Lima solusi mencegah burung stres di kandang koloni

Permasalahan yang kerap terjadi pada burung-burung yang dipelihara dalam kandang koloni adalah stres. Selain akibat populasi yang berlebihan, stres juga bisa terjadi jika ada burung yang terlalu dominan dan menguasai pakan serta tenggerannya. Untuk menghindari serta mengatasinya, berikut ini lima solusi mencegah burung stres di kandang koloni.

Berbagai jenis burung dalam kandang koloni
Beberapa jenis burung dipelihara dalam kandang koloni.

Kandang koloni adalah kandang yang digunakan untuk menampung beberapa ekor burung, baik sejenis maupun berbeda jenis. Yang biasa mendiami kandang koloni adalah burung-burung non-fighter, atau tidak bersifat teritorial, khususnya burung paruh bengkok (parrot) seperti lovebird dan parkit, serta beberapa jenis burung finch.

Apabila kandang digunakan untuk menampung beberapa pasangan burung, apalagi berbeda jenis, tentu dibutuhkan kandang koloni berukuran luas atau semacam kandang aviary, lengkap dengan pepohonan dan tempat sarang.

Kendati burung-burung yang ditempatkan di kandang koloni memiliki sifat sosial atau ramah kepada burung sejenis maupun berbeda jenis, terkadang ada satu atau beberapa ekor burung yang terlalu dominan, mau menang sendiri, sehingga membuat stres penghuni lainnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Namun stres pada burung-burung di kandang koloni juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  • Populasi burung terlalu berlebihan.
  • Stok pakan tidak mencukupi kebutuhan semua burung penghuni kandang koloni.
  • Tempat sarang telalu berdempetan.
  • Jumlah tenggeran terlalu sedikit.
  • Tidak ada ruang yang cukup untuk privasi burung.

Apabila stres tidak segera ditangani, maka akibatnya bisa makin parah. Burung bisa saja sakit akibat kurang pakan, atau karena sering dibully / diserang oleh burung lainnya. Untuk mencegah munculnya kondisi tersebut, berikut ini lima solusi untuk mencegah burung stres di kandang koloni:

1. Mengurangi jumlah populasi

Apabila kandang terlalu sempit, sedangkan jumlah burung terlalu penuh, maka solusi terbaik adalah memindahkan sebagian burung ke kandang yang lain. Dengan cara tersebut, para penghuni bisa bernafas sedikit lebih lega karena mempunyai ruang yang cukup untuk bergerak maupun untuk privasinya.

2. Sediakan pakan dan air minum secara cukup

Penting sekali untuk memperhatikan kebutuhan pakan burung di dalam kandang koloni maupun kandang aviary. Jika kandang dihuni lebih dari 5 ekor burung, sangat dianjurkan untuk menyediakan lebih dari 1 cepuk / tempat pakan dan air minum.

Dengan memberikan beberapa buah tempat pakan, maka tidak akan ada lagi burung yang mendominasi pakannya. Dengan demikian, masalah stres bisa dihindari dan burung tidak akan mengalami kekurangan pakan kembali.

Adapun untuk pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa sayur-sayuran, bisa diberikan dalam bentuk potongan-potongan kecil yang diletakkan dalam wadah / baki besar di dasar kandang.

3. Pisahkan burung yang terlalu agresif

Jika ada burung yang berperilaku terlalu agresif dan suka menyerang penghuni lain, maka segera pindahkan burung tersebut ke dalam kandang terpisah. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat penghuni lainnya stres. Pada burung yang akan diternak, kondisi ini bisa membuat induk betina ogah bertelur karena merasa tidak nyaman.

4. Perhatikan kecocokan antara burung yang satu dan yang lainnya 

Sebelum memelihara beberapa jenis burung dalam satu kandang koloni, sebaiknya Anda perlu mengetahui burung mana saja yang cocok hidup bersama burung-burung lainnya. Hal ini untuk mencegah jika ada burung yang terlalu agresif dan suka menyerang burung lainnya.

Untuk mengetahui jenis burung yang cocok dan tidak cocok ditempatkan dalam kandang koloni / aviary, silakan simak kembali artikel berikut ini:

Tips aman mencampur aneka jenis burung dalam satu kandang

5. Buatkan tenggeran terpisah untuk privasi dan mencegah stres

Kalau ingin memelihara beberapa jenis burung dalam kandang koloni, Anda perlu menyediakan tenggeran khusus yang berfungsi mencegah stres. Bentuk tenggeran ini berbeda dari tenggeran yang umum dijual di pasaran, karena memiliki sekat pemisah sehingga burung memiliki privasinya sendiri.

Selain membantu mengusir dan mencegah stres, tenggeran antistres ini juga bisa membuat burung menjadi lebih aktif dan rajin berkicau. Beberapa contoh tenggeran antistres dapat Anda lihat dalam gambar berikut ini:

Model tenggeran anti stres yang bisa ditempatkan dalam kandang koloni
Model tenggeran antistres bisa ditempatkan dalam kandang koloni.

Demikian lima solusi mencegah stres pada burung di kandang koloni.

 

 
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.