Kea, burung parrot unik dari Selandia Baru yang dijuluki badut gunung

Selama ini parrot atau burung paruh bengkok dikenal karena kecerdasannya. Tetapi burung kea termasuk parrot unik. Pasalnya, burung yang berasal dari Selandia Baru ini kerap berbuat iseng dan mengganggu warga, termasuk wisatawan. Sebagian orang menjulukinya sebagai “the clown of the mountains” alias si badut gunung.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung kea (Nostur notabilis)
Burung kea (Nostur notabilis) suka berbuat iseng serta mengganggu warga dan wisatawan.

Kea (Nostur notabilis) adalah spesies burung bertubuh besar. Panjang tubuhnya bisa mencapai sekitar 48 cm. Bulu-bulunya berwarna hijau-zaitun dengan bentuk paruh panjang melengkung. Kea termasuk burung asli Selandia Baru dan merupakan satu-satunya jenis burung paruh bengkok yang ditemukan di kawasan Alpine.

Bagi penduduk Selandia Baru, khususnya yang bermukim di wilayah Alpine, jenis parrot ini cukup popular. Namun kepopuleran kea bukan sebagai hewan peliharaan, atau karena suaranya yang melengking tajam, tapi justru karena ulah isengnya yang suka mengganggu.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Bahkan beberapa tahun lalu, burung ini sempat menghebohkan dunia setelah mencuri uang ribuan dollar milik turis Skotlandia yang disimpan dalam mobilnya.

Burung kea yang mencuri lalu merusak ransel milik wisatawan
Kawanan burung kea mencuri dan merusak ransel milik wisatawan.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Ulah iseng lainnya adalah menimpuki atap tenda para pelancong dengan batu atau merusak kendaraan lalu mencuri benda-benda milik wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Para turis, meski merasa terganggu, tidak bisa berbuat apa-apa karena parrot ini telah ditetapkan sebagai burung dilindungi sejak tahun 1970.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berbeda dari jenis parrot lainnya yang mengkonsumsi biji-bijian sebagai pakan utamanya, kea justru memiliki sifat omnivora. Burung ini akan memakan lebih dari 40 jenis tumbuhan, serangga, dan binatang lainnya seperti burung, kelinci, bahkan domba.

Papan peringatan
Papan peringatan mengenai pelestarian burung kea | By Andrewgprout – Own work, CC BY-SA 4.0 (Wikimedia Commons)

Ditetapkannya kea sebagai spesies burung dilindung adalah karena perilaku penduduk setempat yang sejak tahun 1869 hingga 1907 kerap memburu dan membunuhnya. Pembantaian besar-besaran terhadap burung kea terjadi karena ulah burung ini yang kerap merusak ladang dan menyerang domba peliharaan warga

Itulah keunikan burung kea yang cukup dikenal di dunia dengan julukan the clown of the mountains atau si badut gunung. Indonesia juga mempunyai beberapa spesies burung unik yang cukup menarik untuk disimak, misalnya burung namdur yang gemar mengoleksi berbagai benda.

Burung namdur, yang jantan unik betina matre

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.