Lima solusi alternatif mengatasi burung macet mabung

Mabung / proses ganti bulu merupakan peristiwa alami bagi sebagian besar jenis burung. Di alam liar, hampir semua burung mampu melewati masa mabungnya secara lancar. Tetapi tidak demikian bagi burung yang dirawat manusia di dalam sangkar. Jika ada hal-hal yang tak terpenuhi dalam perawatannya, dan pemilik / perawat tidak menyadari hal tersebut, maka burung bisa mengalami macet mabung atau mabung tidak tuntas. Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan? Berikut ini lima solusi alternatif mengatasi burung macet mabung.

Ragam solusi atasi burung yang macet mabung
Beberapa solusi alternatif untuk mengatasi burung macet mabung.

Secara periodik, burung akan mengalami penurunan kondisi, disertai dengan kerontokan bulu-bulunya. Tapi jangan khawatir, karena hal ini merupakan peristiwa alami. Saat itu burung akan menyimpan energinya untuk meluruhkan bulu-bulunya yang sudah tua / kering, kemudian akan tumbuh bulu-bulu baru. Itu pula yang menyebabkan burung jarang sekali berkicau dan terlihat kurang aktif ketika sedang mabung.

Memelihara burung mabung tanpa didukung pola rawatan yang sesuai dapat mengakibatkan terhambatnya proses pergantian bulu. Misalnya, jika zat gizi / nutrisi tertentu tidak terpenuhi selama mabung, burung musah mengalami stres yang kemudian memicu berbagai masalah, seperti macet mabung, mabung tidak tuntas, maupun mabung yang berkepanjangan.

Kalau ada burung mengalami macet mabung, sebaiknya segera dilakukan tindakan yang tepat agar proses mabung bisa kembali berjalan lancar tanpa perlu menunggu waktu lama sampai periode mabung berikutnya. Dari pantauan omkicau.com, ada lima solusi alternatif yang umum dilakukan kicaumania untuk mengatasi burung macet mabung, yaitu:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Memanfaatkan kulit jeruk 

Kulit jeruk ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk burung kicauan, terutama saat mabung. Kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi selama mabung, seperti macet / gagal mabung, atau mabung yang tidak tuntas.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu kumpulkan beberapa bagian kulit jeruk, kemudian letakkan di dasar sangkar yang digunakan burung mabung. Setelah itu, sangkar dikerodong selama beberapa hari.

Jika ada kulit jeruk yang sudah mengering, Anda bisa menggantinya dengan kulit jeruk yang masih segar. Lakukan hal itu sampai seluruh bulu-bulunya rontok, dan mulai muncul bulu-bulu jarum yang kelak akan menjadi bulu-bulu baru.

2. Memanfaatkan daun pandan

Daun pandan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang mengalami macet mabung. Sebelumnya, daun pandang dipotong-potong menjadi ukuran kecil. Setelah itu, hasil potongan dikumpulkan, dan diletakkan di dasar sangkar.

Agar hasilnya lebih efektif, sebaiknya sangkar dikerodong penuh selama beberapa hari, atau sampai terlihat bulu-bulu yang berjatuhan. Selama itu pula, penggantian dilakukan jika daun pandan yang ada di dalamnya sudah mulai mengering.

3. Memberikan voer ayam

Agar proses mabung berjalan lancar, sebagian kicaumania tidak lagi menggunakan voer burung, melainkan makanan / voer yang biasa dikonsumsi ayam. Bahkan voer ayam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi macet mabung.

Beberapa jenis voer ayam memiliki kandungan protein cukup tinggi dibandingkan dengan voer burung. Hal ini pula yang mendorong sebagian kicaumania untuk mengganti voer burung dengan voer ayam tatkala burungnya macet mabung. Voer ayam juga diyakini bisa mempercepat proses rontoknya bulu-bulu tua.

4. Mencampurkan susu bubuk

Cara lainn yang sudah biasa dilakukan kicaumania adalah mencampurkan susu bubuk ke dalam voer. Pemberian susu bubuk biasanya dimulai ketika ada burung mengalami masalah selama mabung. Dengan mencampurkan susu bubuk ke dalam voer, diyakini bisa membantu mempercepat proses peluruhan bulu-bulunya.

5. Memberikan BirdMolt-Pre

Burung mabung membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk membantu mereka melewati masa-masa sulitnya. Asupan nutrisi tersebut tidak hanya didapatkan dari pemberian pakan tambahannya saja, namun lebih penting dari itu adalah mendapatkan tambahan protein, dalam hal ini adalah metionin dan sistin.

Namun, untuk membantu proses peluruhan hingga pertumbuhan bulu-bulu baru, burung membutuhkan suplemen yang benar-benar khusus berisi metionin, sistin, multivitamin, dan juga mineral lain yang seimbang. Semua itu ada dalam BirdMolt-Pre.

Produk Om Kicau ini sudah terbukti dan banyak digunakan para kicaumania di Indonesia untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul pada saat burung mabung. Jadi, Anda tak perlu repot-repot menggunakan kulit jeruk, daun pandan, voer ayam, maupun susu bubuk.

Itulah lima solusi alternatif bagi para kicaumania ketika menjumpai burung piaraannya mengalami macet mabung.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.