Tips perawatan dan pemasteran burung jagal papua

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Jagal papua termasuk jenis burung unik. Penampilannya sepintas mirip kacer, namun ukuran tubuh dan paruhnya jauh lebih besar. Suara kicauannya sangat bervariasi, bahkan burung ini pandai meniru suara burung lainnya. Jagal papua saat ini kerap dijumpai di pasar-pasar burung, dan umumnya ditawarkan dengan harga bervariasi. Berikut ini tips perawatan dan pemasteran burung jagal papua.

TIps perawatan burung jagal papua
Tips perawatan dan pemasteran burung jagal papua.

Sebagian besar spesies burung yang ada di kawasan timur Indonesia memiliki kemiripan dengan burung-burung di Australia. Salah satunya adalah burung jagal papua yang penampilannya mirip pied butcherbird (Cracticus nigrogularis) yang merupakan burung asli Negeri Kanguru. Di negara tersebut, jenis burung ini pun kerap dipelihara karena banyak yang tertarik dengan kemampuannya dalam mimikri (meniru aneka suara lainnya).

Kalau penampilan fisiknya seperti kacer, perilaku jagal papua dalam mencari mangsa di alam liar mirip cendet atau pentet. Ya, sebagaimana cendet, jagal papua sering menusukkan tubuh mangsanya pada duri dan ranting pepohonan atau menyelipkannya dalam celah-celah pada batang pohon. Karena perilakunya yang sadistis, burung ini kemudian disebut jagal (butcherbird) papua.

Perawatan dan pemasteran burung jagal papua 

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Jagal papua termasuk burung karnivora. Selain memangsa serangga dan hewan-hewan kecil lainnya, burung ini juga kerap memburu burung lain berukuran kecil, termasuk menjadi predator utama bagi burung-madu. Sebagian besar hewan yang menjadi mangsanya akan disimpan dengan cara ditusukkan pada duri dan ranting pohon atau diselipkan di celah-celah batang pohon, untuk dimakan pada waktu lain.

Dalam perawatan manusia, jagal papua menyukai jangkrik, belalang, ulat bambu, dan sebagainya. Selain itu, burung ini juga mudah diajari makan voer.

Jgal papua juga cepat beradaptasi dan mudah jinak, serta mudah dimaster dengan berbagai suara burung lainnya. Suara kicauannya yang mengalun ngebas terdengar sangat unik dan menjadi ciri khas burung ini.

Burung jagal papua yang mulai digemari oleh kicaumania
Burung jagal papua mulai digemari para kicaumania.

Selain memberi pakan tambahan secara rutin, pola rawatan lainnya berupa mandi dan jemur. Jagal papua senang mandi, baik dengan cara disemprot maupun menggunakan karamba mandi. Adapun penjemuran dilakukan setelah matahari terbit dan dilakukan selama kurang lebih 2 jam.

Pemasteran bisa dilakukan dengan memanfaatkan burung masteran. Namun perlu diperhatikan, karena jagal papua bersifat predator, sangat tidak dianjurkan untuk menggantang sangkar burung masteran terlalu dekat dengannya. Selain akan membuat stres burung masteran, proses pemasteran juga akan terganggu karena burung kerap bersifat agresif.

Untuk lebih aman, sebelum melakukan pemasteran, Anda bisa memberikan full kerodong pada sangkar yang berisi burung jagal papua. Selain itu, bisa memanfaatkan aneka suara burung dari perangkat mp3 untuk pemasterannya.

Untuk mendengarkan suara kicauannya, silakan buka kembali tulisan berikut ini:

Burung jagal papua: Suara unik dan pintar meniru

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.