Beragam manfaat oyong untuk kenari dan burung pemakan bijian

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Oyong atau gambas (Luffa acutungula) merupakan tanaman sayuran. Bagian daging buahnya sering diolah menjadi sayuran yang menyegarkan. Di tangan beberapa kicaumania, oyong juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu pakan tambahan / extra fooding (EF) bagi kenari dan burung pemakan bijian lainnya. Untuk mengulas lebih lanjut, berikut ini beragam manfaat oyong untuk kenari dan burung pemakan bijian.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Oyong juga memiliki banyak manfaat untuk kenari dan burung pemakan bijian.

Meski oyong termasuk jenis buah, masih banyak orang menganggapnya sebagai sayuran. Buah berkulit keras serta berwarna hijau ini dipercaya memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan manusia. Rasanya yang lezat membuat oyong banyak dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Selain dikonsumsi manusia, oyong juga banyak dimanfaatkan para kicaumania sebagai EF untuk burung pemakan bijian seperti kenari, finch, parkit, dan lovebird. Kandungan gizinya sangat baik untuk dikonsumsi burung, seperti terlihat pada tabel berikut ini:

Kandungan nutrisi buah oyong / gambas per 178 gram

Kandungan nutrisi oyong. Sumber: USDA
Sumber: USDA

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sebelum diberikan kepada burung, sebaiknya oyong dibersihkan terlebih dulu dengan air bersih. Setelah dipotong dalam ukuran kecil, kemudian digantung dalam sangkarnya. Meski bagian kulit luarnya cukup keras, namun daging buahnya yang berwarna putih itu cukup lembut sehingga mudah dicerna oleh burung.

Manfaat oyong untuk kenari dan burung pemakan bijian

Secara umum, oyong lebih banyak dimanfaatkan kicaumania sebagai pakan tambahan untuk kenari, terutama yang kerap dilombakan. Pemberian oyong dapat membantu meningkatkan birahi burung sehingga lebih rajin berkicau.

Selain itu, oyong juga bisa digunakan dalam penangkaran burung, terutama burung indukan yang sedang merawat anak-anaknya. Kandungan nutrisinya dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan anakan burung hingga dewasa.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Masih banyak manfaat lain dari buah oyong untuk burung peliharaan, yakni:

  • Sebagai antioksidan
    Kandungan vitamin C yang terdapat dalam oyong dapat menjadi antioksidan yang bermanfaat menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit akibat radikal bebas.
  • Membantu mengatasi gangguan / radang tenggorokan
    Oyong juga dapat membantu mengatasi masalah burung yang mengalam gangguan / radang tenggorokan.
  • Menajamkan penglihatan burung
    Oyong dapat meningkatkan atau menajamkan penglihatan burung, karena kaya kandungan vitamin A.
  • Obat cacingan
    Tidak hanya itu, oyong juga mengandung senyawa yang bisa mengatasi cacing yang bersarang pada saluran / organ pencernaan burung.
  • Mengatasi kegemukan
    Kegemukan bisa menyebabkan burung kurang aktif dan malas berkicau. Pemberian oyong secara rutin bisa menjadi terapi penurunan berat badan pada burung yang mengalami obesitas / kegemukan.
  • Mengatasi gangguan pernafasan
    Gangguan pernafasan yang dialami burung pun dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsi buah ini setiap hari.

Bahkan, oyong juga dapat memberi serangkaian manfaat pada burung kicauan seperti berikut ini:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan stamina dan menjadi sumber tenaga untuk tubuh.
  • Membantu menyehatkan kulit dan bulu dari dalam.
  • Membantu menyehatkan organ pencernaan.

Manfaat dan khasiat oyong telah lama dibuktikan para kicaumania yang rutin melombakan burung kesayangannya. Kendati demikian, pemberian oyong sebaiknya tetap disesuaikan dengan keperluannya. Jika hanya sekadar untuk menjadikan burung lebih rajin bunyi, maka pemberian oyong sebaiknya dibatasi atau tidak berlebihan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.