Ragam olah nafas untuk melatih lovebird agar bersuara ngekek panjang: Mulai cara sederhana sampai ekstrem!

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Lovebird dengan suara ngekek panjang tentu sangat diidam-idamkan para pemiliknya. Bahkan agar momongannya dapat memiliki suara ngekek dengan durasi lama, beberapa kicaumania memberikan latihan “olah nafas”. Caranya pun bermacam-macam. Berdasarkan hasil pantauan omkicau.com, berikut ini ragam olah nafas untuk melatih lovebird agar bersuara ngekek panjang.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Melatih olah nafas pada lovebird umumnya dilakukan agar burung nantinya memiliki suara kicauan dengan durasi lebih panjang daripada biasanya. Lovebird yang bersuara ngekek panjang tidak hanya berpeluang moncer di arena lomba, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai burung master.

Beragam cara atau metode pun dilakukan para lovebird mania agar gaconya bisa ngekek panjang, mulai dari cara yang sederhana hingga cara-cara yang tergolong ekstrem.

Boleh jadi, metode olah nafas akan menimbulkan kontroversi / perbedaan pendapat, terutama soal efektivitasnya. Sama seperti kalau kita membahas soal efektivitas penggunaan kandang umbaran (polier) untuk murai batu, kacer, dan beberapa jenis burung kicauan lainnya.

Di sini omkicau.com sekadar memaparkan fakta mengenai cara-cara yang dilakukan sebagian lovebird mania dalam melatih burungnya melalui olah nafas. Jadi, mohon untuk tidak diperdebatkan (fakta kok diperdebatkan, he.. he..).

Berikut ini beragam cara melatih olah nafas yang dilakukan oleh beberapa kicaumania dalam melatih lovebirdnya, dengan tujuan bisa memperpanjang durasi ngekeknya:

1. Melatih lovebird dalam kandang umbaran

Lovebird di kandang umbaran
Memberi kesempatan lovebird leluasa bergerak di kandang umbaran.

Melatih stamina serta pernafasan lovebird menggunakan kandang umbaran termasuk salah satu cara paling umum dilakukan para kicaumania di Indonesia. Kendati masih ada pro-kontra terkait efektivitasnya, banyak kicaumania yang menganggap kalau mengumbar burung dengan cara yang tepat bisa menjadikan lovebird memiliki nafas lebih panjang, sehingga bisa memperpanjang pula suara ngekeknya.

2. Mengumbar lovebird dalam ruangan

Metode ini berbeda dari mengumbar burung di kandang umbaran. Di sini, Anda bisa mengumbar burung di dalam ruangan, untuk memberikan ruang terbang yang cukup luas: lebih luas daripada di kandang umbaran.

Lepaskan lovebird dalam sebuah kamar yang telah tertutup rapat dan disediakan beberapa benda sebagai tempat bertenggernya.

Mengumbar lovebir di dalam ruangan
Mengumbar lovebird di dalam ruangan.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Namun perlu juga diperhatikan keamanan dan keselamatan burung itu sendiri. Karena dalam banyak kasus, burung terlalu bersemangat terbang sehingga malah menabrak dinding tembok atau jendela kaca.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk itu, sebelum melakukan metode ini, jauhkan benda-benda yang berbahaya. Anda juga bisa menutup jendela atau cermin dengan kain.

3. Melatih lovebird berenang

Salah satu metode yang sedang ngetren dalam beberapa bulan terakhir ini adalah melatih lovebird berenang dalam sebuah ember / wadah berisi air. Cara ini mungkin terbilang ekstrem. Tujuannya tak lain supaya lovebird memiliki nafas yang lebih panjang daripada sebelumnya.

Lovebird yang dilatih dalam wadah berisi air
Lovebird ketika dilatih dalam wadah berisi air.

Dalam hal ini, tubuh lovebird dicelupkan dalam sebuah wadah berisi air, dan biarkan burung berenang di dalamnya. Namun cara-cara seperti ini sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan, dengan pertimbangan air bisa masuk ke dalam rongga hidung lovebird dan dapat menyakitinya. Meski begitu, masih banyak kicaumania yang melakukannya demi mendapatkan apa yang diinginkannya.

4. Melatih nafas dengan cara mandi semprot

Mandi semprot
Mandi semprot juga bisa melatih nafas lovebird.

Mandi semprot juga menjadi salah satu cara melatih olah nafas lovebird. Cara ini dianggap paling aman, terutama dibandingkan dengan metode berenang. Cara mandi semprot yang benar adalah sebagai berikut:

  • Pada pagi hari, lovebird disemprot hingga basah kuyup dengan menggunakan hand-sprayer, dengan setingan halus. Setelah itu, burung dijemur hingga pukul 10.00.
  • Siang harinya, burung kembali disemprot hingga basah kuyup, lalu dijemur hingga pukul 12.00.
  • Setelah itu, lovebird dipindahkan ke tempat biasa / teduh. Biarkan burung beristirahat atau bisa juga dimaster hingga sore hari.
  • Lakukan terapi ini secara rutin setiap hari sampai terlihat perkembangannya.

Itulah beberapa metode yang dilakukan kicaumania dalam melatih olah nafas lovebird agar memiliki nafas dan suara ngekek yang lebih panjang.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.