DnA Murai Farm (Bagian 5-Terakhir): Berharap cetak murai batu ekor panjang motif balak secara stabil

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Melihat dua kali percobaan inbreeding yang dilakukan DnA Murai Farm, harus diakui harapan mencetak murai batu ekor panjang dengan motif balak ini belum sepenuhnya maksimal, lantaran masih didominasi ekor putih / white-tail (WT). Karena itu, Om Arie dan Om Deni RMB akan terus berusaha semaksimal mungkin, sampai harapan tersebut tercapai.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

DnA Murai Farm
Om Deni RMB (kiri) dan Om Arie (tengah) bersama Om Herry IP, pelatih ganda putra Pelatnas PBSI yang juga penggemar sejati murai batu.

Salah satu cara yang ditempuhnya adalah mengawinkan murai batu ekor balak dengan induknya sendiri (F1 Line Breed), dengan harapan anakan yang dihasilkan memiliki ekor yang dominan balak, dengan panjang ekor melebihi induknya saat ini.

Saat ini, DnA Murai Farm sudah mencoba mengawinkan Adventure dengan anaknya sendiri, Naomi atau Adventure Jr-005. Sebelumnya Adventure dikawinkan dengan betina Queen yang tidak punya hubungan darah sama sekali (outbreeding).

Murai batu betina Naomi
Murai batu betina Naomi dikawinkan dengan bapaknya (Adventure).

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Naomi memiliki ekor BT noktah, dengan panjang 17 cm saat lepas trotol. Saudara satu tetasannya, MB Maiden, juga memiliki tipe ekor yang sama persis. Panjang ekor saat lepas trotol juga 17 cm. Adventure dan Naomi kini sudah berjodoh. Bahkan ada tanda-tanda Naomi mulai mengeram.

DnA Murai Farm juga berencana mengumpulkan anakan-anakan murai batu ekor panjang dengan motif balak dari masing-masing pasangan induk, untuk dikawinkan kembali dengan induknya yang mempunyai ekor panjang dan motif balak, dengan harapan anakan yang dihasilkannya bisa 100% balak serta berekor panjang, dengan pola pewarisan gen yang stabil.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Murai batu Maiden
MB Maiden, saudara satu tetasan Naomi, juga punya ekor hitam dan panjang.

“Kami akan terus berusaha mencetak DnA Lines motif balak sampai F1, F2, F3, F4, dan seterusnya. Meski breeding murai batu hanya sekadar hobi, pengisi waktu di sela-sela rutinitas kerja, kami tetap akan fokus dengan tujuan menghasilkan anakan murai batu dengan kriteria tersebut,” tandas Om Arie.

Dia berharap kritik, saran, dan masukan dari rekan-rekan penangkar lainnya yang lebih senior, juga para ilmuwan yang faham soal genetika perburungan. (Habis)

Breeding murai batu DNA Murai Farm

Silakan mampir ke website RMA Murai Farm

Kontak: 0859 5949 3749 | Pin BB 56CE6A3F 

kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.