Cara merawat burung pleci: 5 Cara benar

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara merawat burung pleci: 5 Cara benar – Pleci termasuk jenis burung yang cerdas dan pandai meniru suara kicauan burung lainnya. Karena itu, pemasteran menjadi hal penting yang mesti dilakukan agar kicauan pleci makin bervariasi. Tapi terkadang ada plecimania yang mengeluhkan burung rawatannya cenderung bersuara monoton dan jarang mengeluarkan suara isian. Berikut lima cara merawat burung pleci agar rajin mengeluarkan suara isiannya.  

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cara merawat burung pleci
Tips perawatan burung pleci agar rajin mengeluarkan suara isiannya.

Pemasteran memang menjadi hal penting yang harus dilakukan agar pleci makin rajin berbunyi. Namun, plecimania juga perlu memahami bagaimana karakter suara gaco imut rawatannya. Dengan demikian, proses pemasteran bisa disesuaikan dengan karakter dan gaya berkicau pleci tersebut.

Seperti diketahui, sedikitnya ada tiga tipe karakter suara pleci, yaitu ngalas, ngerol, serta kombinasi ngalas-ngerol. Apabila sudah yakin dengan karakter suara plecinya, maka tahap pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan suara burung yang sesuai.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

———

Cek juga nanti ya:

  1. Tips perawatan pleci lomba untuk pemula
  2. Pakan racikan untuk pleci dan burung-madu, lengkap dengan video pembuatannya
  3. Tips perawatan pleci auriventer untuk pemula

——-

Pleci dengan karakter ngerol, misalnya, dapat dimaster dengan burung-burung yang bertipe ngerol lainnya seperti blackthroat, kenari, burung-madu (“kolibri”), dan sebagainya. Pleci bertipe ngalas bisa dimaster dengan suara kacer, tledekan, cucak jenggot, dan lain-lain.

Namun, tidak sedikit pula pleci yang sudah dimaster tidak mau mengeluarkan suara isiannya atau tidak full tatkala berbunyi. Kalau Anda mengalami hal tersebut, berikut ini lima tips perawatan pleci agar mau mengeluarkan suara isiannya:

1. Cara merawat burung pleci: Pemasteran lebih rutin, dengan lagu-lagu yang berbeda

Agar burung pleci makin rajin berbunyi dengan suara-suara isian yang bervariasi, pemasteran sebaiknya dilakukan lebih rutin. Suara masteran sebaiknya terdiri atas beberapa jenis suara burung yang berbeda, dengan jeda waktu yang disesuaikan. Misalnya suara masteran terdiri atas tiga suara burung berbeda dengan jeda 30 – 60 detik, yang diputarkan setiap pagi, siang, dan sore hari.

2. Cara merawat burung pleci: Menggantung pleci di antara pleci-pleci lainnya

Menggantung sangkar pleci di antara pleci-pleci lainnya juga dapat memancing atau merangsang pleci untuk rajin berkicau, terutama dengan mengeluarkan suara-suara isiannya. Apalagi pleci merupakan burung koloni, sehingga masing-masing akan rajin berkicau jika melihat temannya juga berkicau.

3. Cara merawat burung pleci: Melatih pleci di kandang umbaran

Kandang umbaran (polier) umumnya digunakan untuk mengolah nafas agar burung lebih kuat berkicau. Anda juga bisa memanfaatkan kandang umbaran untuk menjemur pleci, sekaligus memancingnya supaya rajin mengeluarkan suara-suara isiannya secara lantang.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dalam hal ini, pengumbaran biasanya dilakukan dalam kandang umbaran khusus pleci yang terbuat dari kawat ram. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan kembali proses pemasteran saat burung berada di kandang umbaran.

4. Cara merawat burung pleci: Pengembunan rutin

Pengembunan rutin bisa membuat pleci selalu berada dalam kondisi lebih segar, sekaligus membuatnya terpancing untuk lebih rajin berbunyi. Hal tersebut juga merangsang pleci mengeluarkan suara-suara isiannya secara lantang.

5. Cara merawat burung pleci: Berikan pakan ulat

Anda bisa memberikan pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa ulat hongkong maupun ulat kandang. Takaran yang tepat bisa menjadikan pleci lebih rajin berbunyi dan terpancing mengeluarkan suara-suara isiannya yang lebih bervariasi.

Ulat hongkong yang diberikan sebaiknya berwarna putih alias sedang berganti kulit, karena ulat tersebut memiliki lapisan kulit yang lunak sehingga mudah dicerna. 

Demikian tips mengenai lima cara perawatan burung pleci agar rajin bersuara isian dan lebih bervariasi. 

[spoiler title= ]
Kata kunci untuk artikel ini:
cara merawat burung pleci, mabung, lomba, bakalan, buka, paruh, dakun, gacor, ngalas, ngeplong, auri, rajin, bunyi, jinak, buxtoni, bali , cpt , ngerol, dakun , dada putih , dabu, dada kuning, dakbal, gunung , gentong, gantangan, ganti bulu, gropyokan, giras, cara memelihara burung pleci , harian, habis , hasil tangkapan, pikatan, sehari hari, tangkapan hutan, muda hutan, kepala hitam, musim hujan, dahi hitam, juara, jawara, jantan, jawa, jadi , jaringan, jawa timur, jagoan, jatim, kontes, kacamata, kapur, kuning, kacamata , kontesan, ku, lombo, liar, lolohan, laut, lokal, lagi , lebih dari 1, lebih dari satu, lg , macet, montanus, mata putih, malang, merapi, mau , malas , ngurak, nyulam, panjang, ngedrop, ngriwik, cara perawatan burung pleci ngurak, ombyokan, om kicau, over birahi, ocehan, ombyokan, omboyokan, cara memelihara burung pleci ombyokan, cara perawatan burung pleci ombyokan, yang over birahi, papua, pemula, pikatan, petarung, putih, pada malam hari, pada musim hujan, pasca , rumahan, rontok, berkicau, supaya⦁sumbawa, siap gantang, serak, suara serak, tangkapan, teler, tangkapan liar, tarung, trotolan, cara memelihara burung pleci terbaik, tetap, teler, pemula, cara merawat burung pleci, cara memelihara burung pleci kontes, mau makan voer, video , download video , wallacea, cara merawat warna burung pleci, yang benar, yang baik, yg baik, yang , yang baik dan benar, yg bagus, yang , yang baru dibeli, yg sedang , yang sudah , cara merawat 2 burung pleci[/spoiler]

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.