Ragam solusi untuk mengatasi kacer yang kerap ngeruji

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

NGERUJI merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut perilaku burung kicauan yang sering menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar. Lovebird, kenari, dan serindit sering berperilaku seperti itu, tapi jenis burung lainnya seperti pleci dan kacer pun bisa berperilaku yang sama. Jika hal itu terjadi saat lomba, tentu penampilannya menjadi kurang maksimal. Bagaimana penanganannya? Berikut ini ragam solusi untuk mengatasi kacer yang kerap ngeruji

Ragam solusi atasi kacer ngeruji
Ragam solusi untuk mengatasi burung kacer yang kerap ngeruji.

Kacer termasuk salah satu jenis burung favorit di Indonesia. Selain suaranya yang nyaring dan bervariasi, kacer juga memiilki penampilan sangat elegan, terutama saat sedang bergaya ngobra. Tetapi di luar berbagai keistimewaannya, kacer juga kerap bermasalah, misalnya sering ngeruji.

Perilaku ngeruji pada burung kacer disebabkan oleh bebebrapa faktor, salah satunya over birahi alias OB. Kondisi ini terjadi akibat mengkonsumsi pakan tinggi protein secara berlebihan, atau hal lain yang diterapkan dalam perawatan hariannya.

Berikut ini beberapa solusi untuk mengatasi burung kacer yang kerap ngeruji:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

1. Kurangi pakan tambahannya

Terlalu berlebihan dalam memberikan pakan tambahan / extra fooding (EF) yang berprotein tinggi seperti kroto, jangkrik, dan ulat hongkong dapat membuat birahi serta emosi burung menjadi tidak stabil. Sifat agresifnya makin meningkat sehingga memicu perilaku ngeruji. Untuk mencegah perilaku ngeruji kembali terulang, maka pemberian EF sebaiknya dibatasi, agar birahi dan emosinya kembali normal atau stabil.

2. Berikan pakan alternatif

Pakan tambahan alternatif dapat membantu pemulihan pada kacer yang kerap ngeruji. Pakan alternatif bisa berupa buah-buahan seperti pisang / pepaya, maupun cacing tanah yang diberikan setiap beberapa hari sekali.

3. Perbanyak mandi

Mandi adalah bentuk perawatan yang mampu menurunkan birahi burung secara cepat. Kacer yang selalu ngeruji bisa dimandikan secara rutin setiap pagi hari, bahkan kalau perlu memandikannya pada malam hari.

4. Kurangi penjemuran

Penjemuran terlalu lama bisa meningkatkan birahi burung, tak terkecuali kacer. Karena itu, jika kacer Anda terlihat sering ngeruji ketika bertemu burung lain, baik di rumah atau di lapangan, sebaiknya penjemuran dihentikan dahulu untuk sementara waktu, atau setidaknya dikurangi durasi jemurnya.

Penjemuran sebaiknya dilakukan pada pagi-pagi hari sekali, ketika matahari mulai terbit, dan dilakukan cukup 20 – 30 menit saja setiap harinya. Selain itu, jangan menggantang sangkarnya terlalu dekat dengan burung peliharaan lainnya di rumah.

5. Memasang tali ties

Tali ties umumnya digunakan untuk mengikat kabel agar terlihat lebih rapi. Tali lies bisa juga dimanfaatkan untuk mengurangi perilaku kacer yang kerap ngeruji. Bagaimana cara menggunakannya, simak kembali tulisan berikut ini:

Manfaat tali ties untuk mengatasi burung yang kerap ngeruji 

Selain beberapa solusi perawatan di atas, Anda juga bisa membiasakan melakukan pengembunan terhadap burung kacer yang kerap ngeruji. Pengembunan secara rutin dapat memulihkan burung yang stres, memberikan kesegaran, dan mengurangi perilaku-perilaku buruk termasuk ngeruji.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.