Tips sederhana melatih mental burung cendet agar siap gantang

Melatih mental cendet agar selalu siap gantang / lomba dapat dilakukan sejak burung mulai menunjukkan tanda-tanda kegacoran atau rajin berbunyi. Pada kondisi tersebut cendet telah memasuki umur mapan sehingga pelatihan secara konsisten dapat mengasah dan meningkatkan mentalnya. Berikuti ini tips sederhana melatih mental burung cendet agar siap gantang.

melatih mental cendet
Tips sederhana melatih mental burung cendet.

Cendet termasuk jenis burung yang sangat aktif. Beberapa cendet muda kerap berperilaku buruk, terutama apabila tidak mendapat perawatan semestinya. Namun setelah beranjak dewasa / cukup mapan, cendet akan menjadi lebih tenang dan makin rajin berbunyi.

Apabila sudah berumur mapan, biasanya cendet akan lebih rajin bunyi. Saat itulah Anda bisa memutuskan, apakah burung hanya untuk hiburan di rumah, atau disiapkan sebagai burung lomba. Jika mau dijadikan burung rumahan, tentu perawatan hariannya harus lebih ditingkatkan. Apabila disiapkan ke lapangan, maka mentalnya harus dilatih dulu.

Lomba burung berkicau Warehouse BnR Cup Jogja
Suasana lomba di kelas cendet: Selain materi, dibutuhkan juga mental yang bagus,

Melatih mental burung cendet agar selalu siap gantang dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yang sederhana, tanpa proses yang rumit. Cara sederhana ini dianggap cukup efektif dan tidak menyita banyak waktu, sehingga bisa menjadi alternatif bagi kalangan cendet mania di Indonesia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini tips sederhana melatih mental cendet agar siap gantang:

  • Selama 1 -2 hari, biasakan menggantung sangkarnya di tempat cukup ramai, menggunakan dobel kerodong / kerodong ganda. Penggunaan dobel kerodong dimaksudkan agar burung lebih terbiasa mendengar suara-suara ramai dan berisik.
  • Setelah beberapa hari, salah satu kain kerodong diangkat sehingga menyisakan kerodong yang tranparan.
  • Setelah terapi kerodong, tahap selanjutnya adalah menggantung sangkar selama beberapa hari di tempat yang ramai tersebut dengan ketinggian sebahu. Tujuannya agar membiasakan burung dengan suasana hiruk-pikuk keramaian, serta melatih mentalnya agar lebih siap.
  • Pada siang hari, sangkar digantung di tempat tenang dan sejuk. Setelah itu, putarkan audio cendet lain yang gacor dengan volume sedang. Lakukan pemutaran audio selama beberapa menit.
  • Sore harinya, burung dijemur atau digantung di tempat biasa, sambil diputarkan audio cendet lain yang gacor dengan volume yang kencang. Lakukan pemutaran audio tersebut selama beberapa menit.
  • Lakukan proses pemutaran audio itu selama beberapa hari. Selama itu pula, jangan lupakan perawatan harian lainnya seperti pengembunan dan pemberian pakan seperti biasanya.

Dengan menerapkan cara-cara pelatihan seperti itu, cendet akan memiliki mental yang lebih bagus, sehingga selalu siap gantang. Namun perlu diperhatikan, pelatihan tersebut tidak sesuai untuk burung yang masih berumur muda / bakalan.

Baca juga artikel Melatih mental cendet sejak masih anakan / muda.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.