Cara menjinakkan lovebird yang terlalu giras

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Lovebird yang sudah jinak, atau dalam kondisi tidak takut lagi terhadap manusia, tentu lebih mudah dilatih agar bisa memiliki mental dan suara ngekek yang lebih baik. Selain itu, lovebird dapat tampil lebih maksimal tanpa rasa takut ketika dihampiri juri saat sedang dilombakan. Berikut ini cara menjinakkan lovebird yang terlalu giras

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tips menjinakkan burung lovebird yang terlalu giras
Tips menjinakkan lovebird yang terlalu giras.

Lovebird termasuk jenis burung yang mudah dan cepat beradaptasi, serta gampang jinak. Kendati demikian, tidak semua individu lovebird memiliki karakter seperti itu. Terkadang kita menjumpai lovebird yang giras banget atau sangat liar.

Sebagian lovebird mania mungkin akan menyerah menghadapi momongannya yang seperti itu, kemudian memilih untuk menukarkan burung yang sangat giras itu dengan lovebird yang sudah jinak.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Selama ini, merawat burung yang masih giras memang cukup merepotkan, karena burung selalu merasa tak tenang / ketakutan ketika dihampiri pemiliknya saat memberi pakan atau membersihkan sangkarnya. Selain itu, kondisi ini juga akan membuat lovebird menjadi jarang berbunyi dan tidak fokus terhadap suara masterannya.

Untuk menjinakkan lovebird yang terlalu giras, tentu dibutuhkan pola perawatan harian yang teratur, disertai pula dengan terapi-terapi atau pelatihan untuk membuatnya cepat jinak. Salah satu bentuk terapi yang cukup umum di kalangan lovebird mania adalah memandikannya hingga basah kuyup.

Berikut ini tahap-tahap penjinakan lovebird yang terlalu giras, yang dimulai dari cara memandikannya hingga basah kuyup hingga proses penjinakannya. Namun, sebelum memulai pelatihan atau terapi penjinakannya, lovebird mania perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Keluarkan lovebird pada pagi hari, kemudian digantang di tempat teduh.
  • Jangan langsung menjemur lovebird sebelum diberikan terapi, karena penjemuran justru membuat lovebird mudah panas dan naik birahinya sehingga menyulitkan tahap pelatihannya.
  • Mengurangi pakan buah dan sayuran yang bisa meningkatkan birahi seperti apel merah, jagung, kangkung, bayam, tauge, dan lain-lain.

Cara memandikan lovebird hingga basah kuyup:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  1. Turunkan sangkarnya, kemudian keluarkan lovebird dengan cara dipegang tangan.
  2. Mandikan burung hingga basah kuyup dengan cara diguyur menggunakan air mengalir dari keran / selang yang ada di halaman atau kamar mandi. Cara lainnya adalah memandikan dengan menggunakan air dalam baskom / ember.
  3. Selama memandikan lovebird, hindari agar air tidak masuk ke dalam lubang hidung atau paruhnya karena bisa membuatnya tersedak dan rentan sakit.

Tahap pelatihan agar lovebird cepat jinak:

  • Setelah dimandikan hingga basah kuyup, lovebird diletakkan di atas sangkarnya.
  • Dengan kondisi bulu yang masih basah, lovebird tentu tidak akan kabur / terbang melarikan diri. Namun jika Anda masih khawatir, silakan lakukan cara tersebut di dalam ruangan / kamar yang tertutup.
  • Apabila lovebird sudah mau mematuki / menggigit jari tangan, tahap selanjutnya adalah melatihnya agar mau mengambil makanan dari tangan kita. Caranya adalah meletakkan beberapa biji milet di atas telapak tangan, lalu sodorkan kepada burung. Cara lain adalah menempelkan milet pada lidi, lalu diberikan kepada burung.

Untuk mendapatkan hasil lebih memuaskan, terapi penjinakan tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari dan dihentikan setelah burung mulai terlihat lebih jinak daripada sebelumnya atau tidak giras lagi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.