Membuat tempat pakan otomatis (bird feeder) untuk lovebird dan burung finch

Menjaga ketersediaan pakan sangat penting, agar burung yang Anda pelihara tak kekurangan gizi. Bagi kicaumania yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya, tugas memberi pakan biasanya dipercayakan kepada anggota keluarganya atau seseorang maupun beberapa orang yang digaji khusus untuk itu. Jika tidak ada yang bisa dimintai bantuan atau belum mampu membayar perawat, Anda dapat membuat tempat pakan otomatis (bird feeder), khususnya untuk lovebird dan aneka jenis burung finch.

Membuat tempat pakan otoatis dari botol/toples plastik
Membuat tempat pakan otomatis dari botol / toples plastik | Gambar: Youtube

Tempat pakan otomatis / bird feeder umumnya diletakkan di luar ruangan, misalnya halaman rumah, untuk menarik burung-burung liar agar datang berkunjung. Namun karena cukup bermanfaat, tempat pakan seperti itu kemudian digunakan kalangan untuk menjaga ketersediaan pakan bagi burung-burung yang diternak.

Adapun tempat pakan otomatis yang akan kita buat ini mempunyai bentuk sederhana sehingga bisa diletakkan di dalam sangkar burung. Untuk itu, mari kita simak bahan baku dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan.

Bahan yang digunakan:

PENGIN TANYA OM KICAU? BISA DM...

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM
  • 1 botol plastik, ukuran disesuaikan kebutuhan
  • 1 sendok takar.
  • Lem tembak
  • Pensil / spidol.
  • Pisau / cutter.

Proses pembuatan:

  • Siapkan sendok takar. Dengan menggunakan pisau / cutter, potong bagian pegangan sendok, kemudian potong salah satu sisinya (lihat gambar).
Memotong sendok takaran dengan pisau / cutter
Memotong sendok takaran dengan pisau / cutter.
  • Siapkan botol / toples plastik yang akan digunakan sebagai wadah pakan. Gunakan sendok takar tadi sebagai mal / cetakan dengan menggunakan pensil / spidol. Setelah itu, lubangi sesuai cetakan dengan bantuan pisau / cutter.
Membuat lubang di botol mengikuti ukuran sendok takar
Membuat lubang di botol mengikuti ukuran sendok takar.
  • Setelah dilubangi, masukkan sendok takar ke dalam lubang yang baru saja dibuat dengan posisi yang terbuka menghadap ke bawah. Rekatkan dengan menggunakan lem tembak, atau bisa juga menggunakan lem plastik atau dibakar.
Menempelkan semua bahan dan siap digunakan
Menempelkan semua bahan agar siap digunakan.
  • Tempat pakan sudah siap digunakan, dan bisa langsung dimasukkan ke dalam sangkar. Untuk mencegah kulit biji berserakan di dasar sangkar, Anda bisa menempelkan tutup toples dari plastik di bagian dasar dari tempat pakan tersebut.

Adapun untuk membuat tempat pakan otomatis / bird feeder untuk burung yang ditangkar dalam kandang koloni atau aviary, silakan simak lagi cara pembuatannya dalam tulisan berikut:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.