Lima manfaat ayunan untuk burung kenari dan lovebird

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ayunan atau tangkringan yang berayun-ayun saat dipijak memiliki beragam manfaat untuk jenis burung tertentu, terutama kenari dan jenis finch lainnya, serta aneka burung paruh bengkok termasuk lovebird. Manfaatnya apa saja sih? Berikut ini lima manfaat ayunan untuk burung kenari dan lovebird.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ayunan untuk burung yang memiliki banyak manfaat
Ayunan sangat bermanfaat untuk burung kenari dan lovebird.

Tangkringan model ayunan memang belum banyak digunakan di Indonesia. Bahkan ayunan seperti ini masih jarang dijumpai di toko perlengkapan burung. Namun karena banyak manfaatnya, kita dapat membuat sendiri ayunan ini, dengan menggunakan bahan kayu tenggeran yang diikat tali / kawat pada bagian atap sangkar.

Dibandingkan dengan jenis burung lainnya, kenari dan lovebird serta kerabat dekatnya (finch dan parrot) memiliki minat cukup tinggi terhadap tangkringan / tenggeran yang berayun-ayun ketika dipijak. Karena itu, banyak kenari mania maupun lovebird lovers yang menambahkan ayunan dalam sangkarnya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Sebagaimana manusia yang senang bermain ayunan untuk memperoleh kegembiraan, burung seperti kenari serta lovebird pun bisa mengalami sensasi yang sama saat berayun-ayun di tenggerannya. Bahkan banyak manfaat yang bisa didapatkan burung saat bermain-main dengan ayunannya, antara lain:

1. Sebagai sarana hiburan dan mencegah stres 

Burung sangat senang bertengger pada tenggeran yang berayun-ayun. Selain menjadi hiburan, bermain ayunan juga bisa menjadi sarana mencegah dan mengatasi stres yang umum terjadi pada burung. Bahkan ayunan seperti ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi perilaku buruk pada burung, misalnya kerap mencabuti bulunya sendiri.

2. Melatih burung lebih rajin berbunyi 

Ayunan juga bisa membuat burung lebih rajin berbunyi. Banyak kenari dan lovebird yang langsung mengeluarkan ocehannya sembari berayun-ayun di tenggeran. Karena itu pula, ayunan dapat dimanfaatkan untuk melatih burung muda agar rajin bersuara.

3. Menjaga kebugaran 

Bermain ayunan juga bisa melatih kebugaran burung. Bahkan tenggeran ayunan ini bisa dipasang dalam kandang umbaran, sehingga kicaumania tidak perlu repot-repot menggodanya agar burung terbang dari pojok yang satu ke pojok lainnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

4. Melatih keseimbangan

Salah satu manfaat penting dari penggunaan ayunan, khususnya untuk burung di kandang penangkaran, atau yang disiapkan sebagai calon indukan, adalah melatih keseimbangan. Menjaga keseimbangan sangat diperlukan jika induk melakukan perkawinan agar proses pembuahan berlangsung sukses.

Dalam banyak kasus, kegagalan ternak umumnya disebabkan oleh proses perkawinan yang tidak sempurna, mulai dari induk jantan yang tak bisa mengontrol diri saat mengawini betina, hingga bulu-bulu sekitar kloaka yang terlalu panjang.

Dengan melatih keseimbangan menggunakan tenggeran berayun tersebut, maka kedua induk bisa memiliki kontrol tubuh yang lebih baik pada saat melakukan perkawinan.

5. Melatih konsentrasi dan pernafasan

Sebelum menggunakan ayunan, burung akan melompat terlebih dulu dari tenggeran utama ke tenggeran berayun. Proses melompat dari tenggeran diam ke tengeran bergoyang ini akan melatih pernafasan dan konsentrasi burung. Jika rutin dilakukan, nafasnya menjadi lebih panjang sehingga berpengaruh terhadap kelantangan suaranya.

Demikian beragam manfaat ayunan untuk burung kenari dan lovebird. Apabila Anda tertarik membuat tenggeran / tangkringan yang bisa berayun-ayun, lihat caranya dalam tautan artikel berikut ini:

Membuat ayunan untuk kenari muda agar nancep di tangkringan

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.