Jengkel lantaran lovebird gacor di rumah tapi ogah nampil di lapangan? Ini dia solusinya!

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Banyak kicaumania yang jengkel lantaran lovebirdnya selalu cetar membahana di rumah, dengan suara ngekeknya yang panjang, namun ogah nampil alias gembos di lapangan. Banyak faktor yang menyebabkan lovebird gacor di rumah tapi ogah nampil di lapangan. Artikel kali ini akan mengupas hal tersebut, plus solusinya.

solusi lovebird gacor di rumah tidak tampil di lapangan
Solusi mengatasi lovebird gacor di rumah tapi ogah nampil di lapangan.

Kasus lovebird gacor di rumah tapi tidak mau tampil saat berlaga di lapangan sebenarnya sudah sering dialami para pemain. Masalah ini sebenarnya terkait dengan karakter dasar burung lovebird pada umumnya. Seperti diketahui, lovebird merupakan burung yang memiliki sifat sosial, bukan penguasa wilayah teritorial sebagaimana murai batu, kacer, dan ciblek.

Hanya pada waktu tertentu saja lovebird akan berlaku mirip burung teritorial, terutama pada musim kawin hingga berkembang biak, atau ketika perasaannya sangat tidak nyaman. Jadi, jika ingin momongannya tampil maksimal di lapangan, sebaiknya pahami dulu karakter burung cantik tersebut.

Pelatihan mental sejak dini wajib dilakukan agar lovebird memiliki keberanian / sifat fighter ketika bertemu lawan-lawannya di lapangan, khususnya ketika bertemu burung-burung sejenis yang sudah mapan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Jika sering mendapat pelatihan mental, burung cenderung tidak berperilaku buruk saat dilombakan, misalnya lebih sering diam, ngeruji / ngerambat, serta jarang ngekek panjang. Karakter fighternya akan muncul, sehingga burung pun terpacu untuk selalu ngekek saat dikelilingi burung-burung sejenis yang juga gacor.

Melatih mental dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain rutin mengajak lovebird ke lapangan meski tidak ikut berlomba, serta memberikan pakan / suplemen yang bisa membantu meningkatkan staminanya.

Jika kondisi fisik dan mentalnya tidak baik, namun tetap dilombakan, maka lovebird cenderung gembos di lapangan, meski di rumah selalu terdengar aktif berbunyi. Akibatnya, banyak pemilik yang kecewa dan jengkel.

Selain enggan tampil, lovebird dengan kondisi fisik dan mental kurang bagus terkadang juga memperlihatkan aneka perilaku buruk lainnya, antara lain:

1. Lovebird sering ngekek sambil buka sayap

Lovebird yang berbunyi sambil mengepakkan sayapnya tentu tidak dapat mengeluarkan suara yang panjang atau maksimal. Suaranya cenderung pendek dan terputus-putus. Kejadian ini bahkan kerap terlihat pada beberapa gaco hebat, bahkan fenomenal, karena kondisi fisiknya saat dilombakan memang sedang tidak on-fire.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memberikan pelatihan dengan cara diumbar secara rutin, serta memberi asupan nutrisi yang bergizi, serasi, dan seimbang, termasuk menyiapkan multivitamin khusus seperti BirdVit.

Tetapi tidak sedikit pula individu lovebird yang punya kebiasaan seperti itu. Sebagian lovebird mania menyebutnya “bawaan sejak lahir” alias faktor genetik, meski yang lebih tepat sebenarnya kebiasaan yang tidak pernah dilakukan pencegahan.

Untuk mengatasinya memang agak sulit. Namun kita masih bisa melakukan sesuatu untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut, dengan menerapkan pola rawatan yang sesuai seperti menambah frekuensi mandi setiap harinya, serta menambah durasi penjemurannya.

2. Saat berlomba, lovebird malah ngleper minta kawin

Jika kondisi tersebut terjadi pada lovebird Anda, itu berarti burung dalam kondisi terlalu birahi / over birahi (OB). Hal ini biasanya disebabkan asupan pakan protein tinggi yang berlebihan, terutama kuaci dan kangkung. Selain itu bisa juga akibat pemberian suplemen yang terlalu tinggi dosisnya serta penjemuran yang terlalu lama.

3. Lovebird cenderung diam, ngerambat / ngeruji, dan lompat-lompat

Lovebird yang sering berperilaku seperti itu saat berlomba biasanya akibat kondisi mentalnya yang belum siap. Hal ini biasa terjadi pada lovebird muda, sehingga belum punya pengalaman cukup dan belum dapat beradaptasi dengan kondisi dan suasana lomba yang hiruk-pikuk oleh suara burung serya teriakan manusia.

Faktor lainnya adalah karena lovebird mengalami over birahi, sehingga tidak bisa tampil maksimal seperti biasanya. Untuk mengatasi lovebird yang terlalu birahi, silakan simak kembali artikel berikut ini:

Alternatif lain mengatasi over birahi pada lovebird.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.