Empat suara tembakan unik burung gelatik jawa untuk masteran

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Gelatik jawa atau java sparrow (Lonchura oryzivora) merupakan burung endemik di Pulau Jawa, Bali, dan Madura. Namun karena memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik, jenis burung finch tersebut kini telah tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk di Eropa. Suara kicauan burung gelatik jawa ternyata asyik juga, termasuk suara tembakannya. Tidak percaya? Silakan dengar saja empat suara tembakan unik burung gelatik jawa untuk masteran

Burung gelatik jawa yang mempunyai suara kicauan yang unik
Gelatik jawa mempunyai suara kicauan yang unik dan bisa dimanfaatkan untuk masteran.

Gelatik jawa mampu memikat banyak penggemarnya di mancanegara, karena suara dan penampilan fisiknya yang indah. Burung ini banyak dibudidayakan di Eropa, bahkan telah menghasilkan ribuan strain baru hasil mutasi warna yang unik. Hingga kini masih banyak peternak yang berlomba-lomba mengembangkan mutasi warna pada burung gelatik jawa.

Ironisnya, di alam liar, populasi gelatik jawa saat ini diperkirakan hanya berjumlah 1.500 – 7.000 individu dewasa. Penurunan populasi ini antara lain akibat laju pertumbuhan penduduk yang sangat pesat di Jawa, Madura, dan Bali.

Dulu, gelatik jawa sering kita jumpai mampir di halaman rumah, perkebunan, dan daerah hijau dekat permukiman penduduk. Tapi kini sebagian habitatnya sudah musnah, berubah menjadi kawasan permukiman / town house yang marak di mana-mana.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Selain hilangnya habitat, gelatik jawa yang hidup di dekat lahan pertanian juga kerap menjadi buruan petani karena dianggap sebagai burung hama yang merusak tanaman padi. Selain itu, gelatik jawa juga kalah bersaing dari burung gereja (Passer montanus) dalam mendapatkan makanan di alam liar.

Lihat pula Gelatik jawa, burung masteran yang kian tersingkir

Gelatik jawa mempunyai suara unik yang membedakanya dari jenis burung kicauan lainnya. Suara tembakannya itulah yang unik dan dapat dijadikan sebagai suara masteran bagi burung kicauan seperti murai batu, jalak suren, kacer, dan cucak hijau.

Berikut ini beberapa suara tembakan unik burung gelatik jawa yang dapat Anda dengar dan / atau download:

  • Suara tembakan unik gelatik jawa variasi 1 | DOWNLOAD
  • Suara tembakan unik gelatik jawa variasi 2 | DOWNLOAD 
  • Suara tembakan unik gelatik jawa variasi 3 | DOWNLOAD
  • Suara tembakan unik gelatik jawa variasi 4 | DOWNLOAD

 

Semoga bermafaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.