Tips perawatan dan pemasteran burung jagal papua

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Jagal papua termasuk jenis burung unik. Penampilannya sepintas mirip kacer, namun ukuran tubuh dan paruhnya jauh lebih besar. Suara kicauannya sangat bervariasi, bahkan burung ini pandai meniru suara burung lainnya. Jagal papua saat ini kerap dijumpai di pasar-pasar burung, dan umumnya ditawarkan dengan harga bervariasi. Berikut ini tips perawatan dan pemasteran burung jagal papua.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

TIps perawatan burung jagal papua
Tips perawatan dan pemasteran burung jagal papua.

Sebagian besar spesies burung yang ada di kawasan timur Indonesia memiliki kemiripan dengan burung-burung di Australia. Salah satunya adalah burung jagal papua yang penampilannya mirip pied butcherbird (Cracticus nigrogularis) yang merupakan burung asli Negeri Kanguru. Di negara tersebut, jenis burung ini pun kerap dipelihara karena banyak yang tertarik dengan kemampuannya dalam mimikri (meniru aneka suara lainnya).

Kalau penampilan fisiknya seperti kacer, perilaku jagal papua dalam mencari mangsa di alam liar mirip cendet atau pentet. Ya, sebagaimana cendet, jagal papua sering menusukkan tubuh mangsanya pada duri dan ranting pepohonan atau menyelipkannya dalam celah-celah pada batang pohon. Karena perilakunya yang sadistis, burung ini kemudian disebut jagal (butcherbird) papua.

Perawatan dan pemasteran burung jagal papua 

Jagal papua termasuk burung karnivora. Selain memangsa serangga dan hewan-hewan kecil lainnya, burung ini juga kerap memburu burung lain berukuran kecil, termasuk menjadi predator utama bagi burung-madu. Sebagian besar hewan yang menjadi mangsanya akan disimpan dengan cara ditusukkan pada duri dan ranting pohon atau diselipkan di celah-celah batang pohon, untuk dimakan pada waktu lain.

Dalam perawatan manusia, jagal papua menyukai jangkrik, belalang, ulat bambu, dan sebagainya. Selain itu, burung ini juga mudah diajari makan voer.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jgal papua juga cepat beradaptasi dan mudah jinak, serta mudah dimaster dengan berbagai suara burung lainnya. Suara kicauannya yang mengalun ngebas terdengar sangat unik dan menjadi ciri khas burung ini.

Burung jagal papua yang mulai digemari oleh kicaumania
Burung jagal papua mulai digemari para kicaumania.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Selain memberi pakan tambahan secara rutin, pola rawatan lainnya berupa mandi dan jemur. Jagal papua senang mandi, baik dengan cara disemprot maupun menggunakan karamba mandi. Adapun penjemuran dilakukan setelah matahari terbit dan dilakukan selama kurang lebih 2 jam.

Pemasteran bisa dilakukan dengan memanfaatkan burung masteran. Namun perlu diperhatikan, karena jagal papua bersifat predator, sangat tidak dianjurkan untuk menggantang sangkar burung masteran terlalu dekat dengannya. Selain akan membuat stres burung masteran, proses pemasteran juga akan terganggu karena burung kerap bersifat agresif.

Untuk lebih aman, sebelum melakukan pemasteran, Anda bisa memberikan full kerodong pada sangkar yang berisi burung jagal papua. Selain itu, bisa memanfaatkan aneka suara burung dari perangkat mp3 untuk pemasterannya.

Untuk mendengarkan suara kicauannya, silakan buka kembali tulisan berikut ini:

Burung jagal papua: Suara unik dan pintar meniru

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.