Lima manfaat ayunan untuk burung kenari dan lovebird

Cari Artikel Berdasar Kategori

Anda suka kucing? Cek saja...

Sukakucing.com - Blog Referensi Para Pecinta Kucing

Ayunan atau tangkringan yang berayun-ayun saat dipijak memiliki beragam manfaat untuk jenis burung tertentu, terutama kenari dan jenis finch lainnya, serta aneka burung paruh bengkok termasuk lovebird. Manfaatnya apa saja sih? Berikut ini lima manfaat ayunan untuk burung kenari dan lovebird.

Ayunan untuk burung yang memiliki banyak manfaat
Ayunan sangat bermanfaat untuk burung kenari dan lovebird.

Tangkringan model ayunan memang belum banyak digunakan di Indonesia. Bahkan ayunan seperti ini masih jarang dijumpai di toko perlengkapan burung. Namun karena banyak manfaatnya, kita dapat membuat sendiri ayunan ini, dengan menggunakan bahan kayu tenggeran yang diikat tali / kawat pada bagian atap sangkar.

Dibandingkan dengan jenis burung lainnya, kenari dan lovebird serta kerabat dekatnya (finch dan parrot) memiliki minat cukup tinggi terhadap tangkringan / tenggeran yang berayun-ayun ketika dipijak. Karena itu, banyak kenari mania maupun lovebird lovers yang menambahkan ayunan dalam sangkarnya.

Sebagaimana manusia yang senang bermain ayunan untuk memperoleh kegembiraan, burung seperti kenari serta lovebird pun bisa mengalami sensasi yang sama saat berayun-ayun di tenggerannya. Bahkan banyak manfaat yang bisa didapatkan burung saat bermain-main dengan ayunannya, antara lain:

1. Sebagai sarana hiburan dan mencegah stres 

Burung sangat senang bertengger pada tenggeran yang berayun-ayun. Selain menjadi hiburan, bermain ayunan juga bisa menjadi sarana mencegah dan mengatasi stres yang umum terjadi pada burung. Bahkan ayunan seperti ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi perilaku buruk pada burung, misalnya kerap mencabuti bulunya sendiri.

2. Melatih burung lebih rajin berbunyi 

Ayunan juga bisa membuat burung lebih rajin berbunyi. Banyak kenari dan lovebird yang langsung mengeluarkan ocehannya sembari berayun-ayun di tenggeran. Karena itu pula, ayunan dapat dimanfaatkan untuk melatih burung muda agar rajin bersuara.

3. Menjaga kebugaran 

Bermain ayunan juga bisa melatih kebugaran burung. Bahkan tenggeran ayunan ini bisa dipasang dalam kandang umbaran, sehingga kicaumania tidak perlu repot-repot menggodanya agar burung terbang dari pojok yang satu ke pojok lainnya.

4. Melatih keseimbangan

Salah satu manfaat penting dari penggunaan ayunan, khususnya untuk burung di kandang penangkaran, atau yang disiapkan sebagai calon indukan, adalah melatih keseimbangan. Menjaga keseimbangan sangat diperlukan jika induk melakukan perkawinan agar proses pembuahan berlangsung sukses.

Dalam banyak kasus, kegagalan ternak umumnya disebabkan oleh proses perkawinan yang tidak sempurna, mulai dari induk jantan yang tak bisa mengontrol diri saat mengawini betina, hingga bulubulu sekitar kloaka yang terlalu panjang.

Dengan melatih keseimbangan menggunakan tenggeran berayun tersebut, maka kedua induk bisa memiliki kontrol tubuh yang lebih baik pada saat melakukan perkawinan.

5. Melatih konsentrasi dan pernafasan

Sebelum menggunakan ayunan, burung akan melompat terlebih dulu dari tenggeran utama ke tenggeran berayun. Proses melompat dari tenggeran diam ke tengeran bergoyang ini akan melatih pernafasan dan konsentrasi burung. Jika rutin dilakukan, nafasnya menjadi lebih panjang sehingga berpengaruh terhadap kelantangan suaranya.

Demikian beragam manfaat ayunan untuk burung kenari dan lovebird. Apabila Anda tertarik membuat tenggeran / tangkringan yang bisa berayun-ayun, lihat caranya dalam tautan artikel berikut ini:

Membuat ayunan untuk kenari muda agar nancep di tangkringan

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.