Breeding murai batu Aa Aa BF: Indukan eks jawara, produknya laris-manis di pasaran

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Tiga tahun silam, tim Aa Aa BC asuhan H Aris Margono sukses bersama lovebird Dewa Mabuk yang melegenda. Tim ini juga sering moncer di kelas murai batu. Jagoan terbarunya, R Vampir, menjuarai even Road to Bang Boy Cup 1 di TMII Jakarta, 8 Januari lalu.

Breeding murai batu Aa Aa BF
H Aris Margono memantau trotolan murai batu sebelum dipasarkan.

Om Aris Margono tidak hanya sukses sebagai pemain saja. Dia juga eksis di penangkaran murai batu dengan nama Aa Aa BF. Farm atau kandang penangkarannya berada di Bojonegoro yang merupakan kampung halaman Om Aris.

Adapun pemasarannya dikendalikan dari Jakarta, terutama untuk melayani para pembeli dan kolega yang umumnya juga rekan-rekan sesama pemain lomba di Jabodetabek. Kendati demikian, Aa Aa BF melayani pula para pembeli dari luar Jabodetabek.

Sebelum moncer bersama R Vampir, Aa Aa BC sejatinya kerap mengorbitkan murai batu-murai batu jawara. Misalnya R Hud Hud yang kini menjadi salah satu materi indukan di kandang penangkaran Aa Aa BF.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Saat ini Aa Aa Bird Farm memiliki 12 pasangan murai batu yang sudah aktif produksi. Seluruh induk jantan merupakan murai batu milik Om Aris yang pernah memenangi even-even di Jabodetabek.

“Kalau murai batu sudah sering juara dan saatnya pensiun, langsung saya kirim ke Bojonegoro untuk menambah materi indukan. Anakan yang sudah berumur dua bulan, atau sudah bisa makan sendiri, kemudian dikirim dari sana ke Jakarta untuk dipasarkan,” jelas Om Aris yang mukim di Jatiwaringin, Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Om Aris: Murai batu eks jawara dijadikan indukan.

Meski jumlah pasangan induknya tidak sebanyak penangkar-penangkar besar lainnya, tetapi kualitas trotolan murai batu hasil breeding Aa Aa BF tidak perlu diragukan lagi. Setelah dewasa, banyak yang berprestasi di lapangan.

Tak heran jika Om Aris sering kewalahan melayani permintaan para pembeli. Soalnya begitu panen, sudah banyak yang memesan terlebih dulu. Harga trotolan murai batu bervariasi, mulai dari Rp 4,5 juta hingga Rp 7 juta per ekor.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Murai batu R Vampir, maskot dan amunisi andalan Aa Aa BC.

Konstruksi kandang ternak murai batu Aa Aa BF

Kandang ternak murai batu Aa Aa BF di Bojonegoro tertata rapi. Setiap petak kandang memiliki ukuran panjang 3 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 2,5 meter.

Rangka kandang terbuat dari bahan aluminium, sedangkan dinding depannya dilapisi kawat ram. Adapun dinding belakang serta samping kiri dan kanan terbuat dari batako yang disemen.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Kandang penjodohan calon induk.

Separo bagian atas kandang ditutup dengan fiber dan asbes, namun separo lainnya bersifat terbuka (hanya ditutup kawat halus / strimin). Untuk meredam panas, sebagian lantai kandang dipleseter, kemudian dilapisi pasir. Bagian depan kandang dibuatkan taman kecil dengan pepohonan di dalam pot.

Di dalam kandang tersedia bak mandi. Selain itu, ada dua sarang yang berbeda model sarang, yakni boks triplek dan buah kelapa yang dilubangi. Kedua sarang ditempatkan di pojok atas kandang, agar induk bisa memilih sendiri sarang yang disukainya.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Kandang ternak murai batu Aa Aa BF di Bojonegoro: Sering melahirkan murai jawara.

Fasilitas lain di dalam kandang ternak adalah saluran air yang ditempatkan di atas lantai kandang dan dihubungkan baik mandi. Dengan demikian, air mengalir rutin ke bak mandi sehingga selalu terjaga kebersihannya.

Bagaimana dengan kebutuhan nutrisinya? Setiap pasangan murai batu rutin diberi extra fooding (EF) berupa jangkrik dan kroto. Jangkrik diberikan sebanyak-banyaknya dan ditempatkan di dalam bak plastik. Cacing tanah juga diberikan sebagai selingan.

Kru Aa Aa BF biasanya memanen piyikan murai batu jika sudah berumur 7 hari, ditempatkan dalam boks khusus yang dilengkapi dengan lampu penghangat. Pemasangan ring dilakukan pada umur 2 minggu, dengan kode Aa Aa BF dan BnR Community.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Trotolan murai batu produksi Aa Aa BF.

Setelah berumur dua bulan, atau sudah bisa makan sendiri, trotolan murai batu dikirim ke Jakarta untuk dipasarkan. “Biasanya dalam hitungan hari, trotolan murai batu sudah ludes diboyong para pemain di sini,” tutur Om Aris.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Trotolan murai batu siap dikirim ke Jakarta.
Breeding murai batu Aa Aa BF
Trotolan murai batu tiba di Jakarta dan siap dipasarkan.

Laris-manisnya produk Aa Aa BF bukan semata karena materi indukannya merupakan murai batu eks jawara, tetapi juga karena sudah banyak produknya anakan yang berprestasi di berbagai even, baik di Jabodetabek maupun di luar kota.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Begitu tiba di Jakarta, trotolan murai batu produksi Aa Aa BF langsung diserbu pembeli.

Jadi, jika Anda ingin mencoba murai batu produksi Aa Aa BF, silahkan mampir ke rumah Om Aris atau kontak beliau terlebih dulu. Kalau stok habis, Anda juga bisa memesan atau indent. (d’one)

Aa Aa Bird Farm

Alamat lengkap dan nomor kontak, klik di sini.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.