Pakan racikan untuk pleci dan burung-madu, lengkap dengan video pembuatannya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sebagian besar burung pemakan nektar (Nectariniidae) seperti pleci dan burung-madu memerlukan asupan nektar untuk membuatnya tetap aktif dan rajin berkicau. Untuk mendapatkan nektar langsung dari bunga tanaman, tentu tidak mudah. Apalagi cairan ini mudah menguap. Karena itu, banyak kicaumania yang menggunakan nektar buatan yang terbuat dari campuran air dan gula. Selain itu, ANda juga bisa memberinya pakan racikan. Berikut ini pakan racikan untuk pleci dan burung-madu, lengkap dengan video pembuatannya.

Meracik nektar untuk burung-madu
Meracik nektar untuk burung-madu dan pleci.

Nektar memiliki kandungan kalori dan nutrisi yang bisa membantu memulihkan energi dan stamina burung secara cepat. Karena itu, jenis pakan ini sangat digemari oleh beragam burung kicauan yang terkenal aktif seperti burung-madu, pleci, kemade (cabe-cabean)), dan cucak hijau. Selain itu, pemberian nektar secara rutin diyakini mampu membuat burung tampil lebih maksimal.

Selain memberikan nektar dalam bentuk air gula (simak proses pembuatannya di sini), kita juga bisa memberikan pakan racikan dari bahan-bahan yang bermanfaat. Sebagian kicaumania menyebut pakan racikan ini dengan istilah ramuan nektar atau nektar jamu. Berikut ini dua jenis pakan racikan khusus untuk pleci dan burung-madu, disertai video cara pembuatannya.

1. Membuat pakan racikan dari sari buah

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Bahan pembuatan nektar sari buah
Bahan-bahan pembuatan nektar sari buah

Dalam video yang diunggah Om Tyona Cak di youtube, pakan racikan yang dibuatnya menggunakan buah-buahan sebagai bahan utamanya. Selain diyakini mampu mendongkrak stamina burung secara cepat, nektar racikan ini juga dapat menjadikan burung lebih aktif dengan bulubulu yang mengkilap.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 1 buah apel merah
  • 1 buah naga
  • 1-2 potong gula merah
  • 1 botol madu
  • 1 sachet susu manis

Cara pembuatan:

  1. Buang kulit dari buah naga. Daging buahnya diparut dan hasil parutan disimpan dalam wadah / mangkuk yang sudah dicuci bersih.
  2. Buang kulit dan biji buah apel merah. Daging buahnya diparut, dan hasil parutannya disimpan dalam wadah / mangkuk yang sudah dicuci bersih.
  3. Gula merah dipotong menjadi irisan kecil. Hasil irisan gula merah kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang berisi sari apel dan sari buah naga.
  4. Agar gula merah bisa bercampur dengan sari buahnya, bisa dilakukan dengan cara direbus sebentar / cukup dipanaskan saja.
  5. Setelah dingin, campurkan 2 – 3 sendok susu manis dan 1/2 sendok madu ke dalam sari buah tersebut. Aduk dengan menggunakan sendok hingga bercampur merata.
  6. Pakan racikan siap diberikan kepada burung kesayangan anda.

Simak proses pembuatannya dalam video berikut ini:

 

2. Membuat pakan racikan dari sirup dan telur

Bahan yang digunakan untuk membuat nektar jamu
Bahan baku pembuatan pakan racikan untuk pleci dan burung-madu.

Pakan nektar racikan berikut ini menggunakan beberapa jenis bahan yang berbeda dari versi sebelumnya. Adapun bahan utama yang digunakan adalah sirup manis dan telur ayam mentah. Berikut ini beberapa bahan yang perlu anda siapkan:

  • 1 botol sirup manis
  • 1 sachet susu manis
  • 1 butir telur ayam mentah
  • 1 botol madu

Cara pembuatan:

  1. Pecahkan telur ayam, ambil kuningnya saja, dan masukkan ke dalam wadah / gelas plastik.
  2. Tuang susu manis ke dalam gelas yang berisi kuning telur tersebut, lalu aduk hingga merata.
  3. Campurkan beberapa sendok sirup manis ke dalam adonan, lalu diaduk hingga merata. Setelah itu, campurkan dua sendok makan madu ke dalamnya.
  4. Nektar racikan siap disajikan untuk burung kesayangan Anda.

Berikut video proses pembuatan nektar jamu ala Om Tyona Cak:

 

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.