Apa yang harus dilakukan jika melihat bercak darah pada bulu dan kaki burung, serta tenggeran dan dasar sangkar?

Dengan akal dan fikirannya, manusia dengan mudah bisa melakukan pertolongan pertama pada diri sendiri maupun orang lain tatkala mengalami perdarahan pada bagian tubuh seperti kulit. Bahkan apabila bercak darah cuma sedikit pun, kita tetap bisa melihatnya. Lain halnya jika yang mengalaminya adalah burung kicauan. Mau tak mau, pemilik / perawat yang harus segera memberi pertolongan. Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan ketika melihat bercak darah pada bulu dan kaki burung, serta tenggeran dan dasar sangkar?

Burung yang lemah karena keracunan darah
Burung terlihat lemah setelah mengalami luka, infeksi, dan keracunan darah.

Kalau sobat kicaumania menemukan bercak darah yang menempel pada bulu, kaki, dasar sangkar, dan tenggeran, maka tugas pertama adalah mencari sumber lukanya dengan segera.

Perdarahan di bagian kaki lebih mudah dilihat sumbernya daripada bercak darah di bulu. Pasalnya, kita memang harus menelisiknya bagian-bagian yang tertutup bulu, yakni kulit tubuh burung.

Jika sumbernya sudah ditemukan, Anda bisa mengobatinya dengan BirdCream yang mengandung antiseptik luka. Apabila kesulitan mendapatkan BirdCream, Anda juga bisa menggunakan antiseptik yang biasa digunakan pada manusia, misalnya Betxxxne.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pertolongan pertama terhadap perdarahan pada burung sangat penting, terutama untuk mencegah keracunan darah akibat luka yang terinfeksi kuman seperti bakteri, jamur, dan parasit.

Selain pertolongan pertama melalui pengobatan yang tepat, perkembangan infeksi juga dapat dihambat dengan cara paling sederhana, yaitu menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Ini dapat dilakukan dengan cara teratur dan berkala membersihkan sangkar dan perlengkapannya mengggunakan desinfektan khusus seperti FreshAves yang sudah dipercaya ribuan kicaumania di Indonesia.

Apakah itu keracunan darah?

Salah satu bahaya terbesar membiarkan perdarahan pada burung adalah munculnya infeksi bakteri, parasir, serta jamur. Sebab jika terlambat dalam menanganinya, burung mudah sekali mengalami keracunan darah (sepsis) yang disebabkan adanya infeksi tersebut, sehingga akan mempengaruhi fungsi seluruh organ dan jaringan tubuh.

Jika terlambat ditangani, akibatnya pun bisa sangat fatal. Meski hingga kini belum ada obat ampuh untuk mengatasi keracunan darah, penyakit ini masih bisa dicegah dengan melakukan perawatan rutin dan teratur.

Keracunan darah dapat terjadi ketika agen penyakit seperti bakteri, jamur, dan parasit menginfeksi tubuh burung melalui peradangan maupun luka kecil. Infeksi dapat menjangkau setiap bagian tubuh dan menyebabkan inflamasi sistemik. Akhirnya, burung yang terinfeksi makin melemah karena banyak fungsi tubuh yang terganggu.

Beberapa gejala umum yang bisa terlihat ketika burung mengalami keracunan darah, antara lain:

  • Tubuh burung makin melemah.
  • Terjadi kerusakan / kematian jaringan dalam tubuh.
  • Penurunan darah beku.
  • Stres / trauma.
  • Burung menjadi kurang aktif, dengan bulu-bulu sering dikembangkan.
  • Burung berhenti berkicau.
  • Burung di kandang penangkaran akan berhenti berproduksi.

Sebagian besar kasus keracunan darah pada manusia bisa segera ditangani, karena luka infeksi mudah terlihat. Tapi pada burung sangat sulit dideteksi, lantaran luka-lukanya tersembunyi atau tertutup bulu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kondisi burung ketika muncul gejala-gejala seperti di atas.

Intiknya, ketika Anda menemukan bercak darah yang menempel pada bulu, kaki, dasar sangkar, dan tenggerannya, maka segera cari sumber lukanya dan obati dengan BirdCream.

Kaki burung menjadi hitam dan tidak bisa digunakan akibat kerusakan jaringan
Kaki burung menjadi hitam dan tidak bisa digunakan akibat kerusakan jaringan.

Keracunan darah yang terlambat ditangani bisa memunculkan beragam masalah pada burung yang terinfeksi. Salah satunya adalah kematian jaringan pada bagian tubuh tertentu. Sebagian besar kondisi tersebut terjadi di bagian kaki burung, dengan ciri-ciri kaki yang tidak dapat digunakan serta berwarna hitam akibat jaringan yang mati. Jika hal ini yang terjadi, maka solusi terbaik untuk mencegah tingkat infeksi yang lebih parah adalah amputasi.

Itulah bahayanya jika kita tidak segera memberi pertolongan pertama pada burung yang mengalami perdarahan, dan kerap lalai dalam memantau kondisi burung sehari-hari. Jangan abaikan bercak darah sekecil apapun pada kaki, bulu, sangkar, dan tenggerannya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. om kicau.com untuk obat bird cream bisa didapat dimana ! trus mau tanya jika kaki burung bengkak seperti bubulan juga bisa diobati pakai ini trus ada artikel seperti ini menyarankan memakai minyak batu ?dah ditanya diapotik tidak tahu pertanyaannya apa itu minyak batu ? jika benar ada apa itu dan dimana bisa didapat ……trims salam kicau mania

    • Bisa dibeli secara online Om.

      Untuk cara beli online bisa dilakukan dengan mentransfer uang senilai barang yang dibeli ke Mandiri Kartasura a.n. Ardiastuty 138 000 7057 065 atau BCA KARTASURA A.N ARDIASTUTY 393 0266 174 atau BRI Kartasura a.n Ardiastuty 0182-01-023745-50-4.

      Untuk minyak batu itu, Om mendapat referensi dari artikel di mana ya?

      Setelah itu SMS-kan pengiriman ke nomor 085 7273 91224.SMS berisi pemegang rekening pengirim, dikirim ke rekening apa (BCA atau Mandiri), jumlah uang, barang yang dipesan, nama + alamat lengkap , DAN NOMER TELEPUN penerima barang. Ongkos pengiriman (ongkir) P Jawa Rp. 20.000, luar P Jawa (selain Sulawesi, Maluku, Papua dan sekitarnya) Rp. 25.000; ongkir ke wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan sekitarnya bisa ditanyakan lewat telepun atau SMS ke 085727391224.

Komentar ditutup.