Cucak jenggot Nadidie: Kebanggaan Randublatung BC, langganan juara di wilayah Blora dan sekitarnya

Berdasarkan pantauan omkicau.com di sejumlah daerah, kelas cucak jenggot makin sepi peminat dalam berbagai lomba, latpres, maupun lomba burung kicauan. Kelas cucak jenggot baru lumayan ramai ketika evennya cukup besar, terutama berskala nasional. Tak mengherankan jika cucak jenggot biasanya hanya dimainkan satu sesi saja.

Meski demikian, kondisi seperti itu tidak membuat Om Puguh ADPT berkeluh-kesah. Kicaumania senior yang menjadi motor penggerak Randublatung Bird Club (RBC) Blora itu tetap konsisten bermain di kelas cucak jenggot.

Bahkan cucak jenggot menjadi maskot pada logo RBC. Itu sebabnya, Om Puguh ADPT tetap bertahan di kelas ini. Tentu saja dia berharap, suatu saat nanti pamor cucak jenggot bisa meningkat kembali.

Om Puguh ADPT
Om Puguh ADPT SH konsisten main di kelas cucak jenggot.

Kendati cucak jenggot biasanya hanya dimainkan sekali, terutama di wilayah timur Provinsi Jawa Tengah seperti Blora, Grobogan, Rembang, Kudus, Jepara, Pati, dan Demak, RBC Team kerap berpartisipasi. Nah, salah satu gaco andalan tim ini adalah cucak jenggot Nadidie milik Om Puguh.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dalam setiap even yang diikutinya, Nadidie hampir bisa dipastikan nangkring di urutan pertama. Burung ini juga beberapa kali moncer di Bojonegoro, daerah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Blora (Jawa Tengah).

Cucak jenggot Nadidie
Cucak jenggot Nadidie andalan Om Puguh dan kebanggaan RBC Team.

Om Puguh yang juga anggota Polri ini mendapatkan cucak jenggot Nadidie sekitar tiga tahun lalu. Waktu itu kondinya masih muda sekali. “Saya tukar tambah dengan rekan kicaumania lainnya,” ujarnya.

Nadidie memiliki suara khas yang unik. Ketika di rumah, burung ini hanya mengeluarkan suara tembakan khas cucak jenggot. Tak ada suara burung lainnya, kecuali suara aslinya.

Om Puguh dan Randublatung BC
Om Puguh ADPT (tengah) bersama rekan-rekan Randublatung BC.

Berikut ini cuplikan video cucak hijau Nadidie dalam kondisi santai di teras rumah Om Puguh:

Tapi kalau sudah berada di arena gantangan, dikelilingi burung-burung sejenisnya, cucak jenggot Nadidie akan mengeluarkan suara-suara isian seperti kenari dan burung gereja. Aksinya makin menjadi-jadi kalau mau bertelur.

Ya, sebagaimana Ratu Jagad andalan Om Yayang (Pangkalanbun), Karin orbitan Om Martin Rosa (Rosa SF Jatibarang), dan Markonah koleksi Om Wempi (Sumedang), cucak jenggot Nadidie juga berjenis kelamin betina.

Cucak jenggot Nadidie
Cucak jenggot Nadidie bersama sebagian trofi dan piagamnya.

“Jika di rumah, Nadidie saya tempatkan dalam sangkar kotak. Namun pada saat berlomba menggunakan sangkar bulat lovebird,” jelas Om Puguh.

Nadidie termasuk cucak jenggot sarat prestasi, termasuk ketika masih di tangan pemilik lama. Beberapa kali meraih double winner, bahkan hattrick, jika panitia membuka 2-3 kelas dan biasanya hanya dijumpai pada even-even agak besar.

Om Puguh (kedua dari kanan) bersama teman teman RBC

Randublatung BC Blora
Kekompakan tim Randublatung BC Blora.

Perawatan cucak jenggot Nadidie tidak terlalu susah. Sehari-hari hanya diberi seekor jangkrik pada pagi hari, kemudian sore harinya ditambahkan pisang. Kalau mau lomba, porsinya ditambah menjadi 2 ekor jangkrik (pagi) dan buah pepaya (sore).

Meski sudah banyak penawaran dari para pemain lainnya, Om Puguh mengaku belum ingin menjualnya. Pasalnya, Nadidie masih menjadi kebanggaan RBC Team, dan belum ada gaco yang kualitasnya sepadan. (neolithikum)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.