Rangkaian perawatan burung cipoh / sirtu ketika macet bunyi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung cipoh / sirtu memiliki suara siulan khas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para kicaumania. Perawatan burung yang memiliki nama resmi cipoh kacat (Aegithina tiphia) ini memang gampang-gampang susah: gampang perawatannya, tapi susah bunyinya. Bahkan tidak sedikit burung cipoh yang tadinya gacor, mendadak macet bunyi. Berikut ini rangkaian perawatan burung cipoh / sirtu ketika macet bunyi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tips merawat burung cipo/sirtu yang macet bunyi
Rangkaian perawatan burung cipoh / sirtu ketika macet bunyi.

Jika Anda tertarik memelihara jenis burung untuk bunyi-bunyian di rumah atau kelangenan, maka cipoh kacat bisa menjadi salah satu pilihan. Selain mudah perawatannya, burung ini juga cepat jinak dan mudah beradaptasi.

Cipoh atau sirtu mempunyai suara kicauan bervariasi. Banyak kicaumania yang memeliharanya lantaran tertarik suara siulan yang menjadi ciri khasnya. Tetapi sebagaimana jenis burung kicauan lainnya, cipoh juga bisa mengalami macet bunyi, terutama akibat beberapa hal berikut ini:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  • Burung mengalami trauma akibat diserang hewan predator (tikus, kucing, dll).
  • Sangkarnya terjatuh, yang membuat burung terluka atau cedera.
  • Kondisi burung sedang tidak sehat alias sakit.
  • Kondisi burung kurang fit karena sedang mabung

Untuk mengatasi burung cipoh / sirtu yang macet bunyi, berikut ini rangkaian pola rawatan yang bisa dilakukan di rumah:

1. Jauhkan dari burung lain yang bertipe teritorial / fighter

Cipoj bukan termasuk burung fighter / teritorial. Karena itu, jangan menggantang sangkarnya terlalu berdekatan dengan jenis burung teritorial seperti ciblek, tledekan, kacer, dan murai batu, karena bisa membuatnya mudah stres dan menjadi jarang berbunyi.

Hal serupa juga berlaku pada burung cipoh saat macet bunyi. Untuk memulihkan kondisinya, sebaiknya sangkarnya digantang di tempat terpisah dan jauh dari keberadaan burung-burung lainnya. Gantang sangkarnya di tempat yang teduh / sejuk, misalnya pada dahan pohon yang berdaun rindang dan sejenisnya.

2. Berikan pakan tambahan lebih banyak daripada biasanya

Ketika macet bunyi, burung cipoh perlu mendapat pakan tambahan / extra fooding (EF) lebih banyak daripada biasanya. Untuk hasil yang maksimal, berikan pakan berupa kroto segar setiap pagi dan sore hari, masing-masing 1 sendok makan, serta ulat kandang sebanyak 1 cepuk kecil.

Untuk sementara, pemberian voer dikurangi dulu, atau cukup diberikan 1/2 cepuk saja. Jangan lupa taburkan sedikit garam di atas voernya, untuk mempercapat proses pemulihannya. Selain itu, pastikan pula kalau voer halus yang diberikan tersebut memiliki kandungan gizi yang lengkap.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

3. Tempel dengan cipoh lain atau burung betina

Burung cipoh yang macet bunyi juga bisa diterapi dengan menggantang sangkarnya dekat dengan burung cipoh lain, atau cipoh betina. Namun penempatan sangkarnya jangan terlalu dekat. Pada malam hari, sangkar boleh digantang berdekatan, dengan kondisi tanpa dikerodong. Setelah burung cipoh mulai pulih dan mau kembali berbunyi, mereka bisa dipisahkan lagi dalam jarak yang berjauhan.

4. Memancing bunyi dengan suara panggilan dari mp3

Cara lain yang biasa dilakukan cipoh mania untuk mengatasi burungnya yang macet bunyi adalah memancingnya dengan memutarkan suara panggilan burung sejenis melalui perangkat audio atau mp3. Jika Anda belum memiliki file audionya, silakan kunjungi artikel berikut ini:

Aneka suara untuk memancing burung cipo agar mau bunyi

5. Berikan multivitamin

Hal lain yang sangat efektif dalam pemulihan kondisi burungh cipo yang stres maupun macet bunyi adalah memberi multivitamin dalam perawatan hariannya, misalnya BirdVit. Dengan memberikan multivitamin, kondisi burung akan selalu terjaga, tetap segar dan aktif, sehingga burung akan terpancing untuk mengeluarkan suara kicauannya yang selama ini Anda tunggu-tunggu.

6. Rutin mandi dan pengembunan

Mandi dan pengembunan secara rutin dapat membantu pemulihan kondisi burung cipoh yang macet bunyi. Burung bisa dimandikan pada pagi-pagi hari sekali, atau ketika sedang diembunkan, dengan cara disemprot halus sampai basah. Setelah itu, sangkarnya digantang di tempat yang langsung terpapar oleh cahaya matahari pagi.

Itulah beberapa tips perawatan burung cipoh ketika macet bunyi. Satu hal lagi, Anda juga mesti sabar saat mencoba mengatasi momongan yang stres atau macet bunyi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.