Beberapa pakan racikan untuk ternak parkit, lovebird, dan falk / cockatiels

Cari Artikel Berdasar Kategori

Anda suka kucing? Cek saja...

Sukakucing.com - Blog Referensi Para Pecinta Kucing

Asupan pakan yang kurang tepat menjadi salah satu faktor yang bisa menghambat proses beternak beberapa jenis burung paruh bengkok seperti parkit, lovebird, dan falk / cockatiels (palek). Karena itu, agar penangkaran berjalan lancar, dibutuhkan asupan pakan yang sesuai dengan kebutuhannya, selain faktor kualitas induk tentu saja. Berikut ini beberapa pakan racikan untuk ternak parkit, lovebird, dan falk / cockatiels.

Meracik pakan untuk ternak parkit, lovebird, dan cockatiel
Meracik pakan untuk ternak parkit, lovebird, dan cockatiel

Banyak kicaumania yang tertarik memelihara burung jenis paruh bengkok seperti parkit, lovebird, dan falk karena dianggapnya mudah untuk diternak. Menangkar ketiga jenis burung tersebut memang terlihat sangat mudah. Yang dibutuhkan hanyalah kandang ternak, lengkap dengan tempat sarang atau gelodok.

Namun beternak burung tidaklah semudah yang dibayangkan banyak orang. Untuk mendukung keberhasilannya, burung indukan harus berada dalam kondisi birahi yang cukup. Selain itu, kesiapan pasangan untuk berbiak perlu diperhatikan pula agar salah satunya tidak bertindak agresif. 

Para peternak pemula umumnya hanya memberikan pakan biji-bijian kepada induk parkit, lovebird, dan cockatiel, tanpa pakan tambahan lainnya. Padahal jika kebutuhan tidak terpenuhi, besar kemungkinan burung menjadi tidak / kurang produktif.

Untuk mencegah kegagalan dalam beternak akibat indukan yang tak kunjung birahi atau bertelur, banyak peternak membuat sendiri pakan racikan untuk burung piaraannya. Pemberian pakan racikan ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan burung indukan sehingga dapat segera berkembang biak. 

Berikut ini beberapa jenis pakan racikan yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk diberikan sebagai pakan utama burung yang akan diternak, terutama jenis parkit, lovebird, dan falk / cockatiels. 

1 .Pakan racikan berbahan telur dan milet putih

Pakan racikan telur dan milet
Pakan racikan berbahan telur dan milet.

Bahan yang digunakan:

  • Milet putih atau pakan biji-bijian yang biasa dikonsumsi.
  • Satu butir telur.
  • Suplemen khusus penangkaran seperti BirdMature.
  • 2 butir kapsul vitamin E

Cara membuat:

  • Masukkan isi telur ke dalam wadah plastik atau mangkuk, setelah itu diaduk hingga merata.
  • Ambil dua buah kapsul vitamin E, lalu tambahkan isi / cairan vitaminnya ke dalam wadah berisi telur, setelah itu diaduk sampai bercampur.
  • Tambahkan milet secukupnya, lalu diaduk lagi hingga semua bahan bercampur merata.
  • Tahap akhir adalah menambahkan beberapa tetes BirdMature ke dalamnya.
  • Setelah dianginkan hingga kering, pakan racikan bisa langsung diberikan pada burung.

2. Pakan racikan berbahan campuran nasi dan milet putih 

Bahan yang digunakan
Pakan racikan berbahan nasi dan milet.

Pakan yang akan kita buat kali ini menggunakan nasi sebagai salah satu bahan bakunya. Nasi mempunyai banyak manfaat bagi burung, salah satunya bisa mendongkrak staminanya.

Bahan yang digunakan:

  • 1 mangkuk kecil berisi nasi / beras yang sudah dimasak.
  • Pakan biji-bijian atau milet putih secukupnya.
  • Suplemen penangkaran, misalnya BirdMature.

Cara membuat:

  • Campurkan milet / biji-bijian dengan nasi, lalu diaduk hingga bercampur. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes BirdMature.
  • Pakan sudah siap digunakan.

3. Pakan racikan berbahan buah dan sayuran

Buah dan sayuran yang digunakan
Pakan racikan berbahan buah dan sayuran.

Untuk melengkapi kebutuhan gizi dari burung yang sedang diternak, Anda dapat memberikan pakan tambahan berupa buah dan sayuran. Berikut ini cara penyajian pakan racikan berbahan baku buah dan sayuran.

Bahan yang digunakan:

  • 1 butir jagung muda
  • 1 genggam bayam
  • 1 genggam kangkung
  • 1 buah apel

Cara membuat:

  • Bersihkan semua buah dan sayuran dengan air bersih. Jika diperlukan, bersihkan menggunakan air garam untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida yang masih menempel.
  • Setelah itu, semua bahan dipotong / diiris dalam ukuran kecil, lalu dicampur dalam wadah / cepuk pakannya, kemudian diaduk hingga bercampur.
  • Pakan siap disajikan untuk burung.

Itulah beberapa jenis pakan racikan yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk kebutuhan burung yang akan diternak, khususnya jenis parkit, lovebird, dan cockatiels. Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi, maka proses produksi bakal menjadi lebih mudah, sehingga burung dapat segera berkembang biak.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.