Breeding murai batu Falcon BF Sukabumi: Fokus ke kualitas, bukan kuantitas!

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Selain memiliki mitra binaan di Sumatera, Bali, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, Om Johan Shia (Leuser Bird Shop Pekanbaru) juga menjalin kemitraan dengan penangkar murai batu di Jawa Barat, tepatnya di Kota Sukabumi. Breeder tersebut adalah Om Fajar Rajasa, pemilik Falcon BF Sukabumi.

Breeding murai batu Falcon BF Sukabumi
Om Fajar Rajasa di depan kandang penangkaran murai batu Falcon BF Sukabumi.

Karena kesibukannya sehari-hari sebagai pejabat di Pemerintah Kota Sukabumi, Om Fajar Rajasa belum bisa mengoleksi pasangan indukan dalam jumlah banyak.

Saat ini baru ada delapan petak kandang ternak. Dari jumlah tersebut, baru lima petak kandang yang sudah terisi pasangan induk, tiga di antaranya sudah aftif berproduksi.

Breeding murai batu Falcon BF Sukabumi
Pasangan induk murai batu koleksi Falcon BF Sukabumi

“Tidak banyak memang, karena saya lebih mengedepankan kualitas ketimbang kuantitasnya. Sedikit tapi mampu mencetak anakan berkualitas hebat. Itu cita-cita saya dalam membangun penangkaran murai batu,” ujar Om Fajar Rajasa yang kini menjadi Camat Gunung Puyuh, Kota Sukabumi.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Beberapa materi induk jantan dipasok Om Johan Shia, termasuk L-300 yang lebih dikenal dengan nama Taipan. Om Fajar berharap, Taipan bakal menjadi basic blood andalannya.

Breeding murai batu Falcon BF Sukabumi
Murai batu Taipan (L-300) jadi materi induk unggulan.

Mengenai ungkapan “sedikit tapi mampu mencetak anakan berkualitas hebat”, Om Fajar juga bukan sekadar ngecap. Dia telah membuktikannya lewat prestasi murai batu Camat hasil ternak sendiri.

Burung ini beberapa kali moncer di lapangan, termasuk menjadi runner-up di kelas bergengsi dalam even Gebyar Benglap di Sukabumi, 27 November 2016. Saat itu umurnya baru 18 bulan. Kini MB Camat sudah dibeli salah seorang pemain di Blok Barat.

Dengan jumlah indukan yang sedikit, Om Fajar dan kru kandang bisa lebih maksimal lagi dalam merawat anakan sejak menetas hingga siap dipasarkan maupun diorbitkan. Sebab diburuhkan kesabaran terus-menerus untuk bisa menghasilkan murai batu yang hebat. (d’one)

Breeding murai batu Falcon BF Sukabumi
Trotolan produksi Falcon BF Sukabumi.
Breeding murai batu Falcon BF Sukabumi
Beberapa burung master andalan koleksi Falcon BF Sukabumi.

FALCON BF SUKABUMI

(penangkaran murai batu bahorok)

Alamat lengkap dan nomor kontak, klik di sini.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.