stil orbitan Om Oleg (Serdadu BC Depok).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Gelar kedua diraih Khen-Khen di Kelas C. Juara kedua dan ketiga masing-masing lovebird Uka-Uka milik Om Oleg dan Conan koleksi Om Hendra (Kukusan). Kelas B dijuarai lovebird Rawing milik Om Boyem (Pamulang), disusul Ratu kepunyaan Om Izul (Cilandak) dan Barok orbitan Om Azhari (Cermai SF).

Kelas dewasa dimenangi lovebird Sarap. Gaco orbitan Om Uchan / Om Bagir (Duta Valentine) ini memang sedang mengorbit dalam berbagai even di Jabodetabek. Dua kelas berhasil dijuarainya, yakni Elite A dan B.

Bahkan Sarap nyaris saja mencetak hattrick, tapi digagalkan Tessy milik Cak Sis (Komsay) di Kelas Jawara yang tampil sebagai juara pertama. Sarap menempati posisi runner-up, disusul lovebird Tyson milik Om Gozali (Casper SF).

Lovebird Sarap
Lovebird Sarap menjadi ancaman serius, khususnya di Blok Barat.

Kelas Bebas Aksi A dan B masing-masing dijuarai lovebird Samyang kepunyaan Om Bonni N dari Mahesa Ratu SF yang memperkuat Holiday Team, dan Jeniper Lopes milik Om Helmi (Jagakarsa).

Baru kali ini Elite-Jagger Enterprise membuka kelas bebas aksi. Aturannya, burung boleh bergaya apa saja saat bunyi di lapangan. Jadi tidak hanya mesti duduk manis di tangkringan, ngeruji pun boleh.

Om Bagir dan lovebird Sarap
Om Bagir (kanan) tampilkan lovebird Sarap.

Kontestan lainnya yang meraih double winner adalah murai batu Mutiara Hitam milik Om Roni (Jagakarsa Team). Burung ini menyapubersih dua kelas yang dilombakan, yakni Jawara dan Elite Fighter.

Di Kelas Jawara, Mutiara Hitam mengungguli MB Bisma milik Om Danish (Bram SF). Kedua murai ini juga bersaing ketata di Kelas Elite Fighter, dengan hasil yang sama seperti sesi sebelumnya.

Cucak hijau Bejo nyaris mengikuti jejak prestasi lovebird Sarap dan Khen-Khen, serta murai batu Mutiara Hitam. Gaco milik Om Robin (B2C SF) yang hari itu dikawal Om Taufik Kuro dan Om Sandy ini menjuarai kelas utama Jawara.

Cucak hijau Bejo
Cucak hijau Bejo milik Om Robin nyaris double winner.

Posisi kedua dan ketiga ditempati cucak hijau Mahesa milik H Wildan (Kobac Team) dan Anjani besutan Om Nano (Blusukan Team). Namun di Kelas Elite Shampo, Bejo harus puas di peringkat kedua. Kelas ini dimenangi Raja Tembak milik Om Gino (Kicau Alam), sedangkan Anjani kembali di posisi ketiga.

Cucak hijau Bejo bukanlah burung kemarin sore. Jawara lawas ini sudah berkali-kali berpindah majikan, mulai dari Om Fredy, hingga Om Hery dan akhirnya Om Robin. Prestasinya juga sudah seabrek.

Om Taufik Kuro dan Om Sandy
Om Taufik Kuro (kanan) dan Om Sandy sukses kawal cucak hijau Bejo.

Materi isiannya terdiri atas tembakan cililin dan kapas tembak, dengan tonjilan lovebird. “Cucak hijau Bejo sering juara, prestasinya stabil terus,” tutur Om Sandy dan Om Taufik Kuro.

Gaco lawas lainnya yang tetap stabil di jalur juara adalah kenari Zepplin milik Mr Gun (Rumah Burung). Burung ini tampil sebagai juara 1, disusul kenari Junet milik Family Celjl (Sadar) dan Amboradoel besutan Om Wildan.

Kenari Zepplin
Kenari Zepplin stabil di jalur juara.
Mr Gun dan kenari Zepplin
Mr Gun, pemilik kenari Zepplin.

Latpres kali ini berbeda dari gelaran sebelumnya. Panitia memberikan bonus berupa dana tambahan kepada juara 1 yang burungnya menggunakan sangkar Elite. Ternyata ada peserta yang beruntung hari itu, yakni lovebird Rawing milik Om Boyem (Pamulang) dan kacer Aspal milik Om Hery (Depok).

Lovebird Rawing
Lovebird Rawing dapat bonus karena juara 1 dan pakai sangkar Elite.
Kacer Aspal
Kacer Aspal juga dapat bonus karena gunakan sangkar Elite dan juara 1.

Mewakili seluruh kru panitia dan tim juri, Om Ubye mengucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasi rekan-rekan kicaumania. “Kami tunggu dalam latber rutin setiap Rabu dan Sabtu di lapangan ini. Pokoknya, setiap juara pertama yang burungnya menggunakan sangkar Elite, kami akan memberikan bonus spesial,” tandasnya. (d’one)

Selanjutnya, baca Daftar Juara Latpres Elite-Jagger Enterprise (klik saja).

Om Ubye Elite-Jagger
Om Ubye (kiri), punggawa Jagger Enterprise.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.