Pengembunan rutin kunci utama perawatan kacer

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sebagai burung yang memiliki sifat agresif, kacer membutuhkan perhatian ekstra dalam perawatannya, mulai dari pemenuhan kebutuhan nutrisinya (pakan utama dan extra fooding), hingga mandi, jemur, dan pengembunan secara rutin. Pengembunan rutin termasuk kunci utama perawatan kacer agar performanya bisa stabil.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Manfaat pengembunan untuk membuat kacer tetap stabil
Pengembunan bisa membuat penampilan burung kacer tetap stabil.

Bagi burung kicauan, pengembunan adalah proses membiarkan burung untuk menghirup udara bebas pada waktu fajar atau sebelum matahari terbit. Tahapan ini biasa dilakukan kicaumania untuk menjadikan momongannya tetap sehat dan lebih rajin berbunyi. Udara pagi hari yang masih bersih dan segar bisa menjadi salah satu bentuk terapi yang sangat baik untuk menjaga kondisi burung.

Kacer dikenal sebagai burung yang memiliki sifat teritorial dan sangat agresif. Perawatan yang kurang tepat dapat membuat kacer mengalami over birahi dan / atau perubahan karakter. Kalau burung kacer yang kerap dilombakan memiliki birahi dan emosi yang berubah-ubah, pasti penampilannya kurang maksimal di lapangan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Karena itu, penting sekali menjaga kestabilan birahi dan emosinya, sehingga burung selalu dalam kondisi siap lomba. Selain mengatur pakan tambahan / extra fooding (EF), pengembunan menjadi kunci utama yang dapat membantu menjaga kondisinya tetap stabil.

Lihat pula Manfaat pengembunan untuk burung kicauan

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Banyak kicaumania, terutama pemain lomba, yang menjaga kondisi kacernya dengan melakukan pengembunan tiap hari. Bagi mereka, pengembunan menjadi pembuka rawatan hariannya. Setelah matahari terbit, perawatannya pun mulai diterapkan sesuai dengan kebiasaan masing-masing.

Berikut ini beberapa tips pengembunan agar burung kacer selalu dalam kondisi sehat, aktif, dan lebih rajin berbunyi.

  • Keluarkan kacer setiap pagi untuk pengembunan. Selama pengembunan, sangkarnya digantang pda tempat yang mudah terpantau dan akan terkena sinar matahari langsung ketika terbit.
  • Setelah matahari terbit, berikan pakan tambahan (EF) seperti jangkrik dengan porsi sesuai dengan kebiasaan (setelan) selama ini.
  • Selanjutnya, kacer dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup, atau boleh juga menggunakan bak / karamba mandi. 
  • Setelah dianginkan sebentar, kacer dijemur di bawah sinar matahari langsung dengan durasi sekitar 1 jam atau disesuaikan dengan kondisi cuaca saat itu.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.