Memahami penyebab lovebird sering menggigit kuku dan jari, serta cara mengatasinya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak kicaumania yang mengeluhkan kebiasaan lovebird piaraannya yang sering menggigit kuku dan jari-jarinya. Kebiasaan itu terkadang dilakukan lovebird sambil tiduran atau berbaring di dasar sangkar. Apa penyebab dan cara mengatasi kebiasaan ini? Berikut ini artikel tentang memahami penyebab lovebird sering menggigit kuku dan jarinya, serta cara mengatasinya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Mengatasi masalah lovebird yang gemar gigit kuku dan jarinya
Mengatasi masalah lovebird yang sering gigit kuku dan jarinya.

Perilaku lovebird yang menggigit kuku dan jarinya secara umum tidak perlu dicemaskan, selama tidak membuatnya terluka. Ini merupakan perilaku yang sangat alami pada burung paruh bengkok (parrot), terutama ketika ia merasa bosan. Namun jika perilaku itu terlalu sering, bahkan sampai menimbulkan luka, tentu harus dicari penyebabnya.

Ada beberapa faktor pemicu lovebird sering menggigit kuku dan jarinya. Tak jarang hal tersebut dilakukan lovebird sambil berbaring dan bergulingan di dasar sangkar. Berikut ini beberapa faktor penyebab munculnya perilaku itu.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  1. Lovebird dihinggapi rasa bosan.
  2. Kaki lovebird terinfeksi jamur dan / atau bakteri.
  3. Ada luka pada kaki burung.
  4. Faktor birahi.

1. Lovebird dihinggapi rasa bosan.

Lovebird yang dihinggapi kebosanan karena tingga sendirian tanpa teman / pasangan berpeluang untuk berperilaku menggigit kuku dan jarinya sendiri. Untuk burung muda, mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Tapi bagi lovebird dewasa, hal tersebut dapat memicu beragam kebiasaan buruk lainnya seperti mencabuti bulu, bahkan gestang atau gesek tangkringan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan teman bermain atau pasangan pada lovebird tersebut. Anda pun dapat melakuan interaksi langsung kepada burung, misalnya mengajaknya bermain atau menggodanya dengan tangan. Alternatif lain adalah memberi aneka mainan dan ayunan di dalam sangkar, agar burung bisa melupakan kebiasaan buruknya.

2. Kaki burung terinfeksi jamur dan / atau bakteri

Lovebird yang kakinya terinfeksi jamur, bakteri, atau parasit (misalnya tungau) juga bisa membuatnya sering gigit kuku, jari, dan kakinya, bahkan hingga berdarah. Agen penyakit yang menginfeksi jari kaki ini dapat menimbulkan radang dan rasa gatal.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dengan menggigit jari atau menarik-narik kukunya, lovebird akan memberikan rasa nyaman. Saking nyamannya, burung sampai lupa diri, dengan menggigit sambil berbaring atau bergulingan di dasar sangkar. Sering ditemukan pula lovebird yang menarik-narik kuku sampai terlepas.

Untuk mencegah dan mengatasinya, maka bagian kaki yang terinfeksi bisa diobati dengan menggunakan obat yang tepat. Untuk itu, selalu gunakan obat-obatan yang memang dibuat khusus untuk burung seperti BirdCream yang sudah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah jamur dan tungau kaki.

3. Ada luka pada kaki burung

Perilaku lovebird yang kerap menggigit jari dan kakinya juga dapat disebabkan luka pada kaki, misalnya tertusuk benda tajam (duri, pecahan kaca, dll). Lovebird ingin melepas benda tajam yang menancap, atau mengurangi rasa sakitnya, dengan menggunakan paruhnya yang kemudian terlihat kita seperti menggigit.

Tindakan yang diperlukan adalah mengamati bagian kaki yang luka, kemudian segera memberikan pengobatan atau tindakan jika melihat ada duri kecil, atau pecahan kaca, yang menempel di kakinya.

4. Faktor birahi

Faktor birahi yang terlalu tinggi / over birahi (OB) pun bisa memicu burung kerap menggigit kaki / jari, mencabuti bulu, bahkan sering menggigit pemiliknya. Cara mengatasinya bisa disimak kembali dalam artikel berikut ini:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.